Comscore Tracker

Selain Andre Gomes, 9 Pemain Ini juga Pernah Alami Cedera Parah

Cedera patah kaki, hal paling ditakuti pemain sepak bola

Laga alot di Goodison Park (03/11) antara Everton menjamu Tottenham Hotspurs diwarnai insiden mengerikan. Pada pertandingan yang berakhir dengan skor 1-1 tersebut, gelandang Everton berkebangsaan Portugal, Andre Gomes mengalami cedera dislokasi pergelangan kaki. Kejadian mengerikan itu terjadi pada menit ke-78, setelah ia terkena tekel keras Son Heung Min dan Serge Aurier. Akibat insiden tersebut, Son Heung Min menerima ganjaran kartu merah dari wasit Martin Atkinson. Tampak raut muka penyeselan dari Son ketika mengetahui keadaan Andre Gomes yang menjerit kesakitan sambil memegang kaki kanannya.

Kejadian patah kaki dan dislokasi tulang memang kerap terjadi di pertandingan sepak bola. Sebelum Andre Gomes, sudah banyak pemain yang pernah mengalaminya. Bukan hanya membuat trauma psikis, tapi sebagian dari pemain ini juga harus rela mengakhiri kariernya. Siapa saja mereka? *Video-video ini menunjukkan adegan yang mungkin tidak nyaman bagi pembaca.

1. David Busst

https://www.youtube.com/embed/byOKCMQpxKo

Old Trafford menjadi saksi insiden mengerikan yang dialami David Busst saat Manchester United melawan Coventry City (11/04/1996). Pemain berposisi bek tengah tersebut harus ditandu keluar lapangan saat pertandingan baru berjalan lima  menit karena benturan keras yang dialaminya dengan dua pemain Manchester United. Kejadian itu bermula ketika Coventry City mendapat peluang dari sepak pojok dan kemudian terjadi sebuah kemelut di depan gawang Peter Schmeichel.

Dua pemain Manchester United berusaha menghalau bola yang mengancam gawang mereka. Namun di waktu bersamaan, David Busst sedang berusaha meraih bola tersebut untuk mencetak gol. Nahas, kaki David Busst justru mengalami benturan keras dengan bek kiri Manchester United, Dennis Irwin. Akibat benturan itu, tulang fibula David Busst mengalami retakan hingga menembus kulit. Kejadian itu sempat membuat Peter Schmeichel mengalami trauma karena melihat musibah tersebut. Kejadian itu juga membuat karier sepak bola David Busst harus berakhir.

2. Hendrik Larsson

https://www.youtube.com/embed/N4llH2axuBQ

Laga Celtic menghadapi Lyon menjadi hari yang paling diingat Hendrik Larsson sepanjang hidupnya. Pada tahun 1999, ketika Larsson sedang berlari untuk berebut bola dengan Serge Blanc. Namun, di saat kedua pemain beradu tubuh, kecelakaan itu pun tak terhindarkan. Hingga membuat tubuhnya kehilangan keseimbangan dan terjatuh.

37.500 penonton di stadion Stade de Gerland, Lyon menjadi saksi tulang kaki Larsson patah di dua bagian berbeda. Cedera yang menimpa pemain berkebangsaan Swedia tersebut memaksa dirinya harus menepi dari rumput hijau selama hampir 9 bulan.

3. Djibril Cisse

https://www.youtube.com/embed/WmfJqxx6C5g

Jika membahas cedera patah kaki yang dialami pesepak bola, tentu nama Djibril Cisse tidak boleh dilupakan. Striker nyentrik dengan koleksi sembilan gol untuk timnas Perancis ini pernah mengalami dua kali cedera patah kaki. Kejadian pertama terjadi pada tahun 2004 ketika ia membela Liverpool saat menghadapi Blackburn. Cisse yang sedang berlari kencang mendapat gangguan dari bek Blackburn, Jay McEveley. Benturan keras pun terjadi dan mengakibatkan kaki kiri Cisse patah dan merusak tulang tibia dan fibula. Setelah kejadian itu, ia divonis selama 6-9 bulan untuk menjalani masa pemulihan.

Kejadian kedua yang menimpa Djibril Cisse terjadi ketika ia memperkuat Perancis saat menghadapi China pada UEFA Euro 2006. Saat itu, Cisse sedang berlari kencang untuk melewati kapten China, Zheng Zhi. Namun karena kehilangan keseimbangan akibat gangguan yang diterimanya, Cisse pun terjatuh dengan posisi kaki kanan yang tidak sempurna. Kaki Cisse terpelintir hingga mengakibatkan tulang keringnya patah.

4. Francesco Totti

https://www.youtube.com/embed/VULM3POzG9I

Pangeran Roma, FrancescoTotti juga pernah menjerit kesakitan ketika tulang fibula kiri patah dan ligamennya rusak saat membela Serigala Roma menghadapi Empoli pada 19 Februari 2006. Kecelakaan itu terjadi ketika bek Empoli, Richard Vanigli menebas kaki kiri Totti yang sedang men-dribbling bola. Akibat cedera cukup parah tersebut, Totti sempat divonis gagal mengikuti Piala Dunia 2006 yang diselenggarakan di Jerman.

Namun cedera Totti sembuh lebih cepat dari perkiraan tim kesehatan timnas Italia. Pada tanggal 11 Mei 2006 atau tiga bulan setelah insiden tersebut, Totti dipercaya Marcelo Lippi untuk memperkuat timnas Italia di ajang Piala Dunia. Membanggakan, trofi Piala Dunia 2006 pun berhasil ia persembahkan untuk Negeri Pizza.

5. Eduardo da Silva

https://www.youtube.com/embed/xzra60p9DdM

Mike Dean, selaku wasit yang memimpin pertandingan antara Birmingham City vs Arsenal (23/02/2008) langsung mengeluarkan kartu merah saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Kartu merah tersebut diberikan kepada bek Birmingham, Martin Taylor setelah melakukan tekel keras ke Eduardo da Silva. Pemain kidal Arsenal tersebut mengalami patah fibula dan pergelangan kaki kiri terkilir. Pertandingan yang berakhir dengan skor 2-2 tersebut menjadi awal turunnya performa Eduardo sebagai pemain sepak bola.

Baca Juga: Sebabkan Andre Gomes Cedera Parah, Son Heung-Min Menangis

6. Aaron Ramsey

https://www.youtube.com/embed/cDoxP4jjt_M

Britannia Stadium, markas Stoke City menjadi saksi pemain muda Arsenal, Aaron Ramsey tersungkur di lapangan. Ramsey mengalami patah tibia dan fibula setelah berbenturan keras dengan Ryan Shawcross, bek Stoke City. Setelah insiden mengerikan itu, Shawcross diganjar kartu merah sedangkan Ramsey langsung dilarikan ke Rumah Sakit untuk menjalani operasi. Saat itu Ramsey masih berumur 20 tahun dan digadang-gadang akan memiliki masa depan yang cerah berseragam Arsenal.

7. Demba Ba

https://www.youtube.com/embed/k715ZJp65eQ

Cedera patah kaki yang dialami Demba Ba saat klubnya, Shanghai Shenhua bertanding melawan Shanghai SIPG menambah daftar pemain sepak bola yang harus merasakan sakitnya meja operasi. Kejadian tersebut berawal saat Ba -sapaan Demba Ba- melakukan sprint untuk mengejar umpan terobosan dari rekannya.

Namun, musibah tersebut tidak dapat terelakkan, kaki kiri mantan pemain Newcastle United dan Chelsea itu patah ketika mendapat benturan keras dari bek Shanghai SIPG, Sun Xiang. Cedera parah tersebut mengakibatkan Ba harus menjalani masa penyembuhan operasi selama hampir enam bulan.

8. Luke Shaw

https://www.youtube.com/embed/T_Izhv1t0PI

Akibat cedera kaki, Luke Shaw harus menjalani masa pemulihan selama kurang lebih 6 bulan. Musibah nahas yang menimpanya terjadi pada tanggal 15 September 2015 saat Manchester United menghadapi PSV Eindhoven pada babak penyisihan grup Liga Champions. Kejadian itu terjadi karena tekel keras Hector Moreno yang menerjang kaki kanan Shaw.

Pertandingan yang berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan PSV harus dihentikan selama 9 menit karena insiden yang menimpa Shaw. Pemain berkebangsaan Inggris tersebut harus menepi ke luar lapangan dengan digiring sembilan tenaga medis untuk mendapat pertolongan pertama.

9. Seamus Coleman

https://www.youtube.com/embed/xbBrlsI_RkQ

Pertandingan antara Republik Irlandia melawan Wales pada kualifikasi Piala Dunia 2018 merupakan hari yang tidak bisa dilupakan Seamus Coleman. Kapten Everton tersebut mengalami patah kaki parah. Peristiwa itu terjadi ketika Coleman dan Neil Taylor hendak memperebutkan bola. Alhasil, kaki kanan Coleman terkena sapuan keras Neil Taylor hingga patah. Pada pertandingan tersebut, Neil Taylor langsung mendapat hukuman kartu merah oleh wasit.

Sepak bola adalah olahraga yang keras, karena dalam praktiknya sebagian besar mengandalkan kekuatan fisik. Cedera bisa kapan saja menghampiri, seperti yang pernah dialami Andre Gomes dan 9 pemain di atas.

Baca Juga: 10 Potret Hangat Para Pesepak Bola Dunia Bareng Keluarga, Bikin Kagum!

Ardi Setianto Photo Writer Ardi Setianto

Cari saja di google.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya