5 Alasan Kenapa Manchester United Harus Segera Memecat Jose Mourinho

Performa MU kian memburuk akhir-akhir ini

Di musim ini khususnya, perjalanan Manchester United di bawah asuhan Jose Mourinho, kurang begitu baik. Dalam dua laga terakhir di Liga Premier saja, MU hanya mampu meraih 2 poin dari dua kali hasil imbang. Dua hasil kurang memuaskan itu bahkan didapat ketika melawan tim-tim kecil yang harusnya mampu dimenangkan oleh MU dengan mudah.

Dengan serangkain hasil buruk di tiap kompetisinya, banyak fans The Red Devils di luar sana yang menyerukan agar Mourinho segera dipecat. Manajer asal Portugal itu dinilai telah gagal musim ini dan masa baktinya diharapkan segera usai secepatnya. Berikut 5 alasan kenapa Manchester United harus segera memecat Jose Mourinho.

1. Taktik yang membosankan

5 Alasan Kenapa Manchester United Harus Segera Memecat Jose Mourinhoskysports.com

Ketika sebagian besar tim di Liga Premier mulai bertransisi menuju gaya permainan yang menghibur dan memanjakan mata, Manchester United dibawah kendali Mourinho malah sebaliknya. Mantan pelatih Real Madrid dan Inter Milan tersebut masih suka menerapkan taktik defensif yang lambat dan tidak menarik.

Hasilnya, di hampir setiap pertandingan, para pemain MU terlihat lesu dan kurang bersemangat, baik itu ketika menyerang maupun bertahan. Sejak kedatangan Mourinho, gaya permainan MU memang tidak kunjung membaik. Semakin lama Mourinho bertahan, maka semakin sulit pula bagi MU untuk keluar dari belenggu taktik membosankan. 

2. Pemilihan pemain yang terkadang tidak masuk akal

5 Alasan Kenapa Manchester United Harus Segera Memecat Jose Mourinhotherunnersports.com

Salah satu contoh terdekat dari masalah ini, datang dari pertandingan MU melawan Southampton kemarin. Bayangkan saja, melawan tim posisi ke-19 yang hanya mencetak 10 gol dari 13 pertandingan, Mou memilih untuk memasang tiga bek tengah. Parahnya lagi, dua dari tiga bek tengah tersebut merupakan gelandang, yang seharusnya tidak ditempatkan disana. 

Sejauh ini, Mourinho terlihat kebingungan dalam menentukan komposisi tim di tiap pertandingannya. Ia seakan masih belum tahu taktik atau formasi terbaik apa yang harus ia terapkan ke dalam tim asuhannya. Jika inkonsistensi ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin MU akan mengalami kekacauan yang lebih besar di masa depan.

3. Kemampuan pemain yang diabaikan

5 Alasan Kenapa Manchester United Harus Segera Memecat Jose Mourinhoeurosport.fr

Alih-alih membawa peningkatan baru terhadap pemain, kehadiran Mourinho di MU justru menurunkan apa yang disebut 'talenta' yang dimiliki oleh setiap pemain. Sejujurnya, MU diisi oleh banyak pemain kelas dunia yang memiliki skill dan kemampuan luar biasa. Sayangnya, hal tersebut seakan diabaikan begitu saja oleh seorang Mourinho.

Martial, Rashford, Pogba, Shaw hingga Lindelof, merupakan beberapa dari banyaknya pemain MU yang gagal menunjukkan potensi terbaik mereka, hanya karena taktik 'usang' yang secara terus menerus diberikan oleh Mourinho. Jika MU ingin pemain-pemainnya tidak berakhir gagal di masa depan, maka memecat Mourinho menjadi jawabannya.

4. Gaya permainan tanpa visi

5 Alasan Kenapa Manchester United Harus Segera Memecat Jose Mourinhosports.yahoo.com

Saat ini, MU mungkin berada di musim terburuk di mana masing-masing pemain seakan tidak memiliki visi bermain sama sekali. Fans bisa dengan mudah mengetahui bahwa para pemain MU sangat terlihat kebingungan, tanpa rencana dan kehabisan ide ketika berada di lapangan. Formasi yang diterapkan pun cenderung tidak terkonsep dengan baik, sehingga membuat MU secara konsisten bermain buruk di tiap pertandingannya. 

Sejauh mata memandang, MU memang tidak memiliki 'kejelasan' sama sekali ketika bermain. Tuntutan untuk selalu bermain bertahan oleh Mourinho, benar-benar membebani mental sekaligus moral dari tiap pemain. Selama Mourinho masih menahkodai MU, sulit rasanya untuk melihat tim yang bermarkas di Old Trafford itu, untuk bermain lebih kreatif dan atraktif.

5. Membuat MU semakin tertinggal di segala sisi

5 Alasan Kenapa Manchester United Harus Segera Memecat Jose Mourinhothenational.ae

Sebagai permulaan, kinerja MU di bursa transfer, sangatlah buruk dalam beberapa tahun terakhir. Jumlah investasi yang telah dikeluarkan oleh MU juga terbilang sangat mengkhawatirkan. Banyak dari pemain yang dibeli Mourinho, berakhir gagal dan tidak menunjukkan performa yang seharusnya. Sejauh ini, Mourinho sama sekali belum membuat transfer terbaik jika dilihat dari performa tim secara keseluruhan.

MU saat ini juga terlihat seperti tim yang tidak memiliki daya juang untuk meraih tiga poin. Karena minim kreativitas dan gol, MU menjadi tim yang tidak lagi menakutkan saat ini. Perlahan tapi pasti, MU mulai tertinggal di belakang tim-tim lain, di segala sisi. Karena alasan inilah, manajemen MU harus segera membuat keputusan terkait masa bakti Mourinho di Theatre Of Dreams.

Demikian tadi sedikit ulasan mengenai kenapa Manchester United harus segera memecat Jose Mourinho. Bagaimana dengan kamu, punya pendapat atau opini lain terkait hal ini?

Baca Juga: David De Gea Resmi Perpanjang Kontrak Bersama Manchester United

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya