5 Pembelian Pemain Termahal dari Klub Bundesliga ke Premier League

Tak ada nama Erling Haaland

Transfer Erling Haaland dari Borussia Dortmund ke Manchester City menghebohkan banyak orang. Pasalnya, Haaland merupakan pemain yang diincar banyak klub. Namun, ia memutuskan pergi ke Inggris setelah dibeli dengan harga 60 juta euro atau Rp919 miliar.

Haaland menjadi pemain keenam termahal yang didatangkan dari klub Bundesliga ke English Premier League (EPL). Sejauh ini, terdapat lima pemain dengan biaya transfer termahal dari klub Bundesliga ke Premier League.

1. Jadon Sancho (Rp1,3 triliun)

5 Pembelian Pemain Termahal dari Klub Bundesliga ke Premier LeagueJadon Sancho berseragam Manchester United (footballtransfers.com)

Jadon Sancho merupakan rekrutan baru Manchester United pada bursa transfer musim panas 2021/2022. Sancho dibeli dari Borussia Dortmund dengan harga 85 juta euro atau setara Rp1,3 triliun.

Sancho menjadi pemain termahal yang pernah didatangkan dari klub Bundesliga ke Premier League. Sayangnya, musim pertama Sancho tak berjalan dengan mulus karena dia tidak bisa langsung menyesuaikan dengan gaya permainan Manchester United saat ini.

2. Kai Havertz (Rp1,2 triliun)

5 Pembelian Pemain Termahal dari Klub Bundesliga ke Premier LeagueKai Havertz bersama Chelsea (football365.com)

Kai Havertz merupakan salah satu pemain penting Chelsea saat ini. Dia didatangkan dari Bayer 04 Leverkusen pada 2020 lalu dengan harga 80 juta euro atau setara dengan Rp1,2 triliun. 

Pemain asal Jerman itu kerap dirotasi menjadi penyerang depan saat Romelu Lukaku dan Timo Werner tak fit. Setidaknya sudah ada trofi Liga Champions Eropa, Piala Dunia Antarklub, dan Piala Super Eropa yang disumbangkannya kepada Chelsea.

Baca Juga: 9 Potret dan Fakta Kai Havertz, Pemain Muda Andalan Chelsea

3. Kevin De Bruyne (Rp1,1 triliun)

5 Pembelian Pemain Termahal dari Klub Bundesliga ke Premier LeagueKevin De Bruyne bersama Manchester City (thesportsrush.com)

Kevin De Bruyne didatangkan Manchester City dari Wolfsburg pada 2015 lalu. Kala itu, pemain asal Belgia tersebut didatangkan dengan harga 76 juta euro atau setara Rp1,1 triliun.

Dia juga memegang rekor sebagai pemain termahal yang didatangkan dari Bundesliga ke Premier League, sebelum rekor tersebut dipecahkan Kai Havertz. De Bruyne sendiri berhasil tampil apik bersama Manchester City dengan menyumbangkan beberapa trofi Premier League, Piala FA, hingga Carabao Cup.

4. Christian Pulisic (Rp980 miliar)

5 Pembelian Pemain Termahal dari Klub Bundesliga ke Premier LeagueChristian Pulisic bersama Chelsea (worldfootballindex.com)

Christian Pulisic didatangkan Chelsea dari Borussia Dortmund pada Januari 2019 lalu. Walau begitu, Pulisic tetap bertahan di Borussia Dortmund dengan status pinjaman hingga Juni 2019.

Pulisic dibeli dengan harga 64 juta euro atau setara Rp980 miliar. Pemain asal Amerika Serikat itu cukup tampil impresif bersama Chelsea walau belakangan ini kesulitan untuk menembus skuad utama di bawah asuhan Thomas Tuchel.

5. Pierre-Emerick Aubameyang (Rp977 miliar)

5 Pembelian Pemain Termahal dari Klub Bundesliga ke Premier LeagueAubameyang bersama Arsenal (en.africatopsports.com)

Pierre-Emerick Aubameyang menjadi pemain kelima termahal yang didatangkan dari klub Bundesliga ke Premier League. Pemain asal Gabon itu dibeli Arsenal dari Borussia Dortmund dengan harga 63,8 juta euro pada 2018.

Harga transfer Aubameyang tersebut setara dengan Rp977 miliar. Sempat tampil apik dan menjadi kapten di Arsenal, Aubameyang hengkang ke Barcelona pada Januari 2022 lalu setelah dinilai sudah tak disiplin lagi. 

Tak ada nama Erling Haaland dalam daftar ini. Haaland yang dibanderol Rp918 miliar itu menjadi pemain termahal keenam yang dibeli klub Bundesliga ke Premier League sejauh ini.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal KRC Genk, Tanpa Kevin De Bruyne

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya