5 Pemain Chelsea Ini Meningkat di Bawah Asuhan Maurizio Sarri

Apresiasi patut diberikan kepada Sarri!

Apa yang Maurizio Sarri lakukan pada Chelsea saat ini, bisa dibilang terlalu cepat dari ekspektasi awal dan itu bagus. Di musim pertamanya bersama Chelsea, Sarri mampu mengubah gaya permainan tim asal London itu, menjadi lebih agresif, kreatif dan mengalir.

Sarri sendiri tidak hanya mengubah taktik Chelsea secara keseluruhan, namun juga kemampuan dari para pemainnya. Secara individual, Sarri banyak membawa peningkatan kepada pemain-pemainnya, ke tingkat yang lebih tinggi sekaligus lebih baik dari sebelumnya.

Tanpa perlu basa-basi lagi, berikut 5 pemain Chelsea yang meningkat di bawah asuhan Maurizio Sarri.

1. David Luiz

5 Pemain Chelsea Ini Meningkat di Bawah Asuhan Maurizio Sarriarysports.tv

Musim kemarin, ketika masih berada di bawah asuhan Antonio Conte, David Luiz sangat jarang dimainkan karena 'keretakan' hubungan dengan pelatih asal Italia itu. Untungnya, kedatangan Sarri di awal musim ini membawa angin segar bagi Luiz. Ia berhasil menjadi pemain bertahan yang dapat diandalkan, di mana ia juga mampu tampil kokoh dan luar biasa bersama Rudiger secara centre-back di tiap pertandingan.

Terlebih lagi, kemampuan passing-nya yang menakjubkan, membuat ia berada di atas pemain-pemain lain seperti Cahill dan juga Christensen. Dengan kesempatan serta kepercayaan yang diberikan kepadanya, Luiz patut berterima kasih kepada Sarri. 

2. Antonio Rudiger

5 Pemain Chelsea Ini Meningkat di Bawah Asuhan Maurizio Sarrigoal.com

Ketika didatangkan oleh Chelsea dari AS Roma pada musim 2017/18, Rudiger tidak pernah benar-benar mampu untuk menembus starting-eleven. Kurangnya kepercayaan dari Conte yang kala itu, juga membuat pemain asal Jerman ini harus puas duduk di bangku cadangan atau bermain sebagai pemain pengganti saja.

Namun, di bawah kepemimpinan Sarri, Rudiger mampu menjelma menjadi bek yang sangat matang dan mampu berkontribusi dengan baik di lini pertahanan. Di Liga Premier sejauh ini, rata-rata Rudiger mampu membuat sekitar 80 passing di tiap pertandingan, dengan akurasi yang fantastis di angka 90% lebih. Bersama David Luiz, Rudiger menjadi bek paling tangguh di Liga Premier musim ini. 

Baca Juga: Cesar Azpilicueta Resmi Perpanjang Kontrak Bersama Chelsea

3. Eden Hazard

5 Pemain Chelsea Ini Meningkat di Bawah Asuhan Maurizio Sarrigoal.com

Menjelang akhir musim lalu dan di bawah kepelatihan Conte, Hazard terlihat dengan jelas kehilangan daya magisnya. Tidak cocoknya taktik yang diterapkan oleh Conte dengan gaya bermain dari Hazard menjadi penyebab utamanya.

Berbanding terbalik dengan musim kemarin, di musim ini, pemain andalan timnas Belgia itu mampu tampil sangat apik. Tentu saja, itu semua berkat taktik baru yang di bawa oleh Sarri, di mana Hazard jadi bisa leluasa bergerak dan menusuk jantung pertahanan lawan.

Dengan taktik yang pas dan jauh lebih baik, Hazard sejauh ini mampu mencatatkan 7 gol dan 6 assist di Liga Premier. Masih ada banyak waktu bagi Hazard untuk kembali mendominasi di musim ini. 

4. Ruben Loftus-Cheek

5 Pemain Chelsea Ini Meningkat di Bawah Asuhan Maurizio Sarrifoxsportsasia.com

Ketika mayoritas pemain muda Chelsea berakhir dijual atau dipinjamkan di musim ini, Ruben Loftus-Cheek dipilih untuk tetap bertahan. Sarri melihat potensi luar biasa dari pemain muda asal Inggris ini dan mengaplikasikannya ke dalam taktiknya, untuk dimainkan secara reguler di Liga Europa. Hasilnya? Loftus-Cheek mampu bermain dengan cukup apik dan konsisten, dengan mengantongi 3 gol dari 4 pertandingan di seluruh kompetisi musim ini.

Pemain yang dulu pernah diejek karena pengambilan keputusan yang buruk ini, berubah menjadi pemain yang mampu memanfaatkan setiap kesempatan yang diberikan pelatih kepadanya. Di tangan Sarri, bukan tidak mungkin jika Loftus-Cheek ke depannya akan selalu bermain sebagai starting-eleven

5. Ross Barkley

5 Pemain Chelsea Ini Meningkat di Bawah Asuhan Maurizio Sarrimetro.news

"Pembelian gagal", mungkin menjadi kalimat yang cocok disandangkan kepada Ross Barkley ketika didatangkan oleh Chelsea dari Everton, di pertengahan musim lalu. Di bawah kendali Conte saat itu, potensi besar yang dimiliki oleh Barkley seakan disia-siakan begitu saja. Kabar baiknya, 'kegagalan' tersebut tidak berlanjut di musim, dengan kepercayaan yang secara terus menerus diberikan oleh Sarri kepada Barkley.

Kreativitas yang dimilikinya, menghadirkan 3 gol dan 3 assist dari 12 pertandingan Liga Premier yang diikutinya musim ini. Setelah karir yang 'dihujani' dengan cedera, putus asa dan kegagalan di musim lalu, Barkley mampu mengubah segalanya dan tampil secara konsisten sebagai gelandang luar biasa. 

Dengan diberinya kesempatan plus racikan taktik yang tepat, nyatanya pemain yang kurang diandalkan sebelumnya bisa menjelma menjadi garang di lapangan.

Baca Juga: Kalah Dari Wolverhampton, Chelsea Semakin Menjauh dari Puncak Klasemen

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya