6 Pesepak Bola Top yang Bermain di EFL Championship Inggris

Pernah menjadi pemain andalan klub besar

Pada umumnya, para pesepak bola menginginkan bermain di liga kasta tertinggi suatu negara. Begitu pula dengan para pemain yang sedang membela klub-klub yang ada di Inggris. Meskipun begitu, ada beberapa pemain top yang rela bermain di divisi kasta kedua Inggris, EFL Championship.

Banyak faktor yang menyebabkan hal ini dapat terjadi terhadap pemain top, mulai dari klubnya yang baru saja terdegradasi atau tak dapat bersaing di klub lamanya. Berikut ini enam pesepak bola top yang bermain di EFL Champioship. Siapa saja?

1. Tim Krul - Norwich City

6 Pesepak Bola Top yang Bermain di EFL Championship Inggristheathletic.com

Nama Tim Krul pastinya sudah tak asing lagi bagi para penggemar bola. Dia merupakan mantan kiper timnas Belanda, yang pada tahun ini namanya tak dipanggil lagi oleh timnas. Hal ini tak lepas dari pengaruh Norwich City berada di juru kunci Premier League musim lalu sehingga klub tersebut harus terdegradasi.

Tim Krul harus rela posisinya di timnas digantikan oleh nama-nama muda seperti Marco Bizot dan Jeroen Zoet pada tahun ini. Pemain berusia 32 tahun tersebut tampil gemilang di musim ini, sehingga membawa Norwich City berada di puncak klasemen Championship per 22 Desember 2020.

2. Asmir Begovic - AFC Bournemouth

6 Pesepak Bola Top yang Bermain di EFL Championship Inggris90min.com

Satu lagi kiper top yang menjadi korban degradasi Premier League musim lalu ialah Asmir Begovic. Uniknya, Bournemouth terdegradasi saat meminjamkan Begovic ke AC Milan selama enam bulan. Pemain berusia 33 tahun ini merupakan kiper utama timnas Bosnia-Herzegovina hingga saat ini.

Begovic juga berhasil tampil cemerlang sejauh ini di Championship dan berhasil membawa AFC Bournemouth berada di posisi kedua klasemen per 22 Desember 2020. Begovic sendiri pernah tampil di beberapa klub besar seperti Chelsea dan AC Milan.

3. Andrew Ayew - Swansea City

6 Pesepak Bola Top yang Bermain di EFL Championship Inggrisswanseacity.com

Nama pemain top lainnya yang bermain di Championship ialah Andrew Ayew. Pemain berusia 31 tahun ini merupakan penyerang andalan timnas Ghana hingga saat ini. Dia merupakan top skor Piala Afrika tahun 2015.

Ayew sendiri merupakan lulusan akademi Marseille, yang hijrah ke Swansea pada tahun 2015. Gaya bermainnya menjadi momok menakutkan bagi pemain bertahan, salah satu kelebihannya di lapangan adalah mampu membawa bola dengan cepat ke daerah lawan.

Baca Juga: Roses Derby, Ini 5 Pemain Top yang Sempat Bela MU dan Leeds United

4. Obi Mikel - Stoke City

6 Pesepak Bola Top yang Bermain di EFL Championship Inggristoday.ng

Para penggemar Chelsea pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Obi Mikel. Pemain berusia 33 tahun ini pernah membela Chelsea selama 11 tahun.

Gelar Premier League dan Liga Champions Eropa bahkan pernah ia raih bersama The Blues. Pemain timnas Nigeria ini telah memperoleh penampilan sebanyak 89 kali sejak tahun 2005.

Walaupun penampilannya sudah tak secemerlang saat di Chelsea, Obi Mikel masih dipercaya sebagai gelandang tengah Stoke City saat ini. Per 22 Desember 2020, Stoke City menempati urutan ke-7 dengan selisih 10 poin dari pemuncak klasemen, Norwich City.

5. Ben Foster - Watford

6 Pesepak Bola Top yang Bermain di EFL Championship Inggriswatfordobserver.co.uk

Korban degradasi Premier League lainnya yang berposisi sebagai penjaga gawang ialah Ben Foster. Namanya sempat tenar ketika membela timnas Inggris sejak tahun 2008-an.

Setidaknya, dia sudah tampil sebanyak delapan kali bersama timnas Inggris pada waktu itu sebagai kompetitor Joe Hart. Saat ini, Ben Foster masih menjadi tumpuan utama dalam menjaga gawang Watford di Championship.

Watford masih berpeluang dapat meraih promosi ke Premier League lagi mengingat saat ini klub tersebut berada di posisi kelima per 22 Desember 2020. Ia juga pernah membela klub besar Manchester United walaupun harus menghabiskan dua tahun sebagai pinjaman ke Watford pada tahun 2005.

6. Tom Cleverley - Watford

6 Pesepak Bola Top yang Bermain di EFL Championship Inggrispremierleague.com

Nama Tom Cleverley digadang-gadang akan menjadi suksesor Paul Scholes pada beberapa tahun lalu. Memang, lulusan akademi Manchester United ini mampu memberikan penampilan yang mengesankan pada tahun 2011 hingga 2014.

Sayangnya, pemain ini kalah bersaing semenjak United berganti pelatih dan lebih sering dipinjamkan ke klub lain seperti Aston Villa, Wigan, hingga Leicester City, untuk menemukan peforma terbaiknya. 

Pada tahun 2012, dia juga dipercaya untuk membela timnas Inggris sebanyak 13 kali. Penampilannya pada saat itu dapat dikatakan sangat memuaskan sebagai pemain tengah. Kariernya mulai menurun sejak kepindahannya ke klub Everton pada tahun 2015.

 

Nah, itu dia enam pemain top yang saat ini bermain di divisi Championship. Uniknya, klub-klub mereka menargetkan untuk mendapatkan promosi ke Premier League musim depan. Kira-kira, pemain mana saja yang berhasil membawa timnya promosi musim depan ya?

Baca Juga: Miris! 10 Mantan Pemain Top Ini Tidak Punya Klub!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya