Final Piala Presiden, Pemain Arema Akan Naik Kendaraan Taktis ke GBT

Dulur dewe, ga usah anarkis yo rek

Surabaya, IDN Times - Final leg 1 Piala Presiden 2019, Persebaya Surabaya vs Arema Malang akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Selasa (9/4). Jajaran Kepolisian daerah (Polda) Jawa Timur, khususnya Polrestasbes Surabaya pun memberikan perhatian khusus pada pertandingan ini.

Hal tersebut tidak lepas dari rivalitas antara kedua pendukung setia, Bonek Mania dan Aremania. Polisi menyatakan siap mengamankan dan menjaga kondusifitas pertandingan ini. Bahkan, nantinya pemain Arema akan datang menggunakan kendaraan taktis (rantis) berupa barakuda dan anoa.

Baca Juga: Persebaya Benamkan Madura, "El Classico" Jatim Tersaji di Final

1. Siapkan 3.500 personel

Final Piala Presiden, Pemain Arema Akan Naik Kendaraan Taktis ke GBTIDN Times/Ardiansyah Fajar

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan berharap laga final Piala Presiden 2019 bisa menjadi hiburan bagi masyarakat karena memang sudah ditunggu-tunggu. Maka dari itu, peningkatan keamanan pun mereka.

"Kami mengerahkan 3.500 personel di Surabaya. Biasanya 2.200 personel untuk pengamanan," ujarnya saat di Mapolda Jatim, Senin (8/4).

2. Pengamanan dilakukan sejak pagi

Final Piala Presiden, Pemain Arema Akan Naik Kendaraan Taktis ke GBTIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara untuk penanggungjawabnya, Kapolda tetap menunjuk Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Frans Barung Mangera. Nah, pada pukul 10.00 WIB, Selasa (9/4) polisi akan melakukan giat pengamanan khusus. Sementara untuk jadwal pertandingan tidak berubah.

"Mulai hari ini lakukan razia supporter yang tidak miliki tiket tapi sudah ada di sini (tetap berangkat). (Jadwal) tetap lanjutkan, Surabaya jam 15.30 WIB dan Malang 18.30 WIB," jelas Luki.

3. Kedua pendukung sepakat untuk tidak datang ke kandang lawan

Final Piala Presiden, Pemain Arema Akan Naik Kendaraan Taktis ke GBTIDN Times/Hendy Wardhana

 

Selain itu, kedua belah pihak supporter sepakat untuk tidak memaksakan diri datang bertandang. "Kesepakatan berlaku. Pada saat main di Surabaya, pendukung Arema FC, Aremania tidak datang, begitu juga sebaliknya.

4. Polisi sedikan rantis untuk pemain Arema

Final Piala Presiden, Pemain Arema Akan Naik Kendaraan Taktis ke GBTDok. PT Pindad

 

Lebih lanjut, Luki menjamin pengamanan terbaik untuk Arema saat ke Surabaya begitu juga sebaliknya. Dia menyampaikan pengamanan yang dilakukan seperti pada laga sebelumnya saat Persebaya melawan Arema.

Senada, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan juga menyiapkan rantis untuk para pemain Arema saat ke Stadion GBT. "Kami siapkan barakuda dan anoa untuk pemain," katanya.

5. Pengamanan juga dilakukan di luar stadion

Final Piala Presiden, Pemain Arema Akan Naik Kendaraan Taktis ke GBTIDN Times/Hendy Wardhana

Rudi menambahkan, ada dua titik pengamanan di luar stadion. Titik pertama di Romokalisari dan kedua, Pakal. "Dilakukan untuk membatasi supporter yang tidak memiliki tiket. Atau supporter yang tidak punya niatan mbonek," tandas pria dengan tiga melati emas ini.

Baca Juga: Persebaya vs Arema di Final, Khofifah Minta Kedua Suporter Damai

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya