Comscore Tracker

5 Trio Penyerang Paling Produktif Mencetak Gol di Abad ke-21

Trio manakah yang menjadi favoritmu?

Dalam dunia sepak bola, terdapat berbagai formasi yang dapat digunakan. Jika sang pelatih ingin memasang dua striker, biasanya pelatih tersebut menggunakan formasi 4-4-2 atau 3-5-2. Jika sang pelatih ingin menggunakan 3 striker atau 1 striker plus 2 winger, biasanya pelatih tersebut menggunakan formasi 4-3-3 atau 3-4-3.

Bagi formasi 3 penyerang di lini depan, baik striker maupun winger, terdapat istilah yang dikenal dengan trio. Trio di lini depan tersebut menjadi tumpuan bagi klub mereka dalam memecahkan pertahanan lawan. Dengan memasang 3 penyerang, klub tersebut dapat dengan mudah memainkan berbagai opsi serangan, baik dari lini tengah, belakang, maupun samping. 

Pada abad ke-21 ini, terdapat trio di lini depan dengan produktivitas gol yang sangat tinggi. Berikut 5 trio paling produktif dalam mencetak gol pada abad ke-21.

1. Ronaldo-Benzema-Higuain, 93 Gol

5 Trio Penyerang Paling Produktif Mencetak Gol di Abad ke-21denik.cz

Selama ini, banyak penggemar sepak bola mengira bahwa trio paling mematikan di Real Madrid adalah Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, dan Gareth Bale. Padahal, trio yang paling produktif di lini depan Real Madrid ialah Ronaldo-Benzema-Higuain. Trio tersebut berhasil mencetak 93 gol pada musim 2012/2013.

Perolehan tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang abad ke-21 sejauh ini. Sayangnya, Gonzalo Higuain langsung memutuskan untuk hengkang ke Napoli pada musim berikutnya, sedangkan Cristiano Ronaldo memutuskan hengkang dari Real Madrid pada 2018 lalu.

2. Lewandowski-Gnabry-Muller, 92 Gol

5 Trio Penyerang Paling Produktif Mencetak Gol di Abad ke-21bayernstrikes.com

Musim 2019/2020 memang merupakan musimnya Bayern Munich. Klub asal Jerman tersebut berhasil menjuarai Bundesliga sekaligus memperoleh gelar Liga Champions. Keberhasilan tersebut tak lepas dari ketajaman trio lini depan mereka, yaitu Robert Lewandowkski, Serge Gnabry, dan Thomas Muller.

Pada musim tersebut, ketiganya berhasil mencetak sebanyak 92 gol. Lewandowski menjadi penyumbang terbanyak dalam perolehan gol tersebut, yaitu 55 gol, sedangkan Gnabry dan Muller masing-masing menyumbangkan 23 dan 14 gol.

Baca Juga: 10 Potret Thomas Muller, Bintang Bayern Munchen yang Berparas Menawan

3. Messi-Pedro-Ibrahimovic, 91 Gol

5 Trio Penyerang Paling Produktif Mencetak Gol di Abad ke-21m-api.allfootballapp.com

Trio Lionel Messi, Pedro, dan Zlatan Ibrahimovic dapat dikatakan menjadi trio paling berbahaya di Barcelona sepanjang abad ke-21. Trio ini berhasil mencetak 91 gol pada musim 2009/2010. Lionel Messi menyumbangkan 47 gol, Pedro memberikan 23 gol, dan Ibrahimovic menyumbang 21 gol.

Kecepatan dan keakuratan umpan lambung Pedro dan Messi di bagian sayap memang sangat memanjakan Ibrahimovic dalam memainkan bola-bola udara. Selain itu, Ibrahimovic juga merupakan pesepak bola yang gemar memberikan assist terhadap Messi ataupun Pedro pada waktu itu.

4. Salah-Firmino-Mane, 91 Gol

5 Trio Penyerang Paling Produktif Mencetak Gol di Abad ke-21egyptindependent.com

Tak usah diragukan lagi ketajaman trio lini depan Liverpool, Salah-Firmino-Mane. Ketiga penain tersebut merupakan pemain andalan Liverpool untuk mengisi lini depan dalam beberapa tahun terakhir. Ketiganya merupakan trio yang paling profuktif pada musim 2017/2018 dengan mencetak 91 gol.

Kala itu, Mohamed Salah berhasil mencetak 44 gol, sedangkan Firmino dan Mane masing-masing berhasil mencetak 27 dan 20 gol. Ketiga pemain tersebut merupakan pemain kunci dalam keberhasilan Liverpool menjuarai Liga Champions pada musim 2018/2019 dan Liga Primer Inggris 2019/2020.

5. Ibrahimovic-Cavani-Di Maria, 90 Gol

5 Trio Penyerang Paling Produktif Mencetak Gol di Abad ke-21sportskeeda.com

Paris Saint-Germain juga pernah memiliki trio penyerang yang tak kalah berbahaya, yaitu Ibrahimovic-Cavani-Di Maria. Pada musim 2015/2016, mereka berhasil mencetak 90 gol. Ibrahimovic berhasil mencetak 50 gol di samping Cavani dan Di Maria yang masing-masing menyumbang 25 gol dan 15 gol.

Trio tersebut merupakan trio paling berbahaya di Ligue 1 selama abad ke-21. Ibrahimovic sendiri saat ini sedang membela AC Milan dan Edinson Cavani membela Manchester United dengan status bebas transfer sejak awal musim ini. 

 

Nah, itu dia 5 trio paling produktif dalam mencetak gol pada abad ke-21. Nama-nama di atas memang merupakan pemain top di lini depan. Adakah trio penyerang favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: Bayern Munich Hingga PSG Tolak Tampil di European Super League

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya