Peringkat Terbaru FIFA pada Februari 2022, Indonesia Naik Peringkat

Indonesia berada di peringkat ke-160 dari 210 negara

FIFA merilis peringkat terbaru dari sepak bola pria untuk Februari 2022. Setidaknya sudah ada 210 negara yang masuk dalam daftar ini, termasuk Indonesia. 

Jika dibandingkan dengan edisi sebelumnya, cukup banyak negara yang mengalami kenaikan maupun penurunan peringkat. Indonesia sendiri mengalami kenaikan peringkat pada edisi Februari 2022 ini.

1. Belgia masih berada di pucuk klasemen

Peringkat Terbaru FIFA pada Februari 2022, Indonesia Naik PeringkatRomelu Lukaku di timnas Belgia (90min.com)

Belgia masih berada di puncak klasemen FIFA dengan memperoleh 1.828,45 poin. Menariknya, poin tersebut ternyata tidak berubah dengan poin edisi sebelumnya. Belgia memiliki selisih sekitar lima poin dari Brasil yang menempati posisi kedua.

Jika dilihat dari prestasi Belgia dalam beberapa tahun terakhir, mereka hanya mampu masuk ke dalam semifinal UEFA Nations League 2021. Belgia juga hanya mampu berada di perempat final Euro 2020.

2. Dominasi Eropa di peringkat 10 besar

Peringkat Terbaru FIFA pada Februari 2022, Indonesia Naik PeringkatJack Grealish di Timnas Inggris(news.sky.com)

Negara-negara Eropa masih mendominasi di peringkat sepuluh besar FIFA pada edisi Februari 2022. Setidaknya terdapat delapan negara yang masuk dalam daftar ini.

Hanya ada dua negara yang bukan berasal dari Eropa di deretan sepuluh besar, yaitu Brasil dan Argentina. Berikut peringkat sepuluh besar FIFA edisi Februari 2022:

1. Belgia

2. Brasil

3. Prancis

4. Argentina

5. Inggris

6. Italia

7. Spanyol

8. Portugal

9. Denmark

10. Belanda

Baca Juga: Peringkat FIFA Terbaru: Inggris Naik, Indonesia Terdampar

3. Iran yang terbaik di Asia

Peringkat Terbaru FIFA pada Februari 2022, Indonesia Naik Peringkatbendera negara Iran (unsplash.com/sina drakhshani)

Tak ada nama negara Asia yang ada peringkat sepuluh besar FIFA edisi Februari 2022. Iran menjadi yang terbaik dengan ada di peringkat 21. Mereka memperoleh 1.572,89 poin.

Ada pula Jepang yang berada di peringkat 23 dengan mengoleksi 1.549 poin. Sedangkan, Korea Selatan berada di peringkat 29 dengan mengoleksi 1.522 poin. Hanya tiga negara tersebut yang masuk lima puluh besar FIFA edisi Februari 2022.

4. Peringkat Indonesia naik

Peringkat Indonesia naik dari yang semula 164 menjadi 160. Indonesia berhasil meraih poin sebanyak 1.001,61 poin. Jika dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya, Indonesia merupakan negara dengan kenaikan peringkat yang signifikan. 

Thailand juga mendapatkan perbaikan peringkat dari yang semula 115 menjadi 112. Hal tersebut tak lepas dari hasil positif yang diraih Thailand dalam tiga laga terakhir pada Desember 2021 lalu.

5. Senegal jadi yang terbaik di Afrika

Peringkat Terbaru FIFA pada Februari 2022, Indonesia Naik PeringkatPara pemain Senegal merayakan trofi Piala Afrika 2021. (twitter.com/Fsfofficielle)

Juara Piala Afrika 2021, Senegal, berhasil berada di peringkat 18. Dengan hal tersebut, Senegal menjadi yang terbaik di Afrika saat ini.

Hal itu tak lepas dari keberhasilan mereka menjuarai Piala Afrika 2021. Senegal mengalahkan Mesir melalui adu penalti.

Senegal diketahui memperoleh 1.587 poin. Ada juga negara Afrika lainnya yang masuk lima puluh besar, yaitu Maroko, Nigeria, Mesir, Tunisia, Kamerun, Aljazair, dan Mali. 

Belgia masih menjadi yang terbaik dalam hal peringkat di FIFA. Menurutmu, pada edisi selanjutnya, apakah posisi Belgia akan tergeser?

Baca Juga: 5 Lapangan Bola Berstandar FIFA di Jakarta, Anies: Semuanya Gratis!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya