Comscore Tracker

Terdegradasi dari Premier League, 5 Pemain Ini Ikut Piala Eropa 2020

Mereka berasal dari Sheffield United, West Brom, dan Fulham

Premier League merupakan salah satu kompetisi liga sepak bola yang paling paling kompetitif di dunia. Tak hanya kompetitif untuk memperebutkan jawara, melainkan juga kompetitif untuk keluar dari zona degradasi. Premier League 2020/2021 sudah berakhir dengan jawara Manchester City.

Di sisi lain, Sheffield United, West Brom, dan Fulham harus menerima kenyataan untuk bermain di Championship musim depan. Uniknya, terdapat beberapa pemain mereka yang tetap dipercaya untuk bermain di ajang Piala Eropa 2020. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya. 

1. Sam Johnstone - Inggris (West Brom)

Terdegradasi dari Premier League, 5 Pemain Ini Ikut Piala Eropa 2020potret Sam Johnstone bersama Timnas Inggris(wba.co.uk)

Sam Johnstone merupakan kiper andalan West Brom di sepanjang Premier League 2020/2021. Dari 37 penampilan bersama West Brom, dia sudah kebobolan sebanyak 74 kali dan hanya mampu memberikan 6 clean sheets saja. Uniknya, Gareth Southgate tetap memanggil dirinya untuk masuk ke dalam skuad Piala Eropa 2020.

Di skuad Inggris, terdapat 2 kiper lainnya, yaitu Jordan Pickford dan Dean Henderson. Southgate sendiri lebih memilih untuk memainkan Pickford di dua laga awal fase grup Piala Eropa 2020.

2. Okay Yokuslu - Turki (West Brom)

Terdegradasi dari Premier League, 5 Pemain Ini Ikut Piala Eropa 2020potret Okay Yokuslu bersama Timnas Turki(teamtalk.com)

Okay Yokuslu sebenarnya merupakan pemain pinjaman West Brom dari Celta de Vigo pada bursa transfer musim dingin Januari 2021 lalu. Pemain berusia 27 tahun itu berposisi sebagai gelandang bertahan di lapangan. Meski sudah tampil gemilang selama masa peminjaman, Yokuslu sendiri tidak bisa mengeluarkan West Brom dari zona degradasi Premier League.

Di timnas Turki, namanya menjadi andalan di dua laga pertama negaranya di fase grup Piala Eropa 2020. Yokuslu sendiri sudah tampil bersama timnas Turki sebanyak 36 kali sejak tahun 2015 lalu. 

Baca Juga: Tim Terdegradasi, 5 Pemain Ini Berpeluang Main Lagi di Premier League

3. John Fleck - Skotlandia (Sheffield United)

Terdegradasi dari Premier League, 5 Pemain Ini Ikut Piala Eropa 2020potret John Fleck bersama Timnas Skotlandia(skysports.com)

John Fleck merupakan pemain andalan Sheffield United di Premier League 2020/2021, tepatnya di posisi tengah. Meskipun tak mampu mengeluarkan Sheffield United sebagai juru kunci Premier League musim ini, namanya tetap dipercaya untuk memperkuat timnas Skotlandia. John Fleck sendiri sudah tampil bersama negaranya sejak tahun 2019 lalu dan sudah bermain sebanyak 5 kali.

Sayangnya, pada dua laga awal fase grup Piala Eropa 2020, dia belum sempat dimainkan. Pemain berusia 29 tahun itu kemungkinan besar akan dimainkan saat Skotlandia menghadapi Kroasia di laga ketiga fase grup Piala Eropa yang mana kemampuannya akan sangat berguna untuk merusak kreativitas lini tengah Kroasia.

4. Rhys Norrington-Davies - Wales (Sheffield United)

Terdegradasi dari Premier League, 5 Pemain Ini Ikut Piala Eropa 2020potret Rhys Norrington-Davies(lastwordonsports.com)

Rhys Norrington-Davies merupakan pemain Sheffield United yang pada musim 2020/2021 dipinjamkan ke Stoke City. Masa peminjamannya berakhir pada 31 Mei 2021 lalu sebelum Piala Eropa 2020 dimulai. Pemain berusia 22 tahun itu dipercaya untuk mengisi posisi bek kiri timnas Wales di ajang Piala Eropa 2020 yang sedang berlangsung.

Meskipun begitu, Rhys Norrington-Davies tidak mendapatkan kesempatan untuk bermain di 2 laga awal fase grup Piala Eropa 2020. Lulusan akademi Sheffield United itu sudah membela timnas Wales sebanyak 5 kali sejak Oktober 2020 lalu.

5. Marek Rodak - Slovakia (Fulham)

Terdegradasi dari Premier League, 5 Pemain Ini Ikut Piala Eropa 2020potret Marek Rodak bersama Timnas Slovakia(theathletic.com)

Marek Rodak memang jarang tampil bersama Fulham di Premier League 2020/2021. Dia hanya bermain 7 kali bersama Fulham di sepanjang musim ini, baik di Premier League, Carabao Cup, maupun Piala FA. Uniknya, namanya tetap masuk dalam skuad Slovakia di Piala Eropa 2020.

Marek Rodak sendiri merupakan nama baru di timnas Slovakia yang mana baru bergabung skuad tersebut pada Oktober 2020 lalu di ajang UEFA Nations League. Sejauh ini, dia baru memberikan 5 caps bagi negaranya.

 

Nah, itu dia 5 pemain yang tetap dipanggil negaranya di ajang Piala Eropa 2020 walau klubnya terdegradasi dari Premier League. Memang, bukan berarti klub mereka terdegradasi sehingga mereka tak layak untuk membela negara mereka. Pastinya, kelima pemain di atas merupakan pemain penting bagi skuad negaranya masing-masing. 

Baca Juga: 6 Pemain Ini Bertahan di Premier League saat Klubnya Terdegradasi

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya