Comscore Tracker

7 Pesepak Bola Top yang Ternyata Pernah Membela Southampton

Ada bek tangguh timnas Belgia dan Belanda

Southampton merupakan salah satu klub papan tengah di Premier League. Klub tersebut sangat disegani oleh klub-klub lainnya karena kerap mengalahkan klub-klub papan atas. Selain itu, Southampton juga dikenal dengan akademinya yang sangat baik.

Ada juga yang menyebut Southampton dengan julukan 'akademi Liverpool' karena banyak sekali pemain klub yang direkrut Liverpool sebelum bersinar. Tidak hanya ke Liverpool, sebenarnya ada beberapa pesepak bola top lainnya yang ternyata pernah bermain di Southampton.

Berikut ini tujuh pesepak bola top yang pernah membela Southampton sebelum akhirnya bersinar. Ada siapa saja?

1. Virgil van Dijk (Liverpool)

7 Pesepak Bola Top yang Ternyata Pernah Membela Southamptonfootballfrenzie.com

Tak usah diragukan lagi kemampuan bertahan bek tengah Liverpool yang satu ini. Van Dijk merupakan salah satu bek tengah terbaik di dunia saat ini.

Sebelum bersinar di Liverpool, dia pernah membela Southampton dari tahun 2015—2018. Van Dijk sendiri merupakan lulusan akademi Willem II yang merupakan klub asal Belanda.

Sebelum hijrah ke Southampton, dia sendiri pernah membela Celtic selama dua tahun. Van Dijk sendiri dikabarkan masih akan absen untuk beberapa bulan ke depan akibat cedera setelah bertabrakan dengan Jordan Pickford dalam Derby Merseyside.

2. Gareth Bale (Tottenham)

7 Pesepak Bola Top yang Ternyata Pernah Membela Southamptonexpressandstar.com

Garet Bale merupakan lulusan akademi Southampton yang dipromosikan ke tim utama pada tahun 2006. Penampilannya yang bagus pada saat itu membuat Tottenham tertarik untuk merekrutnya pada tahun 2007. Tampil gemilang sebagai bek sayap kiri dan pemain sayap, membuat Real Madrid tertarik untuk mendatangkannya pada tahun 2013.

Garet Bale sendiri cukup bertahan lama di klub raksasa Spanyol tersebut, yaitu tujuh tahun. Pada Juni 2020, dia dipulangkan kembali oleh Tottenham setelah kalah bersaing di skuat utama Real Madrid di musim sebelumnya.

3. Luke Shaw (Manchester United)

7 Pesepak Bola Top yang Ternyata Pernah Membela Southamptonexpress.co.uk

Luke Shaw merupakan bek kiri andalan Manchester United saat ini. Dia didatangkan dari Southampton pada tahun 2014 lalu. Pemain berusia 25 tahun ini merupakan lulusan akademi Southampton dan dipromosikan di skuat utama pada tahun 2012.

Luke Shaw juga kerap dipanggil timnas Inggris untuk menjalani berbagai macam kompetisi. Shaw digadang-digadang akan menjadi salah satu bek kiri terbaik Inggris dalam beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Southampton, Jago Cari Untung!

4. Theo Walcott (Southampton)

7 Pesepak Bola Top yang Ternyata Pernah Membela Southamptonsouthamptonfc.com

Theo Walcott merupakan mantan pemain sayap timnas Inggris yang merupakan lulusan akademi Southampton. Dia dipromosikan di skuad utama pada tahun 2005. Hanya butuh satu tahun saja untuk menarik perhatian Arsenal, sehingga dia resmi pindah ke London pada tahun 2006.

12 tahun bermain untuk Arsenal, dia hijrah ke Everton pada tahun 2018. Di Everton, dia hanya bermain selama dua tahun sebelum akhirnya kembali klub awalnya Southampton hingga saat ini.

5. Sadio Mane (Liverpool)

7 Pesepak Bola Top yang Ternyata Pernah Membela Southamptontalksport.com

Sadio Mane merupakan salah penyerang sayap yang paling tajam saat ini. Hingga pekan ke-17 Premier League, dia telah mencetak 6 gol dan 4 assist. Dia direkrut oleh Liverpool dari Southampton pada tahun 2016.

Sebelum hijrah ke Southampton pada 2014, dia merupakan pemain klub asal Jerman, RB Salzburg. Pemain berkebangsaan Senegal ini merupakan talenta yang berhasil didatangkan oleh FC Metz dari negaranya.

6. Toby Alderweireld (Tottenham Hotspur)

7 Pesepak Bola Top yang Ternyata Pernah Membela Southamptonskysports.com

Bek tangguh Tottenham, Toby Alderweireld, merupakan salah satu pemain yang pernah membela Southampton. Dia merupakan pemain pinjaman dari Atletico Madrid pada tahun 2014—2015. Penampilannya yang bagus selama masa peminjaman membuat Tottenham Hotspur membelinya pada bursa transfer musim panas tahun 2015.

Pemain berusia 31 tahun tersebut juga dipercaya membela timnas Belgia dan sudah memberikan penampilan sebanyak 104 kali. Dia merupakan bek andalan timnas Belgia bersama Dedryck Boyata saat ini.

7. Victor Wanyama (Montreal Impact)

7 Pesepak Bola Top yang Ternyata Pernah Membela Southamptonstandardmedia.co.ke

Victor Wanyama merupakan pemain berkebangsaan Kenya yang saat ini membela klub MLS, yaitu Montreal Impact. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan tersebut pernah membela beberapa klub besar seperti Tottenham Hotspur. Sebelum hijrah ke Tottenham, dia merupakan pemain Southampton selama tiga tahun.

Pemain berusia 29 tahun tersebut merupakan kapten timnas Kenya saat ini. Wanyama juga memiliki dua saudara laki-kali yang juga merupakan pesepak bola, yaitu McDonald Mariga dan Thomas Khumba Wanyama.

 

Nah, itu dia tujug pesepak bola top yang membela Southampton sebelum akhirnya bersinar di klub lain. Memang, Southampton dikenal dengan program pengembangan pemain yang sangat baik. Tak heran, jika nama-nama besar pernah membela klub ini. 

Baca Juga: 10 Lulusan Terbaik Akademi Southampton, Ada yang Kamu Tahu dan Ingat? 

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya