7 Pesepak Bola Termahal yang Pernah Hengkang Secara Gratis

Ternyata ada Donnarumma dan Aaron Ramsey!

Bursa transfer musim panas masih berlangsung hingga akhir bulan Agustus depan. Beberapa klub telah melakukan pembelian pemain untuk memperkuat skuat mereka agar mampu tampil meyakinkan pada musim ini. Tak sedikit pula klub yang sudah mengeluarkan banderol yang cukup besar sejauh ini. 

Uniknya, terdapat beberapa pesepak bola yang memiliki banderol yang mahal, namun hengkang ke klub baru secara gratis. Pastinya hal tersebut menjadi rezeki nomplok bagi klub barunya. Berikut 7 pesepak bola termahal yang pernah hengkang secara gratis. 

1. Gianluigi Donnarumma - AC Milan ke Paris Saint-Germain (2021)

7 Pesepak Bola Termahal yang Pernah Hengkang Secara Gratispotret Donnarumma bersama Italia (sempremilan.com)

Setelah menjuarai Piala Eropa 2020, Donnarumma resmi bergabung dengan klub raksasa asal Prancis, yaitu Paris Saint-Germain. Uniknya, Paris Saint-Germain tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun untuk mendatangkan pemain terbaik Piala Eropa 2020 itu. Pastinya hal tersebut menjadi keuntungan finansial tersendiri bagi klub asal Paris itu. 

Di sisi lain, AC Milan sendiri tampaknya sudah pasrah karena tidak dapat meyakinkan Donnarumma untuk memperpanjang kontraknya dalam beberapa bulan terakhir. Alhasil, AC Milan mendatangkan Mike Maignan beberapa minggu lalu. Saat ini, Donnarumma dibanderol dengan harga 60 juta euro atau sekitar 1,026 triliun rupiah. 

2. David Alaba - Bayern Munich ke Real Madrid (2021)

7 Pesepak Bola Termahal yang Pernah Hengkang Secara Gratispotret David Alaba bersama Austria (90min.com)

David Alaba merupakan pemain Bayern Munich sejak tahun 2010 lalu. Pada Juni 2021 lalu, dia memutuskan untuk hengkang ke Real Madrid dengan status bebas trasnfer setelah kedua belah pihak sepakat untuk tak memperpanjang kontrak. Pastinya hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi Real Madrid.

Bagaimana tidak, Alaba sendiri mempuyai banderol yang tinggi, yaitu 55 juta euro atau setara 941 miliar rupiah. Sayangnya, Real Madrid juga harus kehilangan Sergio Ramos yang telah habis masa kontraknya dan memutuskan untuk hijrah ke Paris Saint-Germain secara gratis.

3. Robert Lewandowski - Borussia Dortmund ke Bayern Munich (2014)

7 Pesepak Bola Termahal yang Pernah Hengkang Secara Gratispotret Robert Lewandowski bersama Timnas Polandia (sportslumo.com)

Meskipun baru saja kehilangan David Alaba secara gratis, Bayern Munich sebenarnya pernah merasakan transfer gratis pemain berkualitas juga, lho. Pada tahun 2014, Robert Lewandowski resmi bergabung Bayern Munich dari Borussia Dortmund secara gratis. Pada waktu itu, Lewandowski memang tidak memutuskan untuk memperpanjang kontraknya di Borussia Dortmund. 

Di Bayern Munich, Lewandowski menjadi sosok vital di lini depan dan mampu membawa klub tersebut menjuarai Liga Champions 2020. Dia juga kerap menjadi langganan top skor di ajang Bundesliga. Pada waktu itu, Lewandoski dibanderol dengan harga 50 juta euro atau sekitar 855 miliar rupiah. 

Baca Juga: Donnarumma Terbaru, 5 Pemain Italia yang Berkarier di Luar Serie A

4. Memphis Depay - Lyon ke Barcelona (2021)

7 Pesepak Bola Termahal yang Pernah Hengkang Secara Gratispotret Memphis Depay bersama Lyon (fcbarcelonanoticias.com)

Hengkangnya Memphis Depay ke Barcelona pada musim ini akan menjadi kerugian tersendiri bagi Lyon. Bagaimana tidak, Depay mempuyai banderol seharga 45 juta euro atau setara dengan 769 miliar rupiah. Sayangnya, Lyon tak mendapatkan imbalan sepeserpun dari kepindahan Depay. 

Lyon sendiri membeli pemain asal Belanda itu pada tahun 2017 dari Manchester United. Dia dibeli dengan harga 16 juta euro atau sekitar 273 miliar rupiah. Kepindahan Depay ke Barcelona memang bukan menjadi rahasia lagi mengingat sudah banyak rumor dalam 6 bulan terakhir. 

5. Stefan de Vrij - Lazio ke Inter Milan (2018)

7 Pesepak Bola Termahal yang Pernah Hengkang Secara Gratispotret Stefan de Vrij bersama Inter Milan (sempreinter.com)

Stefan de Vrij merupakan salah satu bek tengah andalan Inter Milan pada musim lalu. Dia didatangkan dari Lazio pada tahun 2018 dengan status bebas transfer. Padahal, pada waktu itu banderolnya mencapai 40 juta euro atau setara 684 miliar rupiah. 

Stefan de Vrij merupakan pemain berkebangsaan Belanda yang berhasil tampil gemilang di Piala Eropa 2020. Sayangnya, Belanda sendiri harus tersingkir di babak 16 besar setelah kalah dari Republik Ceko dengan skor 2-0. 

6. Leon Goretzka - Schalke 04 ke Bayern Munich (2018)

7 Pesepak Bola Termahal yang Pernah Hengkang Secara Gratispotret Leon Goretzka bersama Bayern Munich (thesportsrush.com)

Bayern Munich juga pernah mendapatkan pemain top lainnya secara gratis saat mendatangkan Leon Goretzka. Dia didatangkan dari Schalke 04 pada tahun 2014 lalu tanpa dipungut biaya sepeserpun. Padahal, banderol pemain asal Jerman itu mencapai 40 juta euro atau setara 684 miliar rupiah pada waktu itu. 

Bersama Bayern Munich, Leon Goretzka di berhasil menjadi jawara Liga Champions di musim keduanya. Leon Goretzka juga merupakan pemain tengah yang dibawa oleh Joachim Low di Piala Eropa 2020 walau lebih sering bermain sebagai pemain pengganti. 

7. Aaron Ramsey - Arsenal ke Juventus (2019)

7 Pesepak Bola Termahal yang Pernah Hengkang Secara Gratispotret Aaron Ramsey bersama Juventus (skysports.com)

Arsenal juga pernah merasakan kehilangan pemain pentingnya secara gratis, yaitu Aaron Ramsey. Pada tahun 2019, dia memutuskan untuk hijrah ke Juventus dengan status bebas transfer. Padahal, pada waktu itu dia dibanderol dengan harga 40 juta euro atau setara 684 miliar rupiah. 

Bersama Juventus, pemain asal Wales itu berhasil tampil memukau dengan meraih trofi Serie A di musim pertamanya. Sayangnya, pada musim lalu Juventus gagal mempertahankan trofi Serie A setelah Inter Milan berhasil menjadi pemuncak klasemen hingga kompetisi tersebut berakhir. 

Nah, itu dia 7 pemain termahal yang pernah hengkang ke klub lain dengan status bebas transfer. Bagi klub baru mereka, pastinya hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri. Namun, bagi klub lama mereka, hal tersebut bukan merupakan kabar baik. 

Baca Juga: 5 Pemain Juventus yang Tidak Disukai Andrea Pirlo, Ada Aaron Ramsey

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya