Comscore Tracker

5 Pekerjaan Rumah Dean Smith untuk Cegah Norwich City Terdegradasi

Mampukah Dean Smith mencegah Norwich dari zona degradasi?

Baru-baru ini, mantan pelatih Aston Villa, Dean Smith, baru saja ditunjuk untuk menangani Norwich City. Saat ini, Norwich berada di posisi juru kunci klasemen sementara Premier League dengan mengoleksi 5 poin. Kedatangan Dean Smith ke markas Norwich City memberikan harapan baru untuk mengeluarkan klub tersebut dari zona degradasi.

Pastinya bukan perkara mudah bagi Dean Smith untuk mengeluarkan Norwich City dari zona degradasi. Terdapat beberapa pekerjaan rumah yang harus diselesaikannya terlebih dahulu jika ingin klubnya bertahan di Premier League musim depan. Kira-kira, apa saja hal tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Meraih poin sebanyak mungkin di laga-laga selanjutnya

5 Pekerjaan Rumah Dean Smith untuk Cegah Norwich City Terdegradasipotret para pemain Norwich City (90min.com)

Dari 11 laga yang dijalani Norwich, mereka hanya meraih 1 kemenangan dan 2 hasil imbang. Sementara itu, 8 laga sisanya berujung pada kekalahan. Musim 2021/2022 memang masih sangat panjang.

Hal pertama yang harus dilakukan oleh Dean Smith ialah merancang strategi agar mendapatkan banyak poin di laga-laga selanjutnya. Jika dilihat dari data klasemen Premier League tahun lalu, Burnley membutuhkan 39 poin agar dapat keluar dari zona degradasi.

Pada musim ini, Norwich City paling tidak memiliki target 39 poin layaknya yang diraih Burnley pada musim lalu. Dengan demikian, Dean Smith dapat merancang laga mana yang wajib mendapat 3 poin dan laga mana yang hanya cukup meraih 1 poin, seperti menghadapi tim besar.

2. Memanfaatkan momentum kemenangan terbaru Norwich City

5 Pekerjaan Rumah Dean Smith untuk Cegah Norwich City Terdegradasipotret Dean Smith (iambirmingham.co.uk)

Sebelum Daniel Farke angkat kaki dari markas Norwich City, dia memberikan kemenangan saat melawan Bentford. Kala itu, Norwich berhasil mencuri 3 poin di kandang Brenford dengan skor 1-2. Hal tersebut harus dimanfaatkan Dean Smith untuk membangkitkan kepercayaan diri para pemain Norwich City saat ini. 

Pemberian motivasi yang tinggi kepada para pemain pastinya merupakan hal yang wajib dilakukannya agar para pemain Norwich mampu tampil maksimal di setiap laga yang dijalani. Di sisi lain, Dean Smith sendiri dikenal sebagai pelatih dengan mental juara yang tinggi menurut para fans Norwich City. Pastinya bukan perkara yang sulit untuk membangkitkan mental para pemainnya.

Baca Juga: Terpuruk, 5 Pelatih yang Bisa Selamatkan Norwich dari Zona Degradasi

3. Memperkuat lini pertahanan Norwich

5 Pekerjaan Rumah Dean Smith untuk Cegah Norwich City Terdegradasipotret Billy Gilmour bersama Norwich City (pinkun.com)

Jika dilihat secara statistik, Norwich City merupakan klub dengan jumlah kebobolan terbanyak sejauh ini. Klub tersebut sudah kebobolan sebanyak 26 gol. Jika dilihat secara materi pemain, nama Grant Hanley dan Ozan Kabak sebenarnya sudah cukup untuk membawa Norwich City bersaing di zona papan bawah Premier League.

Dean Smith sendiri memiliki pekerjaan rumah untuk membuat lini pertahanan dan tengah Norwich City menjadi solid dalam bertahan. Hadirnya Billy Gilmour sebagai pemain pinjaman dari Chelsea harus bisa dimanfaatkan Dean Smith untuk melakukan harmoninasi antara lini pertahanan dan lini tengah saat bertahan.

4. Membuat lini tengah Norwich City menjadi kreatif

5 Pekerjaan Rumah Dean Smith untuk Cegah Norwich City Terdegradasipotret Kieran Dowell bersama Norwich City (bt.com)

Sebelum meraih kemenangan atas Brentford pada awal November 2021 lalu, Norwich City menjalani 20 laga tanpa merasakan kemenangan sekali pun. Hal tersebut disebabkan oleh minimnya shots on target yang diciptakan oleh para pemain Norwich. Kurang kreatifnya para pemain Norwich menjadi salah satu penyebab hal tersebut bisa terjadi. 

Dean Smith memiliki pekerjaan rumah untuk membuat lini tengah Norwich City lebih berani dalam menguasai bola lebih lama dan menciptakan serangan dari berbagai arah. Klub tersebut memiliki beberapa pemain tengah dan winger yang diyakini mampu dipoles Dean Smith seperti Billy gilmour, Kieran Dowell, dan Jacob Lungi Sörensen.

5. Memoles para pemain akademi Norwich City

5 Pekerjaan Rumah Dean Smith untuk Cegah Norwich City Terdegradasipotret Dean Smith (otbsports.com)

Saat masih melatih Aston Villa, Dean Smith berhasil mengorbitkan Jack Grealish. Bahkan, pada bursa transfer musim panas kemarin Grealish dinobatkan sebagai pemain asal Inggris termahal yang pernah dibeli di Premier League. Tak heran jika banyak para fans Norwich City berharap Dean Smith juga mampu mengorbitkan para pemain muda klubnya.

Sejauh ini, terdapat beberapa pemain potensial yang dapat dipoles oleh Dean Smith seperti Jacob Ramsey, Carney Chukwuemeka, dan Cameron Archer. Dean Smith dipercaya akan memberikan kesempatan bermain yang lebih banyak bagi ketiga pemain tersebut.

 

Itu dia 5 pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Dean Smith di klub barunya Norwich City. Bukan perkara mudah untuk mengatasi kelima hal di atas saat Norwich berada di posisi juru kunci. Akankah Dean Smith mampu mengeluarkan Norwich City dari zona degradasi musim ini?

Baca Juga: Angkat Kaki dari Aston Villa, 5 Fakta Menarik dari Dean Smith

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya