Comscore Tracker

7 Pesepak Bola Top di Olimpiade Tokyo 2020 yang Berstatus Over-Aged

Mulai dari Andre-Pierre Gignac hingga Eric Bailly

Olimpiade Tokyo 2020 akan segera dimulai pada 21 Juli hingga 7 Agustus 2021 mendatang. Salah satu cabang olahraga yang paling dinanti-nanti pertandingannya ialah cabang sepak bola. Batas maksimal usia pemain adalah 24 tahun atau lahir pada atau setelah 1 Januari 1997. 

Setiap tim sebenarnya diperbolehkan untuk membawa pemain berusia di atas yang telah ditentukan sebanyak 3 orang. Biasanya pemain over-aged atau yang melebihi ketentuan usia merupakan pemain yang dianggap sangat penting di skuad tersebut. 

Sejauh ini, memang terdapat beberapa pemain top yang bermain di Olimpiade Tokyo walau berstatus over-aged. Kira-kira siapa saja ya? Yuk simak penjelasannya. 

1. Andre-Pierre Gignac - Prancis

7 Pesepak Bola Top di Olimpiade Tokyo 2020 yang Berstatus Over-Agedpotret Andre-Pierre Gignac (talksport.com)

Nama Andre-Pierre Gignac pastinya sudah tak asing lagi bagi para pendukung Timnas Prancis. Memang, namanya sudah lama tak dipanggil Didier Deschamps dalam beberapa tahun terakhir. Uniknya, pemain 35 tahun itu ternyata namanya masuk ke dalam skuad Prancis di ajang Olimpiade Tokyo 2020. 

Andre-Pierre Gignac sendiri merupakan pemain bagi klub Tigres UANL yang merupakan klub asal Meksiko. Di Timnas Prancis, Gignac sudah memberikan penampilan sebanyak 36 kali sejak tahun 2009 lalu. 

2. Hiroki Sakai - Jepang

7 Pesepak Bola Top di Olimpiade Tokyo 2020 yang Berstatus Over-Agedpotret Hiroki Sakai bersama Timnas Jepang (sempreinter.com)

Hiroki Sakai merupakan pemain Jepang yang baru saja pindah pada 12 Juli 2021 lalu ke klub Urawa Reds. Sebelumnya, Sakai merupakan pemain klub top asal Prancis, yaitu Marseille. Meskipun sudah berusia 31 tahun, namanya tetap masuk dalam skuat Jepang di Olimpiade Tokyo 2020.

Dia sendiri merupakan sosok penting di posisi bek sayap kanan Jepang dalam beberapa tahun terakhir. Setidaknya dia sudah memberikan penampilan sebanyak 65 kali bagi Jepang sejak tahun 2012 lalu. 

3. Guillermo Ochoa - Meksiko

7 Pesepak Bola Top di Olimpiade Tokyo 2020 yang Berstatus Over-Agedpotret Guillermo Ochoa (skysports.com)

Kiper andalan Timnas Meksiko, Guillermo Ochoa, juga masuk dalam skuad yang dibawa di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Pemain berusia 36 tahun itu memang merupakan kiper utama Meksiko sejak tahun 2005. Setidaknya dia sudah memberikan penampilan bagi negaranya sebanyak 110 kali. 

Selain itu, Ochoa juga merupakan kapten utama dari Timnas Meksiko dalam beberapa tahun terakhir. Ochoa juga pernah bermain di klub Eropa, yaitu Magala dan Granada yang merupakan klub asal Spanyol. 

Baca Juga: 10 Pebasket Amerika Serikat yang Mencetak Poin Terbanyak di Olimpiade

4. Winston Reid - Selandia Baru

7 Pesepak Bola Top di Olimpiade Tokyo 2020 yang Berstatus Over-Agedpotret Winston Reid bersama Timnas Selandia Baru (stuff.co.nz)

Selandia Baru juga merupakan negara peserta Olimpiade Tokyo 2020 cabang sepak bola putra. Salah satu pemain yang dibawa dalam kompetisi tersebut ialah Winston Reid. Pemain berusia 33 tahun itu merupakan pemain West Ham United. 

Dia memang sempat dipinjamkan ke Brentford selama 6 bulan pada bursa transfer musim dingin lalu. Uniknya, Reid berhasil membawa Brentford promosi ke Premier League musim ini. 

5. Marco Asensio - Spanyol

7 Pesepak Bola Top di Olimpiade Tokyo 2020 yang Berstatus Over-Agedpotret Marco Asensio bersama Timnas Spanyol(90min.com)

Marco Asensio merupakan pemain top yang tak dibawa Spanyol di Piala Eropa 2020. Uniknya, pemain Real Madrid itu masuk dalam skuat Spanyol di Olimpiade Tokyo 2020. Kompetisi tersebut akan menjadi ajang pembuktian bagi Asensio agar dapat bersaing di skuad Spanyol untuk berlaga di Piala Dunia 2022 nanti. 

Pemain berusia 25 tahun itu sudah memberikan penampilan sebanyak 26 kali bagi La Furia Roja sejak tahun 2016 lalu. Asensio dipercaya akan menjadi sosok penting di lini depan Spanyol dalam ajang Olimpiade Tokyo 2020. 

6. Dani Alves - Brasil

7 Pesepak Bola Top di Olimpiade Tokyo 2020 yang Berstatus Over-Agedpotret Dani Alves bersama Timnas Brasil (foottheball.com)

Nama Dani Alves memang tak bermain di ajang Copa America 2021 yang baru saja berakhir beberapa waktu lalu. Meskipun begitu, dia ditunjuk menjadi kapten utama Brasil di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Pemain berusia 38 tahun itu merupakan bek sayap kanan Sao Paulo saat ini. 

Dani Alves sendiri sudah mengabdi bagi Brasil sejak tahun 2006 dan sudah memberikan penampilan sebanyak 118 kali. Dalam karier sepak bolanya, dia sudah pernah membela beberapa klub top seperti Barcelona Sevilla, Juventus, hingga Paris Saint-Germain. 

7. Eric Bailly - Pantai Gading

7 Pesepak Bola Top di Olimpiade Tokyo 2020 yang Berstatus Over-Agedpotret Eric Bailly bersama Timnas Pantai Gading (90min.com)

Fans Manchester United pastinya tak asing lagi dengan sosok Eric Bailly. Pemain asal Pantai Gading itu masuk dalam skuad negaranya di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Memang, pemain berusia 27 tahun itu menjadi sosok yang penting di lini pertahanan Pantai Gading dalam beberapa tahun terakhir. 

Setidaknya Bailly sudah memberikan penampilan bagi negaranya sebanyak 36 kali sejak tahun 2016. Lulusan akademi Espanyol itu dipercaya akan menjadi sosok penting bagi Pantai Gading di Olimpiade Tokyo 2020 saat menghadapi Arab Saudi, Jerman, dan Brasil.

Nah, itu dia 7 pesepak bola top di Olimpiade Tokyo 2020 yang berstatus over-aged. Memang, jasa ketujuh pemain tersebut masih sangat dibutuhkan agar dapat meraih medali emas dalam cabang olahraga tersebut. Adakah pemain di atas yang akan meraih medali emas di ajang Olimpiade Tokyo 2020?

Baca Juga: Ada yang Masih 11 Tahun, Ini Dia 6 Atlet Belia di Olimpiade Tokyo

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya