6 Penjualan Pemain Termahal Manchester City, Ada Zinchenko!

Zinchenko dijual dengan harga Rp489 miliar

Manchester City dikenal sebagai klub Inggris yang kaya dan kerap membeli cukup banyak pemain bintang. Beberapa pemain bintang yang pernah didatangkan Manchester City adalah Robinho, Sergio Aguero, Kevin De Bruyne, Jack Grealish, hingga Erling Haaland.

Walau begitu, Manchester City juga kerap menjual pemainnya dengan harga yang fantastis. Berikut enam penjualan pemain Manchester City termahal yang pernah dilakukan dalam sejarah.

1. Ferran Torres (Rp841 miliar)

6 Penjualan Pemain Termahal Manchester City, Ada Zinchenko!Ferran Torres (twitter.com/FerranTorres20)

Ferran Torres merupakan pemain Manchester City selama Agustus 2020 hingga Januari 2022. Torres mengawali musim pertamanya di City dengan cukup sulit karena kesulitan untuk bersaing di skuad utama.

Walau begitu, Torres berhasil tampil impresif selama membela Timnas Spanyol. Hal itulah yang membuat dirinya dibeli Barcelona dengan harga sebesar 55 juta euro atau Rp841 miliar. Torres menjadi pemain Manchester City termahal yang pernah dijual dalam sejarah.

2. Raheem Sterling (Rp723 miliar)

6 Penjualan Pemain Termahal Manchester City, Ada Zinchenko!Raheem Sterling bersama Chelsea (twitter.com/sterling7)

Kepergian Raheem Sterling dari Manchester City ke Chelsea pada bursa transfer musim panas 2022 ini sebenarnya cukup mengejutkan. Sterling dilepas Manchester City dengan harga 47,3 juta euro atau Rp723 miliar.

Sterling memang merupakan target utama Thomas Tuchel pada bursa transfer musim panas 2022 ini. Manchester City sendiri dikabarkan menargetkan Bukayo Saka sebagai pengganti Sterling. Namun, tampaknya Manchester City ingin mencoba terlebih dahulu pemain dari akademinya, seperti Cole Palmer atau Liam Delap untuk menggantikan peran Sterling.

3. Gabriel Jesus (Rp688 miliar)

6 Penjualan Pemain Termahal Manchester City, Ada Zinchenko!Mikel Arteta dan Gabriel Jesus (arsenal.com)

Gabriel Jesus merupakan korban dari kedatangan Erling Haaland ke Manchester City. Melihat Arsenal tertarik kepada pemain asal Brasil itu, Manchester City langsung menerima tawaran sebear 45 juta euro atau Rp688 miliar.

City tetap untung dari penjualan Gabriel Jesus karena pemain tersebut dibeli Palmeiras pada 2017 lalu dengan harga 32 juta euro. Jesus mengawali laga pramusim dengan impresif dengan menyumbang satu gol saat melawan Everton.

Baca Juga: 5 Rekrutan Termahal Arsenal dari Klub Liga Inggris Lain, Jesus Terbaru

4. Leroy Sane (Rp596 miliar)

6 Penjualan Pemain Termahal Manchester City, Ada Zinchenko!Leroy Sane berseragam Bayern Munich. (twitter.com/leroy_sane)

Sebelum ketiga pemain sebelumnya dijual pada 2022, Leroy Sane menyandang pemain Manchester City termahal yang pernah dijual. Sane dilepas Manchester City ke Bayern Munich pada 2020 dengan harga 39 juta euro. Jika dirupiahkan, angka tersebut setara dengan Rp596 miliar.

Sane rela dilepas Pep Guardiola karena pada musim 2019/2020 kerap terkena cedera. Ferran Torres pun didatangkan untuk menggantikan peran Sane di Manchester City setelah itu.

5. Danilo (Rp489 miliar)

6 Penjualan Pemain Termahal Manchester City, Ada Zinchenko!Danilo berseragam Juventus (twitter.com/2DaniLuiz)

Danilo merupakan pemain Manchester City pada 2017 hingga 2019 lalu. Dia didatangkan dari Real Madrid dengan harga 30 juta euro atau Rp459 miliar. Dua musim membela Manchester City, dia harus dijual ke Juventus pada 2019.

Pep Guardiola sendiri menginginkan Manchester City untuk mendatangkan Joao Cancelo dari Juventus. Menariknya, City menjual Danilo dengan harga 32 juta euro atau Rp489 miliar ke Si Nyonya Tua.

6. Oleksandr Zinchenko (Rp489 miliar)

6 Penjualan Pemain Termahal Manchester City, Ada Zinchenko!Oleksandr Zinchenko saat diperkenalkan Arsenal (twitter.com/Arsenal)

Satu lagi pemain Manchester City termahal yang pernah dijual adalah Oleksandr Zinchenko. Pemain asal Ukraina itu dijual ke Arsenal pada bursa transfer musim panas 2022 ini dengan harga 32 juta euro atau Rp489 miliar. 

Zinchenko merupakan penggemar Arsenal saat dirinya masih kecil. Walau begitu, kenangan Zinchenko bersama Manchester City pastinya susah untuk dilupakan mengingat klub tersebut berhasil membuat namanya bersinar.

 

Ferran Torres masih menjadi pemain termahal yang pernah dijual Manchester City. Sementara itu, ketiga pemain Manchester City yang dijual pada bursa transfer musim panas ini seperti Sterling, Jesus, dan Zinchenko, juga masuk dalam daftar ini.

Baca Juga: 5 Hal Menarik tentang Kepindahan Oleksandr Zinchenko ke Arsenal

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya