5 Pesepak Bola yang Pernah Terkena Kasus Hukum yang Serius

Termasuk Benjamin Mendy yang dibekukan Manchester City!

Pemain pesepak bola dituntut agar tidak melanggar hukum demi tidak menganggu performanya di lapangan. Pastinya menjadi sebuah kerugiaan tersendiri bagi klub jika terdapat pemainnya yang terkena jeratan hukum dan bahkan harus mendekam di penjara. Uniknya, terdapat beberapa pesepak bola yang pernah mengalami hal tersebut. 

Sejauh ini, terdapat beberapa pesepak bola yang pernah terkena kasus hukum yang serius. Bahkan beberapa di antaranya harus mendekam di penjara. Kira-kira siapa saja pesepak bola tersebut? Yuk simak penjelasannya. 

1. Adam Johnson - Sunderland

5 Pesepak Bola yang Pernah Terkena Kasus Hukum yang Seriuspotret Adam Johnson bersama Sunderland (marca.com)

Adam Johnson merupakan pemain asal Inggris yang pernah membela Manchester City dan Sunderland. Di puncak kariernya bersama Sunderland pada tahun 2012 hingga 2016, dia harus terkena kasus hukum yang sangat berat. Adam Johnson didakwa telah melakukan kekerasan seksual terhadap gadis berusia 15 tahun. 

Di sisi lain, kekasih Adam Johnson juga dikabarkan sedang mengandung anaknya pada saat kasus tersebut berlangsung. Dia resmi ditangkap pada awal Maret 2015 dan sejak saat itu dia sudah tak berstatus pemain Sunderland lagi. Meskipun dituntut 6 tahun, Adam Johnson keluar penjara pada tahun 2019 walau pada akhirnya tidak meneruskan kariernya sebagai pesepak bola sejauh ini. 

2. Benjamin Mendy - Manchester City

5 Pesepak Bola yang Pernah Terkena Kasus Hukum yang SeriusBenjamin Mendy. (onzemondial.com)

Baru-baru ini, fans Manchester City dikejutkan dengan dibekukannya salah satu pemain bertahan mereka, Benjamin Mendy. Padahal, pada awal musim ini Mendy sempat dipercaya bermain di beberapa pertandingan. Mendy dikabarkan terlibat kasus pelecehan seksual dan perkosaan di antara Oktober 2020 hingga Agustus 2021. 

Kasus Mendy sendiri ditangani oleh Cheshire Constabulary and the Crown Prosecution Service. Di sisi lain, Manchester City tampaknya harus segera mencari bek kiri baru di samping menunggu kesepakatan dengan Juventus untuk memboyong Cristiano Ronaldo. 

3. Gavin Grant - Bradford

5 Pesepak Bola yang Pernah Terkena Kasus Hukum yang Seriuspotret Gavin Grant (thetelegraphandargus.co.uk)

Dapat dikatakan kasus Gavin Grant merupakan kasus terberat bagi pesepak bola yang pernah dihukum. Dia terlibat dalam sebuah pembunuhan seseorang yang bernama Leon "Playboy" Labastide, dilansir The Guardian. Pembunuhan tersebut dilakukannya sebelum dia memasuki dunia sepak bola profesional. 

Dia membunuh temannya itu pada tahun 2004 dan terbukti bersalah pada awal tahun 2007. Dalam karier sepak bolanya, dia bermain di klub-klub Championship seperti Millwall, Wycombe, dan Bradford. Klub sepak bola terakhir yang dibelanya ialah Bradford.

4. Joey Barton

5 Pesepak Bola yang Pernah Terkena Kasus Hukum yang Seriuspotret Joey Barton saat melatih Bristol Rovers (365bristol.com)

Lulusan akademi Manchester City, Joey Barton, juga merupakan mantan pesepak bola yang harus terkena kasus hukum yang berat. Dia sendiri diduga melakukan kekerasan rumah tangga di rumahnya yang ada di London. Istrinya sendiri diketahui mengalami luka di bagian kepala akibat kekerasan yang diduga dilakukan oleh Barton. 

Terbukti bersalah, dia ditangkap oleh pihak kepolisian setempat pada awal Juni 2021 lalu. Padahal, dia pun masih menjabat sebagai salah satu klub Inggris yang bermain di League Two, yaitu Bristol Rovers. 

5. Ched Evans

5 Pesepak Bola yang Pernah Terkena Kasus Hukum yang Seriuspotret Ched Evans (lep.co.uk)

Saat ini, Ched Evans merupakan pemain Preston yang bermain di Championship. Lulusan akademi Manchester City itu pernah terkena kasus pemerkosaan yang mengakibatkan dirinya harus mendekam di penjara. Kala itu, dia dinyatakan bermasalah pada April 2012 dan dijatuhi hukuman 4 tahun penjara. 

Evans sendiri dibebaskan lebih awal pada Oktober 2014. Uniknya, persidangan ulang telah dilakukan pada Oktober 2016 dan menyatakan bahwa Ched Evans tidak terbukti bersalah atas tuduhan perkosaan. Sejak terbukti tak bersalah, dirinya menjadi percaya diri untuk melanjutkan kariernya sebagai pesepak bola. 

 

Itu dia 5 pemain yang pernah terkena kasus hukum yang sangat serius. Beberapa pemain tersebut bahkan harus mendekam di penjara. Meskipun begitu, ada juga pesepak bola yang telah dihukum walau pada akhirnya terbukti tak bersalah seperti Ched Evans. 

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Top yang Mempunyai Nama Mendy, Siapa Favoritmu?

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya