Comscore Tracker

Pemain Arema FC akan Naik Rantis ke Gelora Bung Tomo

Aremania juga dilarang hadir di kandang Persebaya

Surabaya, IDN Times - Final leg 1 Piala Presiden 2019, Persebaya Surabaya vs Arema Malang akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Selasa (9/4) esok. Jajaran Kepolisian daerah (Polda) Jawa Timur, khususnya Polrestasbes Surabaya pun memberikan perhatian khusus pada pertandingan ini.

Hal tersebut tidak lepas dari rivalitas antara kedua pendukung setia, Bonek dan Aremania. Polisi menyatakan siap mengamankan dan menjaga kondusivitas pertandingan ini. Bahkan, nantinya pemain Arema akan datang menggunakan kendaraan taktis (rantis).

Baca Juga: Persebaya Benamkan Madura, "El Classico" Jatim Tersaji di Final

1. Siapkan 3.500 personel

Pemain Arema FC akan Naik Rantis ke Gelora Bung TomoIDN Times/Ardiansyah Fajar

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, berharap laga final Piala Presiden 2019 bisa menjadi hiburan bagi masyarakat karena memang sudah ditunggu-tunggu. Maka dari itu, peningkatan keamanan pun mereka.

"Kami mengerahkan 3.500 personel di Surabaya. Biasanya 2.200 personel untuk pengamanan," ujarnya saat di Mapolda Jatim, Senin (8/4).

2. Pengamanan dilakukan sejak pagi

Pemain Arema FC akan Naik Rantis ke Gelora Bung TomoIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara untuk penanggung jawabnya, Kapolda tetap menunjuk Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Frans Barung Mangera. Nah, pada pukul 10.00 WIB, Selasa (9/4) polisi akan melakukan giat pengamanan khusus. Sementara untuk jadwal pertandingan tidak berubah.

"Mulai hari ini lakukan razia suporter yang tidak miliki tiket tapi sudah ada di sini (tetap berangkat). (Jadwal) tetap lanjutkan, Surabaya jam 15.30 WIB dan Malang 18.30 WIB," jelas Luki.

3. Kedua pendukung sepakat untuk tidak datang ke kandang lawan masing-masing

Pemain Arema FC akan Naik Rantis ke Gelora Bung TomoIDN Times/Hendy Wardhana

Selain itu, kedua belah pihak suporter sepakat untuk tidak memaksakan diri datang bertandang. "Kesepakatan berlaku. Pada saat main di Surabaya, pendukung Arema FC, Aremania tidak datang, begitu juga sebaliknya," lanjutnya.

4. Polisi sediakan rantis untuk pemain Arema FC

Pemain Arema FC akan Naik Rantis ke Gelora Bung TomoDok. PT Pindad

Lebih lanjut, Luki menjamin pengamanan terbaik untuk Arema saat ke Surabaya begitu juga sebaliknya. Dia menyampaikan pengamanan yang dilakukan seperti pada laga sebelumnya saat Persebaya melawan Arema.

Senada, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan, juga menyiapkan rantis untuk para pemain Arema saat ke Stadion GBT. "Kami siapkan barakuda dan anoa untuk pemain," katanya.

5. Pengamanan juga dilakukan di luar stadion

Pemain Arema FC akan Naik Rantis ke Gelora Bung TomoIDN Times/Hendy Wardhana

Rudi menambahkan, ada dua titik pengamanan di luar stadion. Titik pertama di Romokalisari dan kedua di Pakal. "Dilakukan untuk membatasi suporter yang tidak memiliki tiket. Atau suporter yang tidak punya niatan mbonek," tandas pria dengan tiga melati emas ini.

Baca Juga: Persebaya vs Arema di Final, Khofifah Minta Kedua Suporter Damai

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You