6 Pesepak Bola Top yang Merupakan Lulusan Akademi Sao Paulo

Ada siapa saja ya lulusan akademi Sao Paulo?

Per 8 Januari 2020, Sao Paulo masih memimpin Seria A Brasil dengan perolehan 56 poin. Memang, Sao Paulo merupakan salah satu raksasa di negara Brasil dari masa ke masa. Tak hanya tampil gemilang di liga Brasil, klub ini juga mempunyai akademi yang sangat bagus.

Banyak sekali lulusan akademi Sao Paulo yang menjadi bintang di liga-liga top Eropa. Beberapa di antaranya bahkan ada yang menjadi yang terbaik di posisinya pada klub masing-masing. Berikut 6 pesepak bola top yang merupakan lulusan akademi Sao Paulo. 

1. Lucas Moura - Tottenham

6 Pesepak Bola Top yang Merupakan Lulusan Akademi Sao Paulomykhel.com

Penggemar sepak bola pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Lucas Moura. Saat ini, dia merupakan gelandang serang andalan Tottenham Hotspur. Dia pernah membela klub besar Eropa lainnya seperti Paris Saint-Germain.

Lucas Moura mengawali karier sepak bolanya bersama Sai Paulo U-17. Pada tahun 2010, dia berhasil dipromosikan di skuad senior Sao Paulo. Berkat penampilannya yang sangat gemilang pada saat itu, dia direkrut oleh Paris Saint-Germain pada tahun 2013.

2. Henrikh Mkhitaryan - AS Roma

6 Pesepak Bola Top yang Merupakan Lulusan Akademi Sao Pauloindosport.com

Henrikh Mkhitaryan merupakan pemain asal Armenia yang saat ini membela AS Roma. Dia pernah membela beberapa klub besar lainnya seperti Manchester United, Arsenal, hingga Borussia Dortmund. Pemain berusia 31 tahun ini sudah tampil bagi Armenia sebanyak 88 kali.

Dia merupakan lulusan Sao Paulo U-17 yang dipinjamkan dari akademi klub asal negaranya, FC Pyunik. Dia hanya berlatih selama 3 bulan di akademi klub raksasa Brasil tersebut.

3. Oscar - Shanghai SIPG

6 Pesepak Bola Top yang Merupakan Lulusan Akademi Sao Paulochinadailyhk.com

Oscar merupakan mantan bintang klub raksasa Inggris, Chelsea. Saat ini, Oscar membela klub raksasa asal Tiongkok, yaitu Shanghai SIPG. Oscar lahir di Americana dan mengawali karier sepak bolanya di Sao Paulo U-17.

Dia dipromosikan ke tim senior Sao Paulo pada tahun 2008. Dia sempat pindah ke rival Sao Paulo, yaitu Internacional pada tahun 2010. Berkat penampilannya yang gemilang di Seria A Brasil, Chelsea merekrutnya pada tahun 2012 dan sejak itu dia menjadi bintang klub asal London tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Akademi Arsenal yang Memulai Debut di Bawah Asuhan Unai Emery

4. Emerson - Barcelona & Real Betis

6 Pesepak Bola Top yang Merupakan Lulusan Akademi Sao Paulofcbarcelonanoticias.com

Emerson merupakan pemain FC Barcelona yang dipinjamkan ke Real Betis pada musim ini. Pemain berusia 21 tahun tersebut berposisi sebagai bek sayap kanan atau pemain sayap. Dia mengawali karier sepak bolanya di akademi klub kota kelahirannya, Sao Paulo U-17.

Pada tahun 2014, dia memutuskan untuk berpindah akademi ke Ponte Preta U-17 sebelum akhirnya dia dipromosikan ke klub senior pada tahun 2017. Penampilannya yang sangat agus di Seria A Brasil membuat dia direkrut oleh Atletico Mineiro pada 2018 sebelum akhirnya dia hijrah ke Spanyol.

5. Ederson Moraes - Manchster City

6 Pesepak Bola Top yang Merupakan Lulusan Akademi Sao Paulomancitycore.com

Kiper nomor satu di Manchester City ini ternyata lulusan Sao Paulo. Ederson Moraes merupakan kiper terbaik di Premier League pada musim lalu dengan perolehan clean sheets terbanyak. Kiper berusia 27 tahun ini sangat baik dalam mengatur serangan dari lini belakang. 

Dia mengawali kariernya di Sao Paulo U-17 sebelum akhirnya pindah ke Benfica U-17. Sempat dibuang ke Rio Ave FC, akhirnya Ederson dipanggil kembali ke Benfica. Penampilannya yang sangat bagus membuat Ederson direkrut oleh Manchester City pada tahun 2017.

6. Eder Militao - Real Madrid

6 Pesepak Bola Top yang Merupakan Lulusan Akademi Sao Pauloeurosport.com

Eder Militao merupakan pemain yang direkrut dari FC Porto pada tahun 2019 lalu. Walaupun jarang bermain di Real Madrid, dia masih dipercaya untuk membela Timnas Brasil. Militao memang kesulitan untuk bersaing dengan bek tengah lainnya seperti Sergio Ramos, Raphael Varane, hingga Nacho Fernandez.

Militao mengawali kariernya di Sao Paulo U-17 sebelum dia dipromosikan ke Sao Paulo B. Dia mulai bergabung dengan tim senior Sao Paulo pada tahun 2017. Penampilannya yang gemilang pada saat itu membuat FC Porto merekrutnya pada tahun depannya.

Nah, itu dia 6 pesepak bola top yang ternyata merupakan lulusan akademi Sao Paulo. Memang, Sao Paulo tak hanya gemilang di Seria A Brasil saja, melainkan juga mampu menciptakan nama-nama besar. Adakah salah satu pemain favoritmu dalam daftar lulusan akademi Sao Paulo di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Lulusan Akademi Chelsea yang Berkembang Bersama Klub Lain

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya