5 Pesepak Bola Perempuan dengan Biaya Transfer Termahal dalam Sejarah

Eks pemain Manchester City, Keira Walsh, masuk daftar ini

Selama ini para penggemar sepak bola hanya menyoroti bursa transfer pesepak bola laki-laki. Bursa transfer pesepak bola laki-laki memang kerap memberikan kejutan di setiap musimnya.

Walau begitu, bursa transfer pesepak bola perempuan juga sebenarnya tak kalah menarik untuk disimak. Sejauh ini, terdapat beberapa pesepak bola perempuan dengan biaya transfer termahal. Kira-kira siapa saja mereka? Berikut daftarnya. 

1. Keira Walsh (Rp6,9 miliar)

5 Pesepak Bola Perempuan dengan Biaya Transfer Termahal dalam SejarahKeira Walsh saat diperkenalkan Barcelona. (instagram.com/keirawalsh)

Nama Keira Walsh sempat menjadi pembicaraan para penggemar bola belakangan ini. Bagaimana tidak, dia baru saja memecahkan rekor transfer sebagai pesepak bola perempuan termahal dalam sejarah sepak bola. 

Keira Walsh resmi bergabung Barcelona pada September 2022 ini setelah Manchester City menyepakati biaya transfer sebesar 460ribu euro atau Rp6,9 miliar. Manchester City sempat enggan untuk menjualnya walau pada akhirnya tergoda dengan biaya transfer yang ditawarkan Barcelona.

2. Pernille Harder (Rp5,2 miliar)

5 Pesepak Bola Perempuan dengan Biaya Transfer Termahal dalam SejarahPernille Harder bermain bersama Chelsea. (instagram.com/pharder10)

Sebelum Keira Walsh, rekor pesepak bola perempuan termahal dipegang oleh Pernille Harder. Dia sendiri dibeli Chelsea dari VfL Wolfsburg dengan harga 350ribu atau Rp5,2 miliar. Harder yang berposisi sebagai gelandang serang itu memang sedang naik daun bersama Wolfsburg dalam tiga musim sebelumnya. 

Pemain asal Denmark itu saat ini menjadi pemain andalan Timnas Denmark dan sudah memberikan penampilan sebanyak 138 kali. Harder sendiri kerap dijuluki sebagai "Christian Eriksen" versi perempuan asal Denmark.

Baca Juga: 3 Target Buat Graham Potter Usai Jadi Manajer Chelsea

3. Alex Morgan (Rp3,6 triliun)

5 Pesepak Bola Perempuan dengan Biaya Transfer Termahal dalam SejarahAlex Morgan (instagram.com/alexmorgan13)

Alex Morgan merupakan pesepak bola yang saat ini membela San Diego Wave. Dia bergabung dari klub itu setelah dibeli dari Orlando Pride dengan harga 245ribu euro atau Rp3,6 triliun.

Pesepak bola asal Amerika Serikat itu sempat membela beberapa klub ternama seperti Tottenham Hotspur, Lyon, hingga West Coast FC. Pemain berusia 33 tahun itu juga menjadi andalan Timnas Amerika Serikat dengan memberikan penampilan sebanyak 198 kali.

4. Freja Siri Olofsson (Rp3,3 miliar)

5 Pesepak Bola Perempuan dengan Biaya Transfer Termahal dalam SejarahFreja Olofsson saat diperkenalkan Real Madrid. (frejaolofssonn)

Pada bursa transfer musim panas 2022 ini, Freja Siri Olofsson juga masuk dalam daftar pesepak bola perempuan termahal setelah didatangkan Real Madrid. Dia dibeli Real Madrid dari Racing Louisville FC dengan harga 225 ribu euro atau Rp3,3 miliar.

Freja sendiri merupakan pesepak bola asal Swedia yang namanya naik daun selama membela KIF Örebro DFF. Walau belum sempat membela tim nasional Swedia senior, Freja yang berposisi sebagai pemain tengah itu diyakini akan bersinar bersama Real Madrid.

5. Hanna Bennison (Rp3,3 miliar)

5 Pesepak Bola Perempuan dengan Biaya Transfer Termahal dalam SejarahHanna Bennison (instagram.com/hannabennison)

Hanna Bennison juga masuk dalam pesepak bola perempuan yang dibeli dengan harga mahal. Kepindahannya dari FC Rosengård ke Everton pada 2021 lalu sempat memecahkan rekor ini. 

Everton perlu menggelontorkan dana sebesar 225 ribu atau Rp3,3 miliar untuk mendatangkan Hanna Bennison. Berposisi sebagai pemain tengah, Hanna dikenal mampu menyeimbangkan permainan dalam bertahan dan menyerang dengan baik.

 

Keira Walsh resmi menjadi pesepak bola perempuan termahal dalam sejarah sepak bola. Apakah ada pemain lainnya yang akan memecahkan rekornya di masa yang akan datang?

Baca Juga: Bergeliatnya Sepak Bola Wanita di Piala Gubernur DKI Jakarta

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya