5 Pesepak Bola Termahal yang Pernah Dijual PSV Eindhoven

Termasuk Donyell Malen

Pencinta sepak bola Liga Belanda pastinya sudah tak asing lagi dengan klub PSV Eindhoven. Klub yang didirikan pada 1913 itu merupakan salah satu klub yang paling sering meraih gelar Eredivisie.

Tak hanya itu, klub ini juga kerap mengorbitkan banyak pemain muda yang pada akhirnya dijual ke klub-klub top Eropa. Sejauh ini, terdapat beberapa eks pemain PSV dengan harga jual termahal. Kira-kira, siapa saja mereka? Berikut daftarnya. 

1. Hirving Lozano (Rp687 miliar)

5 Pesepak Bola Termahal yang Pernah Dijual PSV EindhovenHirving Lozano bermain bersama Napoli. (twitter.com/sscnapoliES)

Hirving Lozano merupakan salah satu penyerang sayap berbahaya asal Meksiko yang saat ini bermain bagi Napoli. Dia dibeli dari PSV pada 2019 lalu dengan harga 45 juta euro atau setara Rp687 miliar. 

Dengan harga jual tersebut, Lozano menjadi pemain termahal yang pernah dijual oleh PSV dalam sejarahnya. Dia mengalahkan rekor Memphis Depay yang dijual ke Manchester United pada musim 2015/2016 lalu.

2. Memphis Depay (Rp519 miliar)

5 Pesepak Bola Termahal yang Pernah Dijual PSV EindhovenMemphis Depay (twitter.com/Memphis)

Sebelum Hirving Lozano memecahkan rekor transfer penjualan PSV pada 2019, rekor ini dipegang oleh Memphis Depay. Penjualan Depay pada Juli 2015 lalu sempat menjadi yang termahal dengan harga 34 juta euro atau Rp519 miliar.

Sayangnya, penampilan Depay di Manchester United kurang terlalu impresif. Alhasil, dia dijual murah ke Lyon pada 2017, yaitu 16 juta euro atau Rp244 miliar. Bersama Lyon, namanya kembali naik daun berkat penampilan apiknya sepanjang 2017 hingga 2021 lalu di ajang Ligue 1.

Baca Juga: Kejutan, Manchester United Mau Beli Lagi Memphis Depay

3. Steven Bergwijn (Rp458 miliar)

5 Pesepak Bola Termahal yang Pernah Dijual PSV EindhovenSteven Bergwijn bermain bersama Tottenham. (twitter.com/StevenBergwijn)

Steven Bergwijn merupakan lulusan akademi PSV yang berhasil diorbitkan pada 2015 lalu. Penampilan apiknya membuat dirinya dibeli oleh Tottenham pada 2020 lalu dengan harga 30 juta euro atau Rp458 miliar. 

Sayangnya, Steven Bergwijn tak mampu menembus skuad utama Tottenham pada dua musim pertamanya. Alhasil, dia dijual ke Ajax pada Juli 2022 lalu dengan harga 31,2 juta euro atau Rp476 miliar.

4. Donyell Malen (Rp458 miliar)

5 Pesepak Bola Termahal yang Pernah Dijual PSV EindhovenDonyell Malen saat masih bermain bersama PSV. (instagram.com/donyellmalen)

Penjualan Donyell Malen dari PSV ke Borussia Dortmund pada bursa transfer 2021 lalu masuk dalam daftar penjualan termahal. Malen dijual dengan harga 30 juta euro atau Rp458 miliar. 

Malen mengawali kariernya di akademi Hollandia sebelum bergabung ke akademi Ajax pada 2008. Pada 2015, dia bergabung akademi Arsenal sebelum akhirnya kembali ke Belanda untuk bermain bersama PSV U-21.

5. Ruud van Nistelrooy (Rp435 miliar)

5 Pesepak Bola Termahal yang Pernah Dijual PSV EindhovenRuud van Nistelrooy (twitter.com/RvN1776)

Pelatih PSV saat ini, Ruud van Nistelrooy, ternyata juga pernah masuk dalam daftar penjualan termahal. Pada 2001, Ruud van Nistelrooy dijual dari PSV ke Manchester United dengan harga 28,5 juta euro atau Rp435 miliar.

Ruud van Nistelrooy memegang rekor sebagai pemain termahal PSV yang pernah dijual selama 14 tahun. Menariknya, rekornya dipecahkan oleh Memphis Depay pada 2015 saat PSV menjual sang pemain ke Manchester United.

 

Hirving Lozano masih memegang pemain termahal yang dijual PSV sejauh ini. Apakah ada pemain lainnya yang dapat memecahkan rekor Lozano di PSV nantinya?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan Tipis Arsenal Melawan PSV Eindhoven di UEL

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya