5 Transfer Termahal dalam Sejarah Premier League, Ada Enzo Fernandez!

Pecahkan rekor Jack Grealish

Bursa transfer musim dingin 2023 resmi berakhir. Ada banyak kejutan sepanjang musim dingin ini. Beberapa nama top memutuskan pindah klub. Salah satunya ke English Premier League (EPL).

Enzo Fernandez, misalnya, memecahkan rekor transfer termahal dalam sejarah Premier League setelah didatangkan Chelsea dari Benfica. Dia melewati harga tebus Jack Grealish pada 2021 lalu.

1. Enzo Fernandez (Rp1,95 triliun)

5 Transfer Termahal dalam Sejarah Premier League, Ada Enzo Fernandez!Enzo Fernandez bermain bersama Benfica. (instagram.com/enzojfernandez)

Chelsea mendatangkan pemain muda terbaik Piala Dunia 2022 Qatar, Enzo Fernandez. Dia didatangkan dari Benfica dengan harga mahal, yaitu 120 juta euro atau Rp1,95 triliun.

Enzo kini memegang rekor transfer termahal dalam sejarah Premier League. Pemain berusia 22 tahun itu padahal baru didatangkan Benfica pada Juli 2022 dari River Plate dengan harga Rp720 miliar.

2. Jack Grealish (Rp1,91 triliun)

5 Transfer Termahal dalam Sejarah Premier League, Ada Enzo Fernandez!Jack Grealish bermain bersama Manchster City. (twitter.com/JackGrealish)

Sebelum dipecahkan Enzo Fernandez, rekor transfer termahal di Premier League dipegang Jack Grealish. Pemain asal Inggris itu didatangkan Manchester City dari Aston Villa dengan harga Rp1,91 triliun.

Grealish sempat kesulitan merebut posisi penyerang sayap setelah tampil kurang produktif pada musim pertamanya. Namun, pada 2022/2023, Grealish cukup impresif dengan menyumbang 2 gol dan 4 assist.

Baca Juga: Chelsea Akhirnya Sepakat Tebus Enzo Fernandez Rp1,9 Triliun

3. Romelu Lukaku (Rp1,84 triliun)

5 Transfer Termahal dalam Sejarah Premier League, Ada Enzo Fernandez!Romelu Lukaku mengangkat Piala Dunia Antarklub FIFA bersama Chelsea. (instagram.com/romelulukaku)

Chelsea sempat melakukan pembelian mahal pada bursa transfer musim panas 2021. Mereka membeli Romelu Lukaku dari Inter Milan dengan harga 113 juta euro atau setara Rp1,84 triliun.

Sayangnya, musim pertama Lukaku di Stamford Bridge tak berjalan mulus. Dia kesulitan menyesuaikan gaya permainan Thomas Tuchel. Lukaku pun dipinjamkan ke Inter Milan pada 2022/2023.

4. Paul Pogba (Rp1,71 triliun)

5 Transfer Termahal dalam Sejarah Premier League, Ada Enzo Fernandez!Paul Pogba bermain bersama Manchester United. (instagram.com/paulpogba)

Paul Pogba kembali ke Old Trafford pada 2016 setelah didatangkan dari Juventus. Pemain asal Prancis itu didatangkan dengan harga 105 juta euro atau sekitar Rp1,71 triliun.

Pogba sendiri berhasil meraih trofi Carabao Cup 2017 dan Liga Europa 2017 pada musim pertamanya. Namun, ia memutuskan untuk pindah ke Juventus lagi setelah mengalami cedera serius pada 2021/2022. 

5. Antony (Rp1,5 triliun)

5 Transfer Termahal dalam Sejarah Premier League, Ada Enzo Fernandez!Antony saat diperkenalkan Manchester United. (twitter.com/ManUtd_ID)

Antony juga masuk ke dalam daftar ini. Pemain asal Brasil itu dibawa Erik ten Hag dari Ajax Amsterdam pada musim panas 2022.

Antony dibeli dengan harga tak murah, yaitu 95 juta euro atau Rp1,5 triliun. Penampilannya sejauh ini mengesankan. Ia menciptakan 5 gol dan 1 assist bagi Setan Merah.

Enzo Fernandez berhasil memecahkan rekor Jack Grealish sebagai pemain termahal di Premier League. Apakah Enzo akan mampu menjawab ekspektasi fans Chelsea pada sisa musim 2022/2023?

Baca Juga: 5 Pemain Benfica yang Dilepas dengan Harga Mahal, Enzo Teranyar!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya