Comscore Tracker

Piala Dunia 2022 Qatar Resmi Jadi yang Termahal Sepanjang Sejarah

Biaya Rp3,3 kuadriliun sudah disiapkan Pemerintah Qatar

Piala Dunia 2022 Qatar akan dimulai pada, Minggu (20/11/2022) mendatang. Kerajaan Qatar sendiri sedang mengejar target pembangunan terkait kesiapan infrastruktur Piala Dunia 2022, seperti renovasi stadion hingga perampungan pembangunan stadion baru. 

Menariknya, Qatar sendiri telah mengeluarkan dana yang sangat besar untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Setidaknya, Qatar harus mengeluarkan dana sebesar Rp3,3 kuadriliun untuk mempersiapkan diri sebagai tuan rumah turnamen sepak bola terbesar di dunia tersebut. 

Bahkan, Piala Dunia 2022 Qatar resmi termahal sepanjang sejarah, lho! Fantastis!

1. Qatar melampaui pengeluaran Brasil saat menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014

Kerajaan Qatar sudah mengeluarkan dana sebesar 229 miliar euro atau Rp3,3 kuadriliun untuk turnamen Piala Dunia 2022. Fakta ini membuat Piala Dunia 2022 Qatar resmi menjadi turnamen Piala Dunia termahal dalam sejarah penyelenggaraannya.

Piala Dunia 2022 melampui pengeluaran Brasil saat menjadi tuan rumah pada 2014 lalu. Kala itu, Piala Dunia 2014 Brasil menghabiskan biaya sebesar 15,6 miliar euro atau Rp227 triliun. 

2. Pembangunan dan renovasi stadion membutuhkan daa hingga Rp152 triliun

Piala Dunia 2022 Qatar Resmi Jadi yang Termahal Sepanjang Sejarahilustrasi trofi Piala Dunia (wallpaperbetter.com)

Biaya terkait pembangunan stadion baru dan renovasi stadion yang sudah ada membutuhkan dana yang besar. Biaya untuk stadion yang akan digunakan di Piala Dunia 2022 mencapai 6,5 hingga 10 juta dolar AS, dilansir Deccan Herald.

Jika dirupiahkan, angka ini setara Rp99 triliun hingga Rp152 triliun. Dana pengeluaran Piala Dunia Qatar ini dikaitkan dengan rencana jangka panjang Qatar 2030 untuk menjadikan Qatar sebagai pusat inovasi global terkait infrastruktur dan sistem transportasi.

Baca Juga: Profil Stadion Venue Piala Dunia Qatar 2022, Ada Berbahan Kontainer

3. Qatar memberlakukan peraturan yang ketat di Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 Qatar Resmi Jadi yang Termahal Sepanjang Sejarahbendera Qatar (pixabay.com/QuinceCreative)

Hukum negara bagian Qatar telah melarang hubungan seksual bagi pasangan yang belum menikah. Hukum negara menentukan tujuh tahun penjara bagi siapa saja yang melanggar. Orang asing yang menginjakkan kaki di Qatar juga diharapkan mematuhi hukum, termasuk para penonton asing yang menyaksikan laga-laga Piala Dunia 2022.

Di antara aturan lainnya, ada juga larangan ketat untuk minum dan berpesta setelah pertandingan. Qatar juga telah memeringatkan orang-orang untuk tidak membawa bendera pelangi (menunjukkan dukungan untuk komunitas LGBTQ) demi keselamatan mereka sendiri.

4. Skandal Qatar dalam menaungi para pekerja migran untuk Piala Dunia 2022

Qatar membangun tujuh stadion untuk putaran final Piala Dunia, bandara baru, sistem metro baru, serangkaian jalan baru, dan sekitar 100 hotel baru. Pemerintah Qatar mengatakan bahwa 30.000 pekerja asing telah dipekerjakan hanya untuk membangun stadion.

Sebagian besar pekerja asing tersebut berasal dari Bangladesh, India, Nepal, dan Filipina. Namun, pada akhir Agustus 2022 lalu terdapat laporan bahwa terdapat 60 buruh yang mengeluhkan upah yang belum dibayar. Beberapa pekerja mengatakan mereka belum dibayar selama tujuh minggu.

Selain itu, terdapat dugaan bahwa 6500 pekerja migran di Qatar tewas karena berbagai faktor. Mayoritas akibat sistem keselamatan kerja yang tak berfungsi dengan baik. Namun, Pemerintah Qatar telah menolak tuduhan tersebut. 

5. Pembagian grup Piala Dunia 2022 Qatar

Piala Dunia 2022 Qatar Resmi Jadi yang Termahal Sepanjang SejarahKalvin Phillips saat berlatih bersama Manchester City. (twitter.com/Kalvinphillips)

Babak penyisihan grup akan berlangsung dari 21 November hingga 2 Desember 2022 mendatang. Fase grup sendiri akan dimainkan selama 12 hari dengan waktu jeda rata-rata selama 3-4 hari.

Berikut pembagian grup Piala Dunia 2022 Qatar:

Grup A: Qatar, Ekuador, Senegal, Belanda

Grup B: Inggris, Iran, Amerika Serikat, Wales

Grup C: Argentina, Arab Saudi, Meksiko, Polandia

Grup D: Perancis, Australia, Denmark, Tunisia

Grup E: Spanyol, Kosta Rika, Jerman, Jepang

Grup F: Belgia, Kanada, Maroko, Kroasia

Grup G: Brasil, Serbia, Swiss, Kamerun

Grup H: Portugal, Ghana, Uruguay, Korea Selatan

Piala Dunia 2022 Qatar diyakini akan memberikan warna baru dalam dunia sepak bola. Negara mana yang jadi jagoanmu pada Piala Dunia 2022 Qatar mendatang?

Baca Juga: Bersiap Piala Dunia, Qatar Terapkan Wajib Militer untuk Warga Sipil

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya