6 Pesepak Bola Top yang Resmi Pensiun di Tahun 2021, Robben Terbaru!

Mulai dari Wayne Rooney hingga Arjen Robben

Saat ini, dunia sepak bola sudah memasuki musim 2021/2021 yang mana jendela transfer sudah dimulai. Berbagai klub sudah mulai mendekati para pemain incaran mereka untuk memperkuat skuadnya. Disisi lain, ada juga beberapa pesepak bola yang sudah memutuskan untuk pensiun pada tahun 2021 ini. 

Pastinya hal tersebut menjadi kesedihan tersendiri bagi para fans mereka melihat pemain favoritnya pensiun sebagai pemain. Berikut 6 pesepak bola top yang resmi pensiun pada tahun 2021. 

1. Wayne Rooney

6 Pesepak Bola Top yang Resmi Pensiun di Tahun 2021, Robben Terbaru!potret Rooney bersama Manchester United (reddevilarmada.com)

Wayne Rooney sebenarnya sudah memutuskan pensiun pada pertengahan Januari 2021 di klub Derby County. Setelah mengumumkan kepensiunannya, Rooney langsung ditunjuk sebagai manajer Derby County. Tugas yang cukup berat saat ini sedang ditempuh Rooney mengingat klub yang ditanganinya juga berambisi agar dapat lolos ke Premier League musim depan. 

Dalam sejarahnya, legenda Manchester United itu sudah memberikan 1 trofi Liga Champions, 5 trofi Premier League, hingga 1 trofi Piala FA. Bersama timnas Inggris, Rooney bersama sudah memberikan sebanyak 120 kali. 

2. Antonio Valencia

6 Pesepak Bola Top yang Resmi Pensiun di Tahun 2021, Robben Terbaru!potret Antonio Valencia bersama Manchester United (90min.com)

Antonio Valencia merupakan pemain Ekuador yang telah lama bermain bagi Manchester United. Dia mengabdi bagi Manchester United pada tahun 2009 hingga 2019. Pada 12 Mei 2021, dia resmi memutuskan untuk pensiun di klub terakhir Querétaro FC yang merupakan klub asal Meksiko.

Dia sudah memberikan penampilan sebanyak 98 kali bagi timnas Ekuador. Dia sendiri merupakan lulusan akademi Nacional yang berhasil diorbitkan oleh klub Villarreal di Eropa. Dia sudah berhasil meraih 1 Piala FA, 2 trofi Premier League, 1 Liga Europa, dan 2 trofi Piala Liga. 

3. Arjen Robben

6 Pesepak Bola Top yang Resmi Pensiun di Tahun 2021, Robben Terbaru!potret Arjen Robben bersama Bayern Munich (bundesliga.com)

Baru-baru ini, Arjen Robben memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola sebagai seorang pemain. Dia memutuskan untuk pensiun di klub masa kecilnya, yaitu FC Groningen. Sebelumnya, Robben sempat career break setelah meninggalkan Bayern Munich selama satu tahun. 

Dalam karier sepak bolanya, Robben pernah membela beberapa klub top seperti Bayern Munich, Chelsea, Real Madrid, hingga PSV. Dia juga sudah memberikan penampilan bagi timnas Belanda sebanyak 96 kali sejak tahun 2003. 

Baca Juga: Arjen Robben, Si Jagoan Gocekan Melipir Akhirnya Pensiun

4. Yohan Cabaye

6 Pesepak Bola Top yang Resmi Pensiun di Tahun 2021, Robben Terbaru!potret Yohan Cabaye bersama Paris Saint-Germain (mbsoccerevents.com)

Yohan Cabaye merupakan mantan pemain timnas Prancis yang memiliki segudang pengalaman. Dalam karier sepak bolanya, dia pernah membela Paris Saint-Germain, LOSC Lille, hingga Newcastle. Dia memutuskan untuk pensiun di usianya yang ke-35 dengan status bebas transfer pada Februari 2021 lalu. 

Sebelumnya, klub terakhir yang dibelanya ialah Saint-Étienne yang mana dia meninggalkan klub tersebut pada Juli 2020 lalu. Bersama timnas Prancis, Cabaye telah memberikan penampilan sebanyak 48 kali sejak tahun 2010 lalu. 

5. Sami Khedira

6 Pesepak Bola Top yang Resmi Pensiun di Tahun 2021, Robben Terbaru!potret Sami Khedira bersama Real Madrid (world-today-news.com)

Fans Jerman pastinya tak asing lagi dengan sosok Sami Khedira. Dia sudah memberikan penampilan sebanyak 77 kali bagi timnas Jerman sejak 2009 lalu. Dia sendiri memutuskan untuk gantung sepatu pada 1 Juli 2021 lalu dengan klub terakhir yang dibela adalah Hertha BSC. 

Dalam karier sepak bolanya, dia pernah membela beberapa klub top seperti Real Madrid dan Juventus. Lulusan akademi VfB Stuttgart pernah meraih berbagai trofi, mulai dari Piala Dunia, Liga Champions, LaLiga, hingga Serie A.

6. Goran Pandev

6 Pesepak Bola Top yang Resmi Pensiun di Tahun 2021, Robben Terbaru!potret Goran Pandev bersama Inter Milan (sempreinter.com)

Goran Pandev merupakan andalan timnas Makedonia Utara di lini depan dalam ajang Piala Eropa 2020. Sayangnya, setelah kompetisi tersebut, dia memutuskan untuk gantung sepatu. Sedangkan klub terakhir yang dibelanya ialah Genoa. 

Dalam sejarah kariernya, Pandev pernah membela klub ternama seperti Inter Milan, Napoli, Lazio, hingga Galatasaray. Bersama timnas Makedonia Utara, Pandev sudah memberikan penampilan sebanyak 122 kali sejak tahun 2001 lalu. 

 

Nah, itu dia 6 pesepak bola top yang pensiun pada tahun 2021. Pastinya kita semua akan merindukan aksi keenam pesepak bola tersebut di lapangan. Adakah pemain favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: Sudah Jadi Legenda Klub, 10 Pemain Ini Justru Pensiun di Klub Lain

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya