Comscore Tracker

Starting XI Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHS

Ada siapa saja, ya, kira-kira?

Beberapa hari lalu, International Federation of Football History and Statistics (IFFHS) baru saja merilis starting XI terbaik dalam sedekade terakhir. IFFHS merupakan sebuah organisasi yang menganalisis sejarah dan rekor dalam dunia sepak bola. Biasanya organisasi ini merilis penilaian-penilaian di awal tahun.

Salah satu kategori penilaian yang paling ditunggu-tunggu ialah starting XI. Berikut daftar nama pesepak bola terbaik dalam sedekade terakhir versi IFFHS.

Baca Juga: 5 Kiper Top asal Jerman Saat Ini, dari Bernd Leno hingga Manuel Neuer

1. Manuel Neuer - Jerman, Bayern Munchen

Starting XI Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHSoutlookindia.com

Berstatus sebagai juara Bundesliga berkali-kali, juara Piala Dunia 2014, dan Liga Champions 2020 membuat nama Manuel Neuer sangat layak masuk dalam kategori ini. Neuer sendiri sudah mengabdikan dirinya kepada Bayern Munchen selama hampir satu dekade.

Di Timnas Jerman, dia sudah dipercaya membela negaranya sejak 2009 atau kurang lebih 12 tahun. Selain cermat dalam mengamankan bola agar tidak masuk ke gawangnya, Neuer juga mempunyai kemampuan melempar bola dengan sangat akurat.

2. Philipp Lahm - Jerman, Bayern Munchen

Starting XI Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHS90min.com

Philipp Lahm merupakan salah satu legenda Bayern Munchen yang pensiun dari dunia sepak bola pada tahun 2017 lalu. Lahm membela Bayern Munchen sejak tahun 2005. Dia juga dipercaya untuk membela Timnas Jerman sejak tahun 2004 dan sudah mendapatkan caps sebanyak 113 kali.

Posisinya di klub dan negaranya ialah bek sayap kanan. Namun, jika diperlukan Lahm dapat bermain sebagai gelandang bertahan dan bek sayap kiri.

3. Sergio Ramos - Spanyol, Real Madrid

Starting XI Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHSen.as.com

Salah satu bek yang paling disegani oleh para striker ialah Sergio Ramos. Memang, Ramos memiliki gaya bertahan yang bagus dan tak tanggung-tanggung dalam melakukan tekanan keras terhadap lawan.

Pemain berusia 34 tahun tersebut merupakan kapten Timnas Spanyol yang sudah tampil sebanyak 178 kali. Ramos juga merupakan salah satu legenda Real Madrid dengan lama mengabdi selama 16 tahun.

4. Virgil van Dijk - Belanda, Liverpool

Starting XI Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHSthisisanfield.com

Nama van Dijk sendiri cukup tenar dalam beberapa tahun terakhir setelah menjuarai Liga Champions tahun 2019 dan Premier League musim 2019/2020 bersama Liverpool. Memang penampilannya di lini belakang sangatlah solid bersama pemain bertahan lainnya.

Pemain berusia 29 tahun tersebut merupakan pemain internasional Belanda. Hingga saat ini, dia sudah tampil sebanyak 34 kali bersama negaranya.

5. Marcelo - Brasil, Real Madrid

Starting XI Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHSessentiallysports.com

Bintang Real Madrid lainnya yang masuk dalam daftar starting XI terbaik sedekade terakhir ialah Marcelo. Pemain berusia 32 tahun ini berposisi sebagai bek sayap kiri. Marcelo merupakan pemain internasional Brasil sejak tahun 2006.

Bersama Timnas Brasil, dia sudah tampil sebanyak 58 kali. Marcelo sendiri dikenal sebagai pemain yang suka membantu dalam membangun serangan dengan memberikan umpan-umpan silang berbahaya.

6. Toni Kroos - Jerman, Real Madrid

Starting XI Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHS9sportpro.com

Salah satu pemain penting di lini tengah Real Madrid dan Timnas Jerman adalah Toni Kroos. Berbagai gelar telah didapatkannya selama 1 dekade terakhir, seperti Liga Champions, LaLiga, hingga Piala Dunia. Tak heran jika dirinya masuk dalam daftar ini.

Kroos sudah tampil bersama Timnas Jerman sebanyak 101 kali. Pemain berusia 31 tahun ini memiliki kemampuan mengatur tempo dan serangan yang sangat bagus.

7. Andres Iniesta - Spanyol, Barcelona

Starting XI Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHSthesefootballtimes.co

Mantan bintang Barcelona ini memang layak masuk ke dalam daftar ini. Pasalnya, Iniesta berperan penting dalam membantu Barcelona memenangkan berbagai gelar, seperti Liga Champions dan LaLiga. Selain itu, Iniesta juga merupakan kunci dari keberhasilan Spanyol dalam meraih gelar Piala Dunia 2010.

Saat ini, pemain berusia 36 tahun ini bermain untuk klub Jepang, Vissel Kobe. Sebelumnya, dia sudah mengabdi bersama Barcelona selama 22 tahun, baik di tim senior maupun akademi.

8. Luka Modric - Kroasia, Real Madrid

Starting XI Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHSbalkaneu.com

Luka Modric merupakan satu-satunya pemain asal Kroasia yang masuk dalam daftar ini. Pemain berusia 35 tahun tersebut masih dipercaya Zinedine Zidane untuk bermain di lini tengah Madrid saat ini.

Modric sudah tampil sebanyak 133 kali bersama Timnas Kroasia. Pada Piala Dunia 2018 lalu, Modric berperan penting dalam mengantarkan negaranya menjadi runner up ajang paling bergengsi tersebut.

9. Cristiano Ronaldo - Portugal, Juventus

Starting XI Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHSen.as.com

Nama Cristiano Ronaldo pastinya sudah tak asing lagi bagi para penggemar dunia sepak bola. Pemain berusia 35 tahun tersebut saat ini bermain klub raksasa Italia, Juventus. Sebelumnya, Ronaldo juga pernah membela dua klub raksasa lainnya, yaitu Real Madrid dan Manchester United.

Berbagai gelar telah dia dapatkan mulai dari LaLiga, Serie A, Liga Champions, hingga Piala Euro. Tak heran jika dia merupakan salah satu pemain terbaik dalam sedekade terakhir.

10. Lionel Messi - Argentina, Barcelona

Starting XI Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHSthebutlercollegian.com

Satu-satunya pemain Argentina yang masuk dalam daftar ini ialah Lionel Messi. Bintang Barcelona tersebut sering mendapatkan gelar top skor LaLiga dalam sedekade terakhir. Bersama Timnas Argentina, Messi dipercaya sebagai kapten dan sudah tampil sebanyak 142 kali.

Meskipun begitu, Messi sendiri belum mampu membawa negaranya unjuk gigi di ajang internasional seperti Piala Dunia. Terlepas dari hal tersebut, harus diakui bahwa Messi merupakan salah satu pesepak bola terbaik di dunia saat ini.

11. Robert Lewandowski - Polandia, Bayern Munchen

Starting XI Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHSskysports.com

Pemain terakhir yang masuk dalam daftar ini ialah Robert Lewandowski. Dia merupakan satu-satunya pemain Polandia yang masuk dalam starting XI terbaik sedekade terakhir versi IFFHS. Memang, Lewandowki berperan besar dalam mengantarkan Bayern Munchen menjuarai beberapa gelar, seperti Bundesliga dan Liga Champions.

Pemain berusia 32 tahun ini juga dipercaya menjadi kapten Timnas Polandia saat ini. Dia sudah membela negaranya sejak tahun 2008 dan sudah tampil sebanyak 116 kali.

 

Nah, itu dia daftar pemain yang masuk dalam starting XI terbaik dalam sedekade terakhir. Memang, daftar tersebut didominasi oleh nama-nama tua. Terlepas dair hal tersebut, apakah ada pemain favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 10 Pemain Polandia dengan Banderol Termahal Saat Ini, Lewandowski?

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya