5 Alasan Kenapa Manchester United Memecat Jose Mourinho

Sebelum dipecat, Mou telah memberikan tiga gelar untuk MU

Pelatih berjuluk ‘The Special One’ yaitu Jose Mourinho, akhirnya didepak dari kursi kepelatihan Manchester United, setelah kekalahan memalukan atas Liverpool dengan skor 3-1 di Anfield.

Selama 2,5 tahun menukangi tim Setan Merah, Mourinho telah mempersembahkan tiga gelar yaitu Community Shield, Piala Liga dan UEFA Europa League. Menariknya, ketiga gelar tersebut ia dapatkan di musim pertamanya bersama MU.

Sayangnya, di musim kedua dan seterusnya, performa MU kian menurun. Kekalahan demi kekalahan didapatkan, di mana semua mata tertuju kepada Mourinho untuk disalahkan. Nah, di sini penulis telah merangkum 5 alasan apa saja yang mendasari kenapa Manchester United memecat seorang Jose Mourinho. Berikut ulasannya.

1. Dinilai menodai klub setelah kekalahan atas Sevilla musim lalu

5 Alasan Kenapa Manchester United Memecat Jose Mourinhosi.com

Liga Champions menjadi harapan terbesar bagi fans musim lalu, ketika MU bertemu dengan Sevilla di babak 16 besar. Banyak fans yang yakin dan percaya jika pertandingan tersebut akan mudah bagi MU, mengingat Sevilla bukanlah tim yang terlalu diunggulkan.

Namun naas, semua tidak berjalan sesuai rencana, dan MU langsung tersingkir dari Liga Champions setelah kalah dengan skor 1-2 di kandang sendiri. Kekalahan tersebut tentu saja membuat banyak fans yang geram, percaya bahwa Mourinho telah menodai citra klub.

2. Kekalahan memalukan atas Liverpool dan Manchester City

5 Alasan Kenapa Manchester United Memecat Jose Mourinhotownsvillebulletin.com.au

Salah satu penampilan terburuk MU di musim ini, tersaji ketika mereka bertemu dengan tetangga sebelah yaitu Manchester City, dimana mereka kalah dengan skor yang cukup telak yaitu 3-1.

Tak sampai di situ saja, kekalahan atas rival juga kembali terjadi beberapa hari yang lalu, ketika Setan Merah bersua dengan Liverpool dan kalah dengan skor yang sama yaitu 3-1. Kekalahan tersebut membuat MU harus tertinggal 19 poin dibelakang tim asuhan Jurgen Klopp dan harus puas duduk di posisi 6 untuk sementara ini.

Baca Juga: Mourinho Dipecat, Lee Sharpe Menilai Waktu Keputusan Tersebut Aneh

3. Keluhan terus menerus terhadap bursa transfer

5 Alasan Kenapa Manchester United Memecat Jose Mourinhoeurosport.com

Selama 2,5 tahun bersama MU, Mourinho telah menghabiskan dana lebih dari £400 juta untuk transfer pemain. Tak mengherankan jika pada akhirnya dewan klub memutuskan untuk tidak terlalu mendukung langkah transfer Mourinho, mengingat pemain yang dibeli sebelumnya, tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap performa tim.

Singkatnya, rusaknya hubungan Mourinho dengan pihak dewan MU, menjadi salah satu alasan terbesar yang mendasari kenapa ‘pintu keluar’ akhirnya menghampiri dirinya.

4. Taktik yang kurang atraktif dan membosankan

5 Alasan Kenapa Manchester United Memecat Jose Mourinhorte.ie

Di era Sir Alex Ferguson, MU dikenal sebagai tim yang lihai dalam memainkan sepakbola indah dan menghibur. Naasnya, di tangan Mourinho, semuanya berubah 180 derajat. MU menjadi tim yang kurang atraktif dan membosankan, di tangan Mourinho yang gemar bermain dengan taktik defensif.

Gaya bermain pesimis yang ditunjukkannya kala melawan tim-tim besar, menuai banyak kritik dari para pengamat sepakbola yang menilai jika Mourinho merupakan pelatih yang enggan beradaptasi dengan kondisi dan komposisi pemain.

5. Hubungan buruk dengan para pemain

5 Alasan Kenapa Manchester United Memecat Jose Mourinhoeurosport.com

Maka sama seperti hubungannya dengan para dewan MU, hubungan Mourinho dengan para pemainnya juga terbilang tidak cukup baik. Media bahkan sempat menangkap momen dimana Mou, terlihat berselisih paham dengan Pogba di tempat latihan.

Selain itu, pemain-pemain lain seperti Bailly dan Valencia, juga dilaporkan tidak senang dengan filosofi yang dibawa Mou ke MU. Pada akhirnya, hubungan buruk dengan banyak pemain ini, menghasilkan performa yang buruk pula.

Baca Juga: Gantikan Mourinho di MU, Ini 5 Fakta Tentang Michael Carrick

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya