Comscore Tracker

5 Penjualan Pemain Termahal yang Pernah Dilakukan Real Madrid

Termasuk pemain yang baru dijual Real Madrid, Casemiro

Real Madrid dikenal sebagai klub asal Spanyol yang royal. Bagaimana tidak, tiap musimnya, Real Madrid mendatangkan 1 atau 2 pemain mahal dari klub-klub Eropa. 

Walau begitu, Real Madrid juga telah melakukan penjualan pemain dengan harga fantastis. Terdapat beberapa pemain Real Madrid yang berhasil dijual dengan harga mahal.

Inilah lima penjualan pemain termahal yang pernah dilakukan Real Madrid.

1. Cristiano Ronaldo (Rp1,7 triliun)

5 Penjualan Pemain Termahal yang Pernah Dilakukan Real MadridCristiano Ronaldo bermain bersama Juventus. (instagram.com/cristiano)

Cristiano Ronaldo membela Real Madrid pada 2009—2018. Ia telah mempersembahkan berbagai trofi, mulai dari LaLiga hingga Liga Champions Eropa.

Pada Juli 2019, Real Madrid melepas Ronaldo ke Juventus. Biaya transfer yang dibutuhkan Juventus tak murah, yaitu 117 juta euro atau Rp1,7 triliun. Dengan hal tersebut, Cristiano Ronaldo telah menjadi pemain termahal yang pernah dijual Real Madrid dalam sejarah.

2. Angel Di Maria (Rp1,1 triliun)

5 Penjualan Pemain Termahal yang Pernah Dilakukan Real MadridAngel Di Maria bermain bersama PSG. (instagram.com/angeldimariajm)

Sebelum Cristiano Ronaldo menjadi pemain termahal yang dijual Real Madrid, rekor ini dipegang oleh Angel Di Maria. Penjualan Di Maria ke Manchester United pada Agustus 2014 lalu menjadi yang termahal bagi Real Madrid saat itu.

Di Maria dijual ke Old Trafford dengan harga 75 juta euro atau Rp1,1 triliun. Menariknya, Di Maria hanya bertahan selama semusim bersama Setan Merah sebelum akhirnya dijual ke Paris Saint-Germain.

Baca Juga: Lika-liku Transfer Cristiano Ronaldo, Sulit Dapat Klub Baru!

3. Casemiro (Rp1,04 triliun)

5 Penjualan Pemain Termahal yang Pernah Dilakukan Real MadridCasemiro bermain bersama Real Madrid. (twitter.com/Casemiro)

Casemiro secara mengejutkan meninggalkan Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2022 ini. Dia dijual ke Manchester United dengan harga 70,6 juta euro atau Rp1,04 triliun. 

Casemiro diketahui ingin mencari tantangan baru bersama Manchester United. Dia juga berambisi untuk memenangi gelar juara English Premier League bersama Setan Merah yang saat ini diasuh Erik ten Hag.

4. Alvaro Morata (Rp974 miliar)

5 Penjualan Pemain Termahal yang Pernah Dilakukan Real MadridAlvaro Morata bermain bersama Atletico Madrid. (twitter.com/AlvaroMorata)

Alvaro Morata merupakan lulusan akademi Real Madrid yang berhasil diorbitkan pada 2013 lalu. Sempat dijual ke Juventus pada 2014, Morata dibeli kembali pada 2016 lalu.

Menariknya, 1 musim kemudian, Morata dijual lagi ke Chelsea dengan harga fantastis. Ia dilepas ke klub asal London itu dengan harga 66 juta euro atau setara Rp974 miliar. Sayangnya, penampilan Morata tak terlalu gemilang sehingga sang pemain dilepas ke klub rival Real Madrid, Atletico Madrid, pada 2020 lalu secara permanen. 

5. Mesut Oezil (Rp694 miliar)

5 Penjualan Pemain Termahal yang Pernah Dilakukan Real MadridMesut Oezil (twitter.com/M10)

Ada juga nama Mesut Oezil yang masuk dalam daftar ini. Oezil merupakan pemain Real Madrid pada 2010—2013 lalu. Pada September 2013, dia dijual ke Arsenal dengan harga 47 juta euro atau Rp694 miliar. 

Mesut Oezil sudah menyumbang beberapa trofi bagi Real Madrid, seperti LaLiga dan Piala Spanyol. Pemain asal Jerman itu saat ini membela klub asal Turki, Basaksehir, dengan kontrak hingga Juni 2023 mendatang.

Cristiano Ronaldo masih menjadi pemain termahal yang pernah dilepas Real Madrid. Ada juga nama Casemiro yang masuk dalam daftar ini setelah dilepas ke Manchester United pada bursa transfer musim panas 2022.

Baca Juga: 5 Bintang Ini Dilepas Real Madrid pada Musim Panas 2022, Ada Casemiro!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya