Comscore Tracker

5 Laga Pembantaian di Liga Champions dalam Sedekade Terakhir

Laga mana yang menurutmu paling seru?

Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola yang paling dinanti-nanti oleh banyak orang. Pasalnya, terdapat banyak klub top yang akan bersaing memperebutkan trofi tersebut. Ada juga laga-laga dengan skor besar yang kerap terjadi di ajang ini. 

Hal tersebut menunjukkan bahwa masih ada ketimpangan antara para peserta Liga Champions itu sendiri, khususnya dalam hal materi pemain. Dalam sedekade terakhir, beberapa laga pembantaian terjadi di ajang Liga Champions. Kira-kira, laga mana saja ya? Yuk, simak penjelasannya.

1. Borussia Dortmund vs. Legia Warsaw 8-4 (2016/2017)

5 Laga Pembantaian di Liga Champions dalam Sedekade Terakhirpotret Marco Reus bersama Borussia Dortmund (skysports.com)

Laga Borussia Dortmund melawan Legia Warsaw merupakan laga yang paling banyak melibatkan gol dalam sejarah Liga Champions. Bagaimana tidak, terdapat 12 gol yang tercipta di laga fase grup ini. Kemenangan Borussia Dortmund ini tak lepas dari gol-gol yang dicetak oleh Kagawa (17', 18'), Nuri Sahin (20'), Dembélé (29'), Reus (32', 52'), Passlack (81'),  dan gol bunuh diri Rzezniczak (90'+2). 

Sementara itu, gol dari Legia Warsaw diciptakan oleh Prijovic (10', 24'), Kucharczyk (57'), dan Nikolic (83'). Dengal hal tersebut, Borussia Dortmund menyamai rekor Liverpool, AS Monaco, dan Real Madrid terkait klub yang dapat mencetak 8 gol dalam satu laga Liga Champions.

2. Barcelona vs. Bayern Munich 2-8 (2019/2020)

5 Laga Pembantaian di Liga Champions dalam Sedekade Terakhirpotret laga Bayern Munich versus Barcelona (barcatvplus.fcbarcelona.com)

Bayern Munich merupakan klub yang akan selalu diingat oleh fans Barcelona. Pasalnya, Bayern Munich pernah membantai Barcelona di kandang mereka dengan skor 2-8. Pembantaian tersebut terjadi pada 14 Agustus 2020.

Gol-gol Bayern Munich dicetak oleh Muller (4', 31'), Perisic (22'), Gnabry (27'), Kimmich (63'), Lewandowski (82'), dan Coutinho (85', 89'). Menariknya, Coutinho yang dipinjamkan ke Bayern Munich pada musim tersebut terlibat 2 gol yang masuk ke gawang Barcelona. Adapun 2 gol dari Barcelona dicetak oleh Luis Suarez dan gol bunuh diri Alaba.

Baca Juga: Memori Tragis Barcelona Kena Bantai Bayern Munich di UCL

3. Tottenham Hotspur vs. Bayern Munich 2-7 (2019/2020)

5 Laga Pembantaian di Liga Champions dalam Sedekade Terakhirpotret Robert Lewandowski bersama Bayern Munich (twitter.com/lewy_official)

Sebelum membantai Barcelona di fase gugur Liga Champions 2019/2020, Bayern Munich juga telah membantai Tottenham Hotspur di fase grup. Skor berakhir dengan hasil 2-7 untuk kemenangan Bayern Munich. Ada pula urutan gol dalam laga tersebut adalah 1-0 Son (12'), 1-1 Kimmich (15'), 1-2 Lewandowski (45'), 1-3 Gnabry (53'), 1-4 Gnabry (55'), 2-4 Kane (penalti 61'), 2-5 Gnabry (83'), 2-6 Lewandowski (87'), dan 2-7 Gnabry (88'). 

Gnabri menjadi pemain bintang dalam laga tersebut setelah mencetak 4 gol ke gawang Hugo Lloris. Di sisi lain, laga ini merupakan kekalahan terbesar Tottenham Hotspur dalam sejarah Liga Champions.

4. Manchester City vs. RB Leipzig 6-3 (2021/2022)

5 Laga Pembantaian di Liga Champions dalam Sedekade Terakhirpotret Rodrigo, Ferran Torres, dan Nathan Ake (twitter.com/SxrgioSZN)

Pada musim ini, ada laga pekan pertama yang dibanjiri gol, yaitu Manchester City melawan RB Leipzig. Laga berakhir untuk kemenangan Manchester City dengan hasil 6-3. Tiga gol yang dicetak oleh RB Leipzig dicetak oleh satu pemain saja, yaitu Christopher Nkunku. 

Ada pula gol bunuh diri dari Makiele pada menit ke-28 untuk Manchester City. Sisanya, gol dicetak oleh Nathan Ake, Jack Grealish, Riyad Mahrez, Joao Cancelo, dan Gabriel Jesus. Terlepas dari kekalahan RB Leipzig, setidaknya terdapat rekor baru yang dicetak Nkunku, yaitu pemain pertama klub yang mencetak hattrick di Liga Champions.

5. Real Madrid vs. Malmo 8-0 (2015/2016)

5 Laga Pembantaian di Liga Champions dalam Sedekade Terakhirpotret Cristiano Ronaldo di laga Real Madrid versus Malmo (skysports.com)

Pada musim 2015/2016, Real Madrid membantai Malmo dengan 8 gol tanpa balas. Kala itu keduanya bertanding di pertandingan fase grup. Laga yang terjadi pada 9 Desember 2015 itu sendiri merupakan laga yang akan sulit dilupakan oleh Cristiano Ronaldo. 

Pasalnya, 4 gol berhasil dicetak Ronaldo pada laga tersebut. Ada juga Karim Benzema yang mencetak hattrick pada laga itu. Satu gol lainnya dicetak oleh Mateo Kovacic.

 

Itu dia 5 laga pembantaian di Liga Champions dalam sedekade terakhir. Liga Champions musim ini masih panjang, terutama di fase grup. Menurutmu, akankah terjadi lagi pembantaian seperti laga di atas?

Baca Juga: 5 Pemain yang Menerima Kartu Merah di Laga Pertama Grup Liga Champions

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya