5 Pemain Ukraina yang Berhasil Tampil Impresif di Piala Eropa 2020

Termasuk Andriy Yarmolenko dan Oleksandr Zinchenko

Ukraina baru saja mengalami kekalahan telak saat melawan Inggris di perempat final dengan skor 4-0. Harry Kane, Harry Maguire, dan Jordan Henderson merupakan penjebol gawang dalam pertandingan perebutan tiket ke semifinal itu. Memang, skuad Inggris tampaknya terlalu kuat bagi skuad Ukraina di Piala Eropa 2020.

Terlepas dari hal tersebut, harus diakui bahwa kehadiran Ukraina di perempat final merupakan suatu hal yang harus diapresiasi. Pasalnya, tak ada yang menyangka bahwa Ukraina mampu menembus ke perempat final. 

Hal tersebut tak lepas dari performa beberapa pemain Ukraina yang sangat impresif di sepanjang Piala Eropa 2020. Kira-kira siapa saja mereka ya? Yuk simak penjelasannya. 

1. Roman Yaremchuk

5 Pemain Ukraina yang Berhasil Tampil Impresif di Piala Eropa 2020potret Roman Yaremchuk bersama Timnas Ukraina(playmakerstats.com)

Nama Roman Yaremchuk memang jarang disorot oleh media. Padahal, Roman Yaremchuk merupakan salah satu pemain penting di lini depan Ukraina dalam ajang Piala Eropa 2020. Pemain klub KAA Genk ini sudah menyumbang 2 gol dan 1 assist dari 5 pertandingan yang dijalaninya. 

Posturnya yang tinggi, 191 sentimeter, membuat dirinya sangat diandalkan Ukraina untuk menjadi target man untuk bola-bola lambung. Dia juga cukup cermat dalam membuka ruang, walau hal tersebut tak terlihat saat Ukraina melawan Inggris di perempat final. 

2. Mykola Shaparenko

5 Pemain Ukraina yang Berhasil Tampil Impresif di Piala Eropa 2020potret Mykola Shaparenko(transfermarkt.com)

Mykola Shaparenko merupakan pemain muda andalan Andriy Shevchenko untuk mengisi lini tengah Ukraina di Piala Eropa 2020. Pemain berusia 22 tahun itu memang dibutuhkan perannya dalam membangun serangan balik saat sedang bertahan. Dia sendiri merupakan pemain dari klub Dynamo Kyiv sejak tahun 2018 lalu.

Piala Eropa 2020 merupakan pengalaman pertamanya membela Ukraina di kompetisi sepak bola terbesar di Eropa tersebut. Sejauh ini, Mykola Shaparenko sudah memberikan penampilan sebanyak 17 kali bagi negaranya. 

Baca Juga: 5 Fakta Unik Inggris Lucuti Ukraina di Perempat Final Piala Eropa 2020

3. Oleksandr Zinchenko

5 Pemain Ukraina yang Berhasil Tampil Impresif di Piala Eropa 2020potret Oleksandr Zinchenko bersama Timnas Ukraina(90min.com)

Oleksandr Zinchenko merupakan pemain Manchester City yang menjadi sosok penting di skuad Ukraina dalam ajang Piala Eropa 2020. Dia selalu bermain penuh di setiap pertandingan yang dijalani Ukraina. Dia juga berperan besar atas kelolosan Ukraina ke perempat final saat melawan Swedia yang mana dirinya berhasil menyumbang 1 gol dan 1 assist.

Di Ukraina, dia sendiri berposisi sebagai gelandang serang. Padahal, dia berposisi sebagai bek sayap kiri saat membela klub Manchester City. Oleksandr Zinchenko dikenal sebagai pemain yang memiliki crossing yang sangat bagus serta kemampuan akselerasi yang kerap menyulitkan lini pertahanan lawan.

4. Andriy Yarmolenko

5 Pemain Ukraina yang Berhasil Tampil Impresif di Piala Eropa 2020potret Andriy Yarmolenko bersama Timnas Ukraina(whufc.com)

Walau jarang bermain di West Ham musim lalu, Andriy Yarmolenko berhasil menunjukkan ketajamannya di Piala Eropa 2020. Dari 5 pertandingan yang dijalaninya, dia sudah memberikan 2 gol dan 2 assist. Dia juga kerap dipercaya menjadi kapten utama di beberapa pertandingan Ukraina dalam ajang tersebut.

Mantan pemain Borussia Dortmund itu memang dikenal sebagai pemain yang mampu mendistribusikan bola dengan baik ke para pemain depan Ukraina. Sepakan jarak jauhnya juga mampu membahayakan lini pertahanan lawan. Andriy Yarmolenko sudah memberikan penampilan sebanyak 99 kali sejak tahun 2009 bagi Ukraina.

5. Ruslan Malinovskyi

Absennya Ruslan Malinovskyi dalam laga Ukraina melawan Inggris sangat berpengaruh bagi skuad Ukraina. Ruslan Malinovskyi harus absen di laga tersebut akibat cedera yang dideritanya menjelang laha perempat final itu. Pemain Atalanta tersebut memang berhasil tampil impresif bersama Ukraina di ajang PIala Eropa 2020. 

Bersama Zinchenko, Ruslan Malinovskyi mampu membuat Ukraina menguasai lini tengah di pertandingan fase grup dan fase gugur saat melawan Swedia. Dia juga merupakan tipe pamain yang fleksibel dan dapat berperan sebagai pemain sayap serta gelandang bertahan jika diperlukan skuad Ukraina.

 

Nah, itu dia 5 pemain Ukraina yang berhasil tampil impresif di sepanjang Piala Eropa 2020. Meskipun gagal melaju ke semifinal, harus diakui bahwa mereka berlima merupakan pemain penting Ukraina saat ini. Menurutmu, dari lima pemain di atas, siapa pemain yang menjadi kunci bagi skuad Ukraina di Piala Eropa 2020?

Baca Juga: 7 Pemain Berkebangsaan Ukraina yang Pernah Berkarier di Premier League

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya