Comscore Tracker

Begini Kronologi Pengaturan Skor Versi Manajer Madura FC

Ditawari Rp150 juta, kok kecil sih!

Surabaya, IDN Times - Dunia sepak bola Indonesia kembali diterpa kabar tak sedap. Kali ini kabar itu berupa match fixing alias pengaturan skor. Praktik haram tersebut diungkap oleh Manajer Madura FC Januar Herwanto saat menjadi pembicara dalam acara talkshow Mata Najwa. Dia mengaku sempat diajak melakukan pengaturan skor oleh komite eksekutif (exco) PSSI, Hidayat.

1. Melalui telepon, Hidayat mengajak Januar bertemu di Yogyakarta

Begini Kronologi Pengaturan Skor Versi Manajer Madura FCInstagram.com/Januar.sai.herwanto

Kepada IDN Times, Januar membeberkan kalau ajakan pengaturan skor itu terjadi pada leg 1 Liga 2 ketika Madura FC akan berjumpa PSS Sleman. Dia mengaku dihubungi Hidayat sebelum berangkat ke Yogyakarta melalui sambungan telepon. Hidayat mengajaknya untuk bertemu ketika sampai di Yogyakarta nantinya. "Akhirnya di Yogya mau ketemu, saya tolak halus," ujarnya, Rabu (5/12).

Baca Juga: Dinyatakan Bersalah, PSSI: Hidayat Menawarkan Uang Kepada Madura FC

2. Januar diminta Madura FC mengalah

Begini Kronologi Pengaturan Skor Versi Manajer Madura FCInstagram.com/januar.sai.herwanto

Meski ditolak, Hidayat mengaku tak mempermasalahkannya. Anehnya, Hidayat malah mengatakan akan menghubungkan Janura kepada 'mereka'. "Nah, mereka ini siapa? Ternyata pas telepon tanggal 1 malam, baru ketahuan kami diminta mengalah pada Sleman di sana. Kami bilang saya menolak," tegasnya.

3. Tawaran kepada Januar dinaikkan

Begini Kronologi Pengaturan Skor Versi Manajer Madura FCInstagram.com/ madura.fc_official

Tak menyerah, Hidayat kembali melontarkan rayuannya kepada Januar. Kali ini ia menaikkan tawaran dari Rp100 juta ke Rp150 juta. "Tetap kami tolak. Dia kesel ngancam saya, bilang sebenarnya bisa beli pemain kamu. Saya sampaikan silakan. Pak Dayat gak sadar kalau dialog itu saya loudspeaker, ada pelatih di sebelah saya," terangnya.

Baca Juga: Dinyatakan Bersalah, PSSI: Hidayat Menawarkan Uang Kepada Madura FC

4. Langsung kumpulkan pemain

Begini Kronologi Pengaturan Skor Versi Manajer Madura FCInstagram.com/madura.fc_official

Usai didengarkan bersama percakapan itu, pria asal Sumenep ini pun bersama pelatih Madura FC mengumpulkan para pemain. "Saya sebagai manajer terbuka, biar sama sama saling menjaga tidak ada yang berkhianat," pungkasnya.

5. Hidayat akhirnya mengundurkan diri

Begini Kronologi Pengaturan Skor Versi Manajer Madura FCpssi.org

Setelah namanya diperbincangkan oleh para pecinta bola nasional, Hidayat memilih mundur dari jabatannya sebagai anggota Komite Eksekutif. Meski mundur, Hidayat mengatakan dirinya tidak terlibat dalam kasus pengaturan skor.

"Saya menyatakan mengundurkan diri sebagai Exco PSSI. Sebelumnya saya menyatakan akan mundur setelah diproses tapi setelah merenung saya tak perlu melakukan itu dan memilih mundur lebih cepat," kata Hidayat dalam sesi konferensi pers, Senin (3/12). " Saya bukan mafia dan pengatur skor." 

Baca Juga: Pengaturan Skor: Ini Kesaksian Pelatih Bhayangkara FC dan PSM Makassar

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You