5 Pesepak Bola Prancis Termahal yang Pernah Dijual AS Monaco

Kylian Mbappe masih jadi yang termahal

AS Monaco dikenal sebagai klub yang sukses mengorbitkan para pemain asal Prancis. Cukup banyak pemain yang berhasil dikembangkan oleh tim akademi AS Monaco lalu dijual dengan harga fantastis ke klub lain. 

Sejauh ini, terdapat beberapa pesepak bola asal Prancis yang dijual mahal oleh ke AS Monaco. Klub tersebut mendapatkan keuntungan yang besar dari penjualan tersebut. Siapa saja mereka?

1. Kylian Mbappe (Rp2,7 triliun)

5 Pesepak Bola Prancis Termahal yang Pernah Dijual AS MonacoKylian Mbappe bersama Paris Saint-Germain (marca.com)

Kylian Mbappe merupakan salah satu produk akademi AS Monaco paling berharga sepanjang sejarah. Didatangkan dari akademi Clairef secara gratis pada 2013, Mbappe berhasil dikembangkan dengan sangat baik oleh AS Monaco.

Tampil tajam selama membela tim senior AS Monaco pada 2015 hingga 2017, Mbappe dibeli secara permanen oleh PSG dengan harga 180 juta euro atau setara Rp2,7 triliun. Dengan demikian, Mbappe menjadi pemain termahal yang pernah dijual oleh AS Monaco dalam sejarahnya.

2. Aurélien Tchouameni (Rp1,22 triliun)

5 Pesepak Bola Prancis Termahal yang Pernah Dijual AS MonacoAurélien Tchouameni bersama AS Monaco (asmonaco.com)

Aurélien Tchouameni baru saja resmi bergabung ke Real Madrid baru-baru ini setelah didatangkan dari AS Monaco. Pemain asal Prancis itu dibeli dengan harga mahal, yaitu 80 juta euro atau setara Rp1,22 triliun. 

Padahal, Aurélien Tchouameni dibeli AS Monaco pada 2020 lalu dari Bordeaux dengan harga murah, yaitu 18 juta euro. Nama Aurélien Tchouameni memang sedang naik daun setelah tampil apik bersama Timnas Prancis dalam beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: 6 Pembelian Termahal Sepanjang Sejarah Real Madrid, Ada Tchouameni

3. Thomas Lemar (Rp1,1 triliun)

5 Pesepak Bola Prancis Termahal yang Pernah Dijual AS MonacoThomas Lemar bersama AS Monaco (skysports.com)

Thomas Lemar juga masuk dalam daftar ini. Lemar dibeli Atletico Madrid dari AS Monaco pada 2018 lalu dengan harga 72 juta euro atau Rp1,1 triliun. Sayangnya, penampilan Lemar di Atletico Madrid tak sebaik di AS Monaco. 

AS Monaco sendiri mendapatkan keuntungan yang besar dari penjualan Lemar. Pasalnya, Monaco membeli Lemar pada 2015 lalu dari SM Caen dengan harga murah, yaitu hanya 4 juta euro.

4. Anthony Martial (Rp920 miliar)

5 Pesepak Bola Prancis Termahal yang Pernah Dijual AS Monacopotret Anthony Martial bersama Manchester United (sempreinter.com)

Anthony Martial merupakan pemain Manchester United yang dibeli dari AS Monaco pada 2015 lalu. Martial dibeli mahal kala itu dengan harga 60 juta euro atau Rp920 miliar. Sempat tampil impresif pada dua musim pertamanya, Martial kesulitan untuk menembus skuad utama pada musim 2021/2022. 

Alhasil, Martial harus dipinjamkan selama setengah musim ke Sevilla pada bursa transfer musim dingin 2022. Lulusan akademi Lyon itu harus tersingkir sementara dari skuad senior Prancis akibat tak mampu menunjukkan kualitasnya pada musim 2021/2022.

5. Benjamin Mendy (Rp881 miliar)

5 Pesepak Bola Prancis Termahal yang Pernah Dijual AS Monacopotret Benjamin Mendy bersama Manchester City (90min.com)

Nama Benjamin Mendy memang sempat naik daun saat masih membela AS Monaco pada musim 2016/2017. Mendy dikenal sebagai bek sayap kiri dengan umpan silang yang akurat dan keras.

Sayangnya, saat dibeli mahal oleh Manchester City sebesar 57,5 juta euro atau Rp881 miliar pada bursa transfer musim panas 2017 lalu, Mendy tak mampu menunjukkan kualitasnya di depan Pep Guardiola. Bahkan, saat ini dia harus menjalani masa hukuman akibat dugaan pemerkosaan dan pelecehan seksual.

 

Kelima pemain di atas merupakan bukti bahwa AS Monaco merupakan klub yang mampu mengorbitkan pemain asal Prancis dengan baik. AS Monaco sendiri dipercaya masih akan mengorbitkan beberapa bintang muda lainnya dalam beberapa musim ke depan.

Baca Juga: Benjamin Mendy Dapat Dakwaan Baru Kasus Pemerkosaan, Total 9 Kasus

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya