5 Pesepak Bola asal Afrika dengan Banderol Termahal Saat Ini

Mohamed Salah jadi yang termahal di Afrika

Berbicara tentang sepak bola, Afrika merupakan kawasan yang kerap menyumbang banyak pemain top. Sebut saja beberapa legenda seperti Samuel Eto'o hingga Didier Drogba yang sempat bersinar di satu dekade pertama abad ke-21.

Saat ini, cukup banyak pesepak bola Afrika yang berhasil bersinar di kompetisi top Eropa. Beberapa diantaranya ada yang dibanderol mahal. Berikut lima pesepak bola asal Afrika dengan banderol termahal saat ini atau sampai sekitar pertengahan tahun 2022. 

1. Mohamed Salah (Rp1,4 triliun)

5 Pesepak Bola asal Afrika dengan Banderol Termahal Saat IniMohamed Salah bersama Liverpool (indonesia.liverpoolfc.com)

Harus diakui bahwa Mohamed Salah merupakan salah satu penyerang paling berbahaya saat ini. Berstatus sebagai top skor di Premier League 2021/2022, Salah juga berhasil membawa Liverpool menjadi finalis Liga Champions. 

Tak heran jika banderol Salah sangat tinggi, yaitu sebesar 90 juta euro atau setara Rp1,4 triliun. Dengan hal itu, pemain asal Mesir tersebut menjadi pemain termahal di Benua Afrika saat ini. 

2. Sadio Mane (Rp1,09 triliun)

5 Pesepak Bola asal Afrika dengan Banderol Termahal Saat IniSadio Mane bersama Liverpool (liverpoolfc.com)

Musim 2021/2022 memang merupakan musim milik Sadio Mane. Pasalnya, Mane berhasil mengantarkan Senegal menjuarai Piala Afrika 2021 sekaligus membawa negaranya lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar. 

Mane sendiri pindah ke Bayern Munich pada bursa transfer musim panas 2022 ini dengan harga 32 juta euro atau Rp499 miliar. Padahal, banderol Mane sendiri sebenarnya mencapai 70 juta euro atau Rp1,09 triliun. 

Baca Juga: 5 Pemain Timnas Sepak Bola Iran yang Berlatar Belakang Minoritas 

3. Victor Osimhen (Rp1,01 triliun)

5 Pesepak Bola asal Afrika dengan Banderol Termahal Saat IniVictor Osimhen bersama Napoli (scorenigeria.com.ng)

Victor Osimhen merupakan penyerang depan andalan Napoli pada musim 2021/2022. Pemain asal Nigeria itu berhasil menyumbang 18 gol dan enam assist pada musim 2021/2022 bagi Napoli di berbagai kompetisi.

Osimhen juga berhasil tampil meyakinkan bersama Timnas Nigeria di ajang Piala Afrika 2021 dan kualifikasi Piala Dunia 2022. Banderolnya sendiri diketahui naik tajam pada musim 2021/2022 menjadi 65 juta euro atau Rp1,01 triliun.

4. Achraf Hakimi (Rp1,01 triliun)

5 Pesepak Bola asal Afrika dengan Banderol Termahal Saat IniAchraf Hakimi bersama Paris Saint-Germain (football-espana.net)

Achraf Hakimi merupakan salah satu bek sayap kanan terbaik saat ini. Pemain Paris Saint-Germain itu dikenal memiliki kemampuan umpan silang dan akselerasi yang membahayakan tim lawan. 

Hakimi cukup produktif dalam terlibat di berbagai gol PSG di Ligue 1 2021/2022 dengan menyumbang empat gol dan empat assist. Sayangnya, banderol Hakimi turun pada musim 2021/2022 menjadi 65 juta euro atau setara Rp1,01 triliun. 

5. Wilfred Ndidi (Rp937 miliar)

5 Pesepak Bola asal Afrika dengan Banderol Termahal Saat IniWilfred Ndidi bersama Leicester City (en.africatopsports.com)

Wilfred Ndidi merupakan gelandang bertahan Leicester City sejak 2017 lalu. Selain mampu menjadi gelandang bertahan, jika diperlukan Ndidi juga bisa berposisi sebagai bek tengah. Pemain asal Nigeria itu juga telah menjadi andalan negaranya sejak 2015 lalu.

Lulusan akademi Nath Boys itu saat ini dibanderol dengan harga 60 juta euro atau setara Rp937 miliar. Pemain berusia 25 tahun itu diyakini banderolnya akan terus naik mengingat perannya yang begitu penting di Leicester City maupun Nigeria.

Mohamed Salah menjadi pemain banderol termahal di Benua Afrika saat ini. Sayangnya, Salah dipastikan tak akan tampil di Piala Dunia 2022 bersama Timnas Mesir setelah disingkirkan Senegal. 

Baca Juga: 6 Klub yang Sering Mengawinkan Trofi Liga Domestik dan Liga Champions

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya