5 Pembelian Termahal Chelsea pada Era Roman Abramovich

Romelu Lukaku jadi pembelian termahal sekaligus terakhir

Roman Abramovich resmi mundur dari Chelsea pada Minggu (27/2/2022). Itu tidak lepas dari desakan publik kepada Abramovich usai invasi Rusia ke Ukraina. Roman Abramovich sendiri merupakan kolega dekat Presiden Rusia Vladimir Putin.

Abramovich merupakan sosok pertama yang merekomendasikan Vladimir Putin menjadi presiden Rusia. Terlepas dari itu, Abramovich menjadi sosok yang berjasa membawa Chelsea menjadi klub top dunia.

Selama hampir 20 tahun menjadi pemilik Chelsea, ada beberapa pembelian mahal pada era Roman Abramovich. Kira-kira siapa saja mereka?

1. Romelu Lukaku (Rp1,8 triliun)

5 Pembelian Termahal Chelsea pada Era Roman AbramovichRomelu Lukaku bersama Chelsea (caughtoffside.com)

Romelu Lukaku reuni bersama Chelsea pada bursa transfer musim panas 2021. Penampilannya bersama Inter Milan membuat Thomas Tuchel mendatangkannya. Roman Abramovich sendiri sepakat untuk mendatangkan Lukaku kala itu.

Chelsea mengeluarkan dana sebesar 97,7 pound sterling atau setara Rp1,8 triliun untuk menebus Lukaku. Pemain Belgia itu menjadi pembelian termahal para era Abramovich.

2. Kai Havertz (Rp1,38 triliun)

5 Pembelian Termahal Chelsea pada Era Roman AbramovichKai Havertz bersama Chelsea (football365.com)

Kai Havertz merupakan salah satu pembelian terbaik Frank Lampard saat masih melatih Chelsea. Kehadirannya pada September 2020 lalu membawa dampak positif. Dia bahkan menjadi penentu keberhasilan Chelsea menjuarai Liga Champions 2020/2021. Golnya ke gawang Manchester City pada partai puncak menyegel gelar Chelsea di Eropa.

Havertz dibeli dari Bayer 04 Leverkusen dengan harga 72 juta pound sterling. Angka tersebut setara Rp1,38 triliun. Dengan hal itu, Havertz menjadi pemain termahal yang dibeli Chelsea era Abramovich sebelum rekornya dipecahkan Lukaku.

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal Chelsea sebelum Era Roman Abramovich

3. Kepa Arrizabalaga (Rp1,36 triliun)

5 Pembelian Termahal Chelsea pada Era Roman AbramovichKepa Arrizabalaga bersama Chelsea (90min.com)

Kepa Arrizabalaga merupakan kiper termahal yang pernah dibeli suatu klub saat ini. Kiper asal Spanyol itu didatangkan dari Athletic Bilbao pada 2018. Dia dibeli dengan harga 71 juta pound sterling atau setara Rp1,36 triliun. 

Sayangnya, penampilan Kepa hanya impresif pada musim pertamanya. Setelah itu, dia kerap melakukan blunder. Chelsea akhirnya mengandalkan Edouard Mendy alih-alih memasang Kepa yang berharga mahal. Sampai saat ini, posisi Kepa masih di bawah Mendy.

4. Alvaro Morata (Rp1,15 triliun)

5 Pembelian Termahal Chelsea pada Era Roman AbramovichAlvaro Morata bersama Chelsea (premierleague.com)

Alvaro Morata merupakan pembelian era Roman Abramovich termahal keempat. Dia didatangkan dari Real Madrid pada 2017 dengan harga 60 juta pound sterling atau setara Rp1,15 triliun. Sayangnya, Morata tak mampu menunjukkan kualitasnya di Chelsea.

Dia sempat dipinjamkan ke Atletico Madrid sebelum akhirnya dipermanenkan klub tersebut. Saat ini, dia bermain untuk Juventus sebagai pemain pinjaman.

5. Christian Pulisic (Rp1,09 triliun)

5 Pembelian Termahal Chelsea pada Era Roman AbramovichChristian Pulisic saat mengangkat trofi UEFA Super Cup 2021. (sbisoccer.com)

Christian Pulisic merupakan salah satu penyerang sayap andalan Chelsea dalam 2 musim terakhir. Kecepatan dan akselerasinya yang berbahaya menjadi salah satu keunggulan yang dimilikinya. Dia bergabung dengan Chelsea pada 2019 setelah dibeli dari Borussia Dortmund.

Chelsea harus mengeluarkan dana sebesar 57 juta pound sterling atau setara Rp1,09 triliun untuk mendatangkan Pulisic. Bersama Chelsea, Pulisic berhasil meraih trofi Liga Champions, UEFA Super Cup, hingga Piala Dunia Antarklub.

Lukaku berhasil menjadi pemain termahal yang pernah dibeli Chelsea era Roman Abramovich. Dia juga menjadi rekrutan permanen terakhir Abramovich di klub tersebut. Setidaknya Lukaku menyumbangkan trofi Piala Dunia Antarklub sebagai perpisahan terakhir.

Baca Juga: 5 Pemain Pertama yang Diboyong Chelsea pada Era Roman Abramovich

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya