5 Pemain Top yang Pindah Kewarganegaraan ke Sesama Negara Eropa

Apakah keputusan mereka sudah tepat?

Bermain untuk membela negara kebangsaannya merupakan salah satu hal yang diimpikan oleh hampir setiap sepak bola. Pastinya, seorang pesepak bola memiliki kebanggaan tersendiri jika membela negaranya. Namun, apa jadinya jika beberapa pesepak bola pindah kewarganegaraan.

Sejauh ini, terdapat beberapa pesepak bola yang pindah kewarganegaraan ke sesama negara Eropa. Banyak alasan mengapa pesepak bola tersebut memutuskan untuk pindah negara. Berikut 5 pemain top yang pindah kewarganegaraan ke sesama negara Eropa. 

1. Jamal Musiala - Bayern Munich

5 Pemain Top yang Pindah Kewarganegaraan ke Sesama Negara Eropafootball24.news

Jamal Musiala merupakan wonderkid Bayern Munich yang diperebutkan oleh dua negara sekaligus. Pemain berusia 18 tahun itu diperebutkan oleh Inggris dan Jerman. Pada Ferbruari 2021, dia resmi memutuskan untuk membela timnas Jerman.

Dia memulai debutnya di timnas Jerman senior pada 25 Maret 2021 lalu di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022. Uniknya, dirinya sempat membela timnas Inggris U-21, U-17, dan U-16 beberapa tahun lalu. Dia juga sempat membela timnas Jerman U-16 pada tahun 2018 sebanyak 2 kali.

2. Odysseas Vlachodimos - Benfica

5 Pemain Top yang Pindah Kewarganegaraan ke Sesama Negara Eropasempreinter.com

Odysseas Vlachodimos merupakan kiper utama Benfica saat ini. Dia lahir pada 26 April 1994 di Stuggart, Jerman. Walaupun lahir  dan sempat memiliki kewarganegaraan Jerman, dia memutuskan untuk memutuskan untuk membela negara Yunani. Hal tersebut tak lepas dari ketatnya persaingan di timnas Jerman untuk posisi penjaga gawang.

Sebut saja Manuel Neuer, Bernd Leno, dan Ter Stegen yang saat ini mengisi kiper di Timnas Jerman. Odysseas Vlachodimos juga sempat menjadi kiper utama bagi timnas Jerman U-19 dan U-17 beberapa tahun lalu. Dia resmi bermain bagi timnas Yunani sejak tahun 2018 lalu.

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola yang Pindah Kewarganegaraan dari Eropa ke Afrika

3. Lukas Nmecha - RSC Anderlecht

5 Pemain Top yang Pindah Kewarganegaraan ke Sesama Negara Eropaonefootball.com

Lukas Nmecha sebenarnya merupakan pemain Manchester City U-23 yang dipinjamkan ke tim senior RSC Anderlecht hingga akhir musim ini. Pemain berusia 22 tahun itu lahir pada 14 Desember 1998 di Hamburg, Jerman. Uniknya, dia mengawali karier internasionalnya bersama timnas Inggris muda selama 5 tahun.

Pada Maret 2019, dia resmi berganti kewarganegaraan menjadi Jerman dan memulai karier internasionalnya bersama Timnas Jerman U-21. Sayangnya, dia masih belum bisa menembus skuad timnas Jerman senior di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022.

4. Sead Kolasinac - FC Schalke 04

5 Pemain Top yang Pindah Kewarganegaraan ke Sesama Negara Eropanewsbeezer.com

Sead Kolasinac merupakan pemain Arsenal yang dipinjamkan ke FC Schalke 04 hingga akhir musim ini. Di lapangan, pemain berusia 27 tahun itu berposisi sebagai bek kiri. Dia sendiri lahir dan dibesarkan di Jerman.

Bahkan, dia sempat membela timnas Jerman U-19 dan U-20 pada tahun 2011 hingga 2012. Sayangnya, dia memutuskan untuk pindah kewarganegaraan menjadi Bosnia & Herzegovina pada tahun 2013. Bersama timnas Bosnia & Herzegovina, dia sudah memberikan penampilan sebanyak 37 kali.

5. Declan Rice - West Ham United

5 Pemain Top yang Pindah Kewarganegaraan ke Sesama Negara Eropaskysports.com

Declan Rice merupakan gelandang bertahan andalan West Ham United dalam beberapa tahun ke belakang. Tak heran, jika dirinya diincar oleh klub besar seperti Chelsea dalam setahun terakhir. Dia sendiri saat ini merupakan pemain berkebangsaan Inggris sejak tahun 2019 lalu.

Di timnas Inggris, dia sudah memberikan penampilan sebanyak 14 kali. Uniknya, dia sendiri juga sempat membela timnas Republik Irlandia selama tiga tahun. Terdapat spekulasi bahwa alasan dirinya pindah ialah peluang untuk menjuarai gelar di Inggris lebih besar daripada membela Republik Irlandia. 

 

Nah, itu dia 5 pemain top yang pindah kewarganegaraan ke sesama negara Eropa. Memang, beberapa di antara dari mereka berhasil masuk ke timnas senior. Menurut kalian, apakah keputusan mereka sudah tepat untuk pindah kewarganegaraan?

Baca Juga: 5 Gelandang Inggris Terbaik di Musim Ini, Declan Rice hingga Grealish

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya