6 Pesepak Bola Top yang Pernah Menjadi Korban Rasisme

No room for racism!

Rasisme merupakan sebuah kepercayaan bahwa suatu ras tertentu lebih superior dan memiliki hak untuk mengatur ras yang lainnya. Hal ini menyebabkan berbagai tindakan yang tidak dapat diterima seperti penghinaan fisik hingga cacian secara non verbal.

Berbagai asosiasi sepak bola menyatakan menentang segala tindakan rasisme terhadap siapa pun, termasuk para pesepak bola. Bahkan, beberapa asosiasi sepak bola memiliki hukuman kepada setiap pesepak bola yang melakukan tindakan rasisme.

Memang, para pesepak bola kerap menjadi korban rasisme oleh berbagai kelompok, baik dari tim lawan, suporter, hingga teman setim. Berikut enam pesepak bola top yang pernah menjadi korban rasisme.

1. Moussa Marega - FC Porto

6 Pesepak Bola Top yang Pernah Menjadi Korban Rasismesportskeeda.com

Saat FC Porto berhasil memenangkan sebuah pertandingan melawan Vitoria de Guimarães pada Februari 2020 lalu, terdapat kejadian tak mengenakkan terhadap salah satu pemain Porto. Moussa Marega secara mengejutkan keluar dari lapangan pada menit ke-69 karena mendapatkan teriakan rasisme dari para suporter Vitoria. 

Hal tersebut merupakan ungkapan marah sekaligus kecewa tentang insiden memalukan suporter Vitoria tersebut. Sebelum keluar lapangan, Marega sempat ditahan oleh rekan setimnya seperti Alex Telles, Sergio Oliveira, and Ivan Marcano agar bersabar. Namun, tampaknya hal tersebut tidak dapat membendung Marega yang sangat ingin keluar lapangan pada waktu itu.

2. Reece James - Chelsea

6 Pesepak Bola Top yang Pernah Menjadi Korban Rasismefootball.london

Bek sayap kanan muda berbakat milik Chelsea, Reece James, ternyata juga merupakan korban rasisme belakangan ini. James mendapatkan berbagai tindakan rasisme di sosial medianya, khususnya di Instagram. Pastinya tindakan rasisme terhadap James ini dikecam oleh berbagai pihak, termasuk pihak manajemen Chelsea itu sendiri.

Ada pula berbagai bentuk dukungan kepada Reece James atas sikapnya yang bijaksana dalam menanggapi isu rasis terhadap dirinya. Reece James sendiri merupakan pemain Chelsea pertama di tahun ini yang mendapatkan tindakan rasisme.

3. Axel Tuanzebe - Manchester United

6 Pesepak Bola Top yang Pernah Menjadi Korban Rasismeplanetfootball.com

Kekalahan 1-2 dari Sheffield United di kandang sendiri pada beberapa hari lalu tampaknya menjadi mimpi buruk bagi Axel Tuanzebe. Pasalnya, Tuanzebe menjadi korban rasisme oleh para suporternya sendiri. Berbagai komentar rasisme disampaikan di media sosial Tuanzebe, yaitu Twitter dan Instagram.

Mendegar kabar itu, pihak Manchesteer United langsung mengatakan “Semua orang di Manchester United muak dengan pelecehan rasial yang diterima oleh para pemain melalui media sosial setelah pertandingan tadi malam". Hal tersebut merupakan bentuk penolakan keras pihak Manchester United terhadap segala tindakan rasisme.

Baca Juga: Dapat Tindakan Rasisme, Marcus Rashford Membalas dengan Bijak

4. Anthony Martial - Manchester United

6 Pesepak Bola Top yang Pernah Menjadi Korban Rasisme90min.com

Kekalahan Manchester United atas Sheffield dengan skor 1-2 beberapa hari lalu juga membuat Anthony Martial terkena tindakan rasisme. Bahkan, istri Martial yang bernama Melanie Martial juga terkena imbasnya. 

Saking dibuat kesalnya, Melanie sampai mengunggah direct message yang mengandung rasisme dan pastinya tak dapat ditolerir. Hal ini pastinya menjadi kekecewaan bagi para penggemar bola lainnya yang mengedepankan kebijaksanaan dalam mendukung klub favorit mereka.

5. Marcus Rashford - Manchester United

6 Pesepak Bola Top yang Pernah Menjadi Korban Rasismeplanetfootball.com

Satu lagi pemain Manchester United yang baru-baru ini mendapatkan tindakan rasisme ialah Marcus Rashford. Hal tersebut tak lepas dari hasil imbang Manchester United melawan Arsenal dengan skor 0-0 pada 31 Januari 2021 dini hari. Setelah pertandingan itu, dia mendapatkan berbagai nyinyiran rasis di media sosialnya.

Menanggapi hal tersebut, Rashford menulis melalui akun Twitternya, "Saya seorang pria kulit hitam dan saya hidup setiap hari dengan bangga bahwa saya demikian,". Dia juga menambahkan, "Tidak seorang pun, atau tidak seorang pun yang berkomentar, yang akan membuat saya merasa berbeda. Maaf jika Anda mencari reaksi keras, Anda tidak akan mendapatkannya di sini". 

6. Raheem Sterling - Manchester City

6 Pesepak Bola Top yang Pernah Menjadi Korban Rasisme90min.com

Penyerang sayap Manchester CIty, Raheem Sterling, juga kerap menjadi korban tindakan rasisme. Kejadian rasisme bagi Sterling yang sempat menghebohkan publik terjadi pada saat laga lanjutan kualifikasi Euro 2020 melawan Montenegro. Nyanyian-nyanyian dan ejekan berbau rasis terdengar dari tribun suporter Montenegro yang ditujukan kepada para pemain Inggris yang berkulit hitam.

Pada saat itu, pemain-pemain yang dimaksud ialah Raheem Sterling, Danny Rose, hingga Callum Hudson-Odoi. Hal tersebut merupakan kasus rasisme paling memalukan sepanjang pertemuan kedua negara antara Inggris dan Montenegro.

Sebagai suporter yang bijak, kita harus cermat dalam mengutarakan segala hal walaupun dalam keadaan kecewa. Ayo bilang "No room for racism"!

Baca Juga: Apakah Rasisme dan Xenofobia adalah Gangguan Mental? Ini Faktanya

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya