8 Pemain Wales di Piala Eropa 2020 yang Bermain di Championship

Banyak pemain Wales yang ternyata bermain di Championship!

Timnas Wales tampil mengesankan di 2 laga pertama mereka pada Piala Eropa 2020. Setelah berhasil menahan imbang Swiss 1-1, Wales juga berhasil mengalahkan Turki dengan skor 2-0. Uniknya, cukup banyak pemain Wales yang ternyata bermain di Championship.

Sebagai informasi, Championship merupakan kompetisi liga kasta kedua di Inggris setelah Premier League. Banyak yang mengira bahwa pemain yang bermain di Championship akan kesulitan dipanggil negaranya di kompetisi yang besar seperti Piala Eropa.

Namun, beberapa pemain Wales yang bermain di Championship berhasil membuktikan bahwa diri mereka layak membela Wales di ajang Piala Eropa 2020. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya. 

1. Adam Davies - Stoke City

8 Pemain Wales di Piala Eropa 2020 yang Bermain di Championshippotret Adam Davies(yorkshirepost.co.uk)

Adam Davies merupakan salah satu kiper yang dibawa Wales di ajang Piala Eropa 2020. Pemain Stoke City itu dipercaya untuk menjadi pelapis Danny Ward yang membela Leicester City. Adam Davies sendiri baru membela timnas Wales sejak tahun 2019 dan sudah tampil sebanyak 2 kali.

Pemain berusia 28 tahun itu sayangnya belum dipercaya untuk tampil di ajang Piala Eropa 2020 mengingat penampilan Danny Ward yang masih tampil gemilang di bawah mistar. Di Championship 2020/2021, sayangnya Adam Davies tidak bisa mengantarkan klubnya lolos ke Premier League setelah Stoke City hanya bisa meraih posisi ke-14.

2. Ben Cabango - Swansea City

8 Pemain Wales di Piala Eropa 2020 yang Bermain di Championshippotret Ben Cabango bersama Timnas Wales(swanseacity.com)

Ben Cabango merupakan bek muda andalan Swansea City di Championship 2020/2021. Pemain berusia 21 tahun itu berhasil membawa Swansea City lolos ke ke final play off Championship walau gagal membawa klubnya lolos ke Premier League setelah dikalahkan Brentford di partai final. Ben Cabango sendiri belum diberi kesempatan untuk tampil bersama timnas Wales di ajang Piala Eropa 2020.

Di lini belakang, duet Chris Mepham dan Joe Rodon masih menjadi pasangan pemain belakang yang sangat solid. Ben Cabango sendiri sudah memberikan penampilan sebanyak 3 kali sejak debutnya pada September 2020 lalu. 

3. Connor Roberts - Swansea City

8 Pemain Wales di Piala Eropa 2020 yang Bermain di Championshippotret Connor Roberts bersama Timnas Wales(skysports.com)

Connor Roberts merupakan bek sayap kanan andalan timnas Wales di ajang Piala Eropa 2020. Pemain berusia 25 tahun itu memang dikenal sebagai pemain yang gemar membantu lini depan untuk menyerang. Lulusan asli akademi Swansea City itu sudah tampil sebanyak 28 kali bersama Wales sejak tahun 2018 lalu.

Di Championship, sayangnya dia gagal membawa Swansea City lolos ke Premier League musim depan setelah klubnya dikalahkan di partai final play off saat melawan Brentford. Terlepas dari hal tersebut, harus diakui peran Cannor Roberts sangat penting atas kesuksesan negarnaya di dua laga pertama fase grup Piala Eropa 2020.

4. Joe Allen - Stoke City

8 Pemain Wales di Piala Eropa 2020 yang Bermain di Championshippotret Joe Allen bersama Timnas Wales(skysports.com)

Fans Liverpool pastinya sudah tak asing lagi dengan mantan pemain mereka asal Wales, yaitu Joe Allen. Pemain berusia 31 tahun itu saat ini membela Stoke City sejak tahun 2016 lalu. Bersama timnas Wales, Joe Allen sudah tampil sebanyak 61 kali sejak tahun 2009.

Allen memang menjadi pemain penting di lini tengah timnas Wales yang mana dia bertugas untuk mengatur pola serangan. Lulusan akademi Swansea City itu juga dapat berperan sebagai gelandang bertahan sekaligus gelandang serang sesuai dengan strategi yang sedang diterapkan saat bermain.

Baca Juga: 10 Pemain Wales dengan Banderol Termahal Saat Ini, Gareth Bale Turun!

5. Joe Morrell - Luton Town

8 Pemain Wales di Piala Eropa 2020 yang Bermain di Championshippotret Joe Morrell bersama Timnas Wales(twitter.com/BBCSportWales)

Joe Morrell merupakan pemain Luton Town yang bermain di liga Championship. Luton sendiri hanya mampu berada di posisi ke-12 di Championship 2020/2022. Joe Morrel sudah membela timnas Wales sejak tahun 2019 dan sudah bermain sebanyak 17 kali bagi negaranya.

Pemain berusia 24 tahun itu menjadi andalan timnas Wales di dua pertandingan pertama fase grup Piala Eropa 2020. Lulusan akademi Bristol itu dipercaya akan menjadi andalan Wales jika negaranya lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 nanti.

6. Jonathan Williams - Cardiff City

8 Pemain Wales di Piala Eropa 2020 yang Bermain di Championshippotret Jonathan Williams bersama Timnas Wales(transfermarkt.com)

Jonathan Williams merupakan gelandang serang milik Cardiff City. Pemain berusia 27 tahun itu sebenarnya jarang tampil bersama Cardiff City di ajang Championship 2020/2021. Meskipun begitu, dia tetap dibawa timnas Wales di ajang Piala Eropa 2020 yang sedang berlangsung. 

Jonathan Williams sudah tampil sebanyak 28 kali bagi timnas Wales sejak tahun 2013 lalu. Memang, sosoknya sendiri cukup penting ketika Wales membutuhkan pemain yang kreatif dan mampu memberikan umpan-umpan yang berbahaya bagi lini pertahanan lawan.

7. David Brooks - Bournemouth

8 Pemain Wales di Piala Eropa 2020 yang Bermain di Championshippotret David Brooks bersama Timnas Wales(skysports.com)

David Brooks memang tampil gemilang bersama Bournemouth di Championship 2020/2021. Meskipun gagal membawa klubnya lolos ke Premier League musim depan, David Brooks sendiri dipercaya untuk tampil di Piala Eropa 2020 bersama timnas Wales.

Pemain berusia 23 tahun itu berposisi sebagai winger kanan di lapangan. Dia sudah membela timnas Wales sejak umurnya masih 19 tahun, tepatnya pada tahun 2017 lalu. Bersama timnas Wales, dia sudah memberikan penampilan sebanyak 19 kali.

8. Kieffer Moore - Cardiff City

8 Pemain Wales di Piala Eropa 2020 yang Bermain di Championshippotret Kieffer Moore bersama Timnas Wales(cardiffcityfc.co.uk)

Kieffer Moore merupakan pemain Cardiff CIty yang menjadi andalan timnas Wales di Piala Eropa 2020. Pemain berusia 28 tahun itu memang merupakan pemain yang berbahaya di lini belakang lawan. Dia sendiri bergabung bersama timnas Wales sejak tahun 2019 lalu dan sudah memberikan 19 caps.

Kieffer Moore dipercaya akan menjadi andalan di laga penentu kelolosan Wales ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 saat melawan Italia di laga ketiga fase grup nanti. Pastinya, bukan merupakan suatu hal yang mudah untuk dapat mengalahkan timnas Italia yang sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar. 

 

Nah, itu dia 8 pemain Wales di Piala Eropa yang bermain di Championship. Mereka semua dipastikan akan tetap bertahan di Championship jika tidak memutuskan untuk pindah klub. Terlepas dari hal tersebut, Wales sendiri masih mempunyai peluang yang besar untuk lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020.

Baca Juga: 5 Pemain Kunci Wales di Turnamen Piala Eropa 2020, Bale hingga Ramsey

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya