5 Keputusan Transfer Januari 2022 yang Dianggap Kurang Strategis

Kira-kira transfer siapa saja, ya?

Bursa transfer musim dingin 2021/2022 memang sudah ditutup hari, Selasa (1/2/2022). Berbagai transfer top berhasil terealisasi, seperti hadirnya Dusan Vlahovic ke Juventus, Aubameyang ke Barcelona, hingga Kieran Trippier ke Newcastle United. Ada juga beberapa pemain pinjaman top, seperti Donny van de Beek ke Everton dan Julian Alvares yang menetap di River Plate selama enam bulan ke depan.

Terlepas dari hal tersebut, terdapat beberapa keputusan klub terkait bursa transfer musim dingin 2021/2022 yang dianggap kurang strategis oleh para fans mereka. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, mulai dari gagal datangkan pemain hingga pengeluaran transfer yang berlebihan.

Kira-kira apa saja faktor yang melandasi kebijakan transfer tersebut dianggap kurang strategis? Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Chelsea tak datangkan bek sayap kiri baru walau Ben Chilwell cedera parah

5 Keputusan Transfer Januari 2022 yang Dianggap Kurang Strategispotret pelatih Chelsea, Thomas Tuchel (skysports.com)

Banyak yang menyayangkan mengapa Chelsea tak mendapatkan bek sayap kiri baru pada bursa transfer musim dingin 2021/2022. Padahal, Chelsea hanya memiliki satu bek sayap kiri saja di skuadnya saat ini, yaitu Marcos Alonso. Ben Chilwell sendiri dikabarkan akan absen dalam waktu yang sangat lama, bahkan hingga musim ini berakhir.

Pada bursa transfer Januari lalu, Chelsea malah getol dirumorkan ingin mendatangkan Jules Kounde walau pada akhirnya penawaran tersebut ditolak oleh Sevilla. Walau begitu, Tuchel sendiri dapat mengganti peran Chilwell dengan beberapa pemain sayap lainnya, seperti Christian Pulisic atau Hakim Ziyech andaikan Marcos Alonso harus absen di suatu laga.

2. Tak ada penyerang tengah murni, Manchester City malah pinjamkan Julian Alvarez

5 Keputusan Transfer Januari 2022 yang Dianggap Kurang Strategispotret Julian Alvarez bersama River Plate (premierseason.com)

Seperti yang diketahui, Manchester City tak memiliki penyerang tengah murni pada musim 2021/2022. Gabriel Jesus sendiri dikembalikan ke posisi awalnya sebagai penyerang sayap. Tak heran jika Manchester City membeli Julian Alvarez dari River Plate pada bursa transfer musim dingin 2021/2022.

Menariknya, Manchester City malah membiarkan Alvarez di River Plate sebagai pemain pinjaman hingga enam bulan ke depan. Bahkan, kabar menyebut terdapat opsi perpanjangan peminjaman jika River Plate melaju lebih jauh di Copa Libertadores.

Baca Juga: Jarang Main, 5 Bintang Ini Tak Dilepas di Bursa Transfer Januari 2022

3. Tak datangkan pemain, PSG malah hampir dipastikan gagal mempertahankan Kylian Mbappe

5 Keputusan Transfer Januari 2022 yang Dianggap Kurang Strategispotret Kylian Mbappe bersama Paris Saint-Germain (id.psg.fr)

Paris Saint-Germain terancam kehilangan bintang mereka, Kylian Mbappe, secara cuma-cuma. Pasalnya, terdapat kabar bahwa Mbappe akan segera bergabung ke Real Madrid secara gratis pada bursa transfer musim panas mendatang.

Sebelumnya, klub asal Paris itu telah menolak tawaran Real Madrid untuk Mbappe sebesar 154 pound sterling atau sekitar Rp3 triliun. Pada bursa transfer Januari 2022 ini, PSG nyatanya tetap tak mampu meyakinkan Mbappe untuk memperpanjang kontrak untuk tetap tinggal di Paris.

4. Arsenal jual beberapa pemain senior secara gratis

5 Keputusan Transfer Januari 2022 yang Dianggap Kurang Strategispotret Aubameyang bersama Arsenal (skysports.com)

Arsenal memang berhasil tampil cukup apik di Premier League 2021/2022. Walau begitu, hal tersebut tak menjamin lolosnya mereka ke kancah Eropa musim depan. Di saat beberapa rival Arsenal cukup aktif dalam mendatangkan pemain, Arsenal malah menjual beberapa pemain mereka secara gratis, seperti Aubameyang, Calum Chambers, Sead Kolasinac, hingga Dejan Iliev.

Kepindahan Aubameyang merupakan transfer yang paling disorot. Pasalnya, tak ada sosok lain di Arsenal yang dianggap mampu menggantikan peran pemain asal Gabon itu. Di sisi lain, Arsenal sendiri sudah tak ingin memakai jasa Aubameyang lagi karena sikap pemain tersebut yang dianggap kurang disiplin. Terlepas dari hal itu, sebenarnya Arsenal memperoleh keuntungan dari beberapa transfer gratis ini karena tanggungan beban gaji mereka jadi berkurang. 

5. Gagal lepas beberapa pemain, Barcelona malah datangkan tiga penyerang top

5 Keputusan Transfer Januari 2022 yang Dianggap Kurang Strategispotret Luuk De Jong bersama Barcelona (football-espana.net)

Pada tahun 2021, Barcelona dikabarkan sedang mengalami krisis finansial. Menariknya, Barcelona merupakan salah satu klub teraktif pada bursa transfer musim dingin 2021/2022 setelah berhasil mendatangkan Ferran Torres, Pierre Emerick Aubameyang, dan Adama Traore.

Walau begitu, Barcelona hanya melepas Phillpe Coutinho ke Aston Villa secara pinjaman pada Januari 2022 lalu. Terdapat beberapa penyerang yang masih bertahan di Barcelona, seperti Ousmane Dembele, Luuk de Jong, Martin Braithwaite, dan Memphis Depay. Sebenarnya, terdapat kabar bahwa Dembele diminati oleh Chelsea dan PSG meski pada akhirnya tak ada kesepakatan yang terjadi. 

Apakah kamu setuju bahwasanya kelima kebijakan transfer di atas kurang strategis? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya! 

Baca Juga: 5 Gelandang Top yang Bisa Diboyong Gratis Musim Panas 2022

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya