Comscore Tracker

6 Pemain Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Piala Eropa

Mulai dari Dmitri Kirichienko hingga Alan Shearer

Piala Eropa 2020 akan segera dimulai dalam beberapa hari lagi. 24 tim peserta sudah mempersiapkan skuad mereka seoptimal mungkin agar dapat meraih trofi kompetisi empat tahunan tersebut. Memang, Piala Eropa sendiri merupakan salah satu kompetisi di tingkat internasional yang paling bergengsi di Eropa.

Dalam sejarahnya, terdapat fakta-fakta menarik mengenai kompetisi ini, salah satunya pencetak gol tercepat. Sejauh ini, terdapat beberapa pemain yang pernah mencetak di Piala Eropa dalam waktu yang sangat singkat setelah pertandingan dimulai. Berikut enam pemain yang pernah mencetak gol tercepat dalam sejarah Piala Eropa. 

1. Dmitri Kirichienko - Rusia

6 Pemain Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Piala Eropapotret Dmitri Kirichienko(uefa.com)

Pada Piala Eropa 2004, sebuah rekor akhirnya terpecahkan, yaitu gol tercepat sepanjang sejarah kompetisi tersebut. Kala itu, Rusia berhadapan dengan Yunani dan kedua negara tersebut memiliki kekuatan skuad yang dapat dikatakan seimbang. Pada pertandingan itu, Dmitri Kirichienko berhasil mencetak gol pembuka dalam waktu hanya 1 menit 7 detik.

Gol tersebut menjadi tercepat di sepanjang sejarah Piala Eropa. Pertandingan berakhir dengan skor 2-1 untuk Rusia. Di sisi lain, kekalahan tersebut bukanlah hal berarti dan hal tersebut dapat dibuktikan dengan keberhasilan memperoleh gelar Piala Eropa 2004 oleh Timnas Yunani.

2. Robert Lewandowski - Polandia

6 Pemain Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Piala Eropapotret Robert Lewandowski bersama Timnas Polandia(90min.com)

Harus diakui bahwa Robert Lewandowski merupakan salah satu penyerang terbaik di dunia saat ini. Penyerang asal Polandia itu merupakan pencetak gol tercepat kedua di sepanjang sejarah Piala Eropa. Pada babak fase gugur Piala Eropa 2016, Lewandowski berhasil mencetak gol ke gawang Portugal di menit 1 lebih 40 detik.

Sayangnya, pertandingan tersebut harus dimenangkan oleh Portugal melalui adu penalti. Penalti berakhir dengan skor 3-5 untuk kemenangan Portugal. Uniknya, Portugal sendiri berhasil meraih gelar Piala Eropa pada waktu itu.

3. Robbie Brady - Republik Irlandia

6 Pemain Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Piala Eropapotret Robbie Brady bersama Timnas Republik Irlandia(irishnews.com)

Bermain melawan tim raksasa Prancis, Republik Irlandia tampil agresif di awal pertandingan tersebut. Alhasil, Robbie Brady berhasil mencetak gol pada menit yang ke-2. Sayangnya, Prancis pastinya tidak mau kalah di babak 16 besar Piala Eropa 16 itu sehingga tampil ngegas setelah kebobolan di menit awal.

Alhasil, Prancis berhasil mencetak 2 gol dan memastikan tiket ke babak 8 besar. Di sisi lain, Robbie Brady sendiri merupakan pencetak gol tercepat ketiga sepanjang sejarah Piala Eropa.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Tercepat di Masing-masing Liga Top Eropa, Mengesankan!

4. Sergei Aleinikov - Uni Soviet

6 Pemain Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Piala Eropapotret skuad Uni Soviet pada tahun 1927(en.wikipedia.org)

Sebelum Piala Eropa 2004, gol tercepat sepanjang sejarah kompetisi tersebut diraih oleh Sergei Aleinikov. Dia sendiri merupakan pemain berkebangsaan Uni Soviet pada tahun 1988 di ajang Piala Eropa. Memang, pada waktu itu, Uni Soviet masih belum terpecah menjadi beberapa negara.

Sergei Aleinikov berhasil mencetak gol pada menit ke 2 lebih 7 detik saat Uni Soviet melawan Inggris. Skor berakhir dengan kemenangan Uni Soviet 3-1. Kemenangan tersebut membuat Uni Soviet melaju ke babak semifinal.

5. Petr Jiracek - Republik Ceko

6 Pemain Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Piala Eropapotret Petr Jiracek bersama Timnas Republik Ceko(skysports.com)

Petr Jiracek merupakan pemain andalan Republik Ceko pada era 2010an. Di Piala Eropa 2012, namanya kembali dipercaya untuk memperkuat Timnas Republik Ceko. Di babak fase grup, Republik Ceko berhasil meraih poin pertamanya saat mengalahkan Yunani dengan skor 2-1.

Petr Jiracek menjadi pahlawan bagi Republik Ceko karena berhasil mencetak gol dengan sangat cepat, yaitu pada menit 2 lebih 14 detik. Kala itu, Petr Jiracek mendapatkan assist dari Tomas Hubschman yang juga merupakan salah satu pemain top negara tersebut. 

6. Alan Shearer - Inggris

6 Pemain Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Piala Eropapotret Alan Shearer bersama Timnas Inggris(amfa-france.org)

Pada Piala Eropa 1996, semifinal kompetisi tersebut mempertemukan Inggris dan Jerman. Alan Shearer berhasil membuat kejutan dengan mencetak gol pada menit ke 2 lebih 14 detik. Sayangnya, Jerman berhasil mencetak gol balasan dan membuat pertandingna berakhir 1-1.

Pertandingan dilanjutkan dengan drama adu penalti yang dimenangkan oleh Jerman dengan skor 6-5. Uniknya, Jerman sendiri berhasil menjadi juara pada Piala Eropa 1996 setelah mengalahkan Republik Ceko.

Mencetak gol dengan cepat di ajang Piala Eropa memang bukanlah suatu hal yang mudah. Hal tersebut dikarenakan oleh ketatnya setiap pertandingan di ajang tersebut. Pastinya para pemain bertahan lawan tidak akan membiarkan begitu saja timnya diserang di pertandingan itu. 

Baca Juga: Masuk Premier League Hall of Fame, Ini 7 Rekor Keren Alan Shearer

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya