5 Pemain Ini 'Diusir' dari Timnas di Ajang Piala Dunia

#WorldCup2018 Baru-baru ini dialami oleh Nikola Kalinic

Banyak pemain tidak memiliki kesempatan untuk bermain kompetisi sebesar Piala Dunia. Namun, beberapa pemain tertentu malah tidak dapat memahami besarnya dan kehormatan untuk bisa bermain di kompetisi semegah ini.

Sepanjang Piala Dunia diselenggarakan, banyak pemain yang bisa dikatakan 'diusir' dari timnas karena kesalahan mereka sendiri, dan yang terbaru dialami oleh penyerang asal Kroasia, Nikola Kalinic. Berikut 5 pemain yang pernah 'diusir' dari timnas di ajang Piala Dunia.

1. Nikola Kalinic (Kroasia) - 2018 World Cup

5 Pemain Ini 'Diusir' dari Timnas di Ajang Piala Duniaftb90.com

Beberapa waktu yang lalu, striker Kroasia – Nikola Kalinic dikirim pulang oleh Zlatko Dalic selaku pelatih timnas. Diketahui, hal ini terjadi lantaran Kalinic menolak untuk melakukan pemanasan ketika ingin dimasukkan sebagai pemain pengganti.

Kejadian serupa ternyata juga pernah dilakukan oleh Kalinic di laga persahabatan melawan Brazil dan dalam sesi latihan. Saat ini, Mario Mandzukic merupakan pilihan pertama Kroasia di lini penyerangan. Kalinic memang sudah kehilangan dukungan dari timnas untuk bermain sebagai starter sejak tahun 2017.

2. Stefan Effenberg (Jerman) – Piala Dunia 1994

5 Pemain Ini 'Diusir' dari Timnas di Ajang Piala Duniauefa.com

Effenberg merupakan gelandang timnas Jerman yang masuk dalam skuad Piala Dunia 1994. Kejadian bermula ketika pertandingan melawan Korea Selatan, Effenberg ditarik keluar dengan dalih agar Jerman yang kala itu unggul 3-2, bisa menambah pundi-pundi gol atau setidaknya mempertahankan keunggulan.

Sayangnya, ketika diganti, Effenberg merasa tidak terima dan langsung menunjukkan gestur yang tidak senonoh kepada fans Jerman. Pelatih Jerman kala itu, Berti Vogts, sangat marah dan langsung mengirim Effenberg pulang ke negaranya.

3. Roy Keane (Irlandia) – Piala Dunia 2002

5 Pemain Ini 'Diusir' dari Timnas di Ajang Piala Duniarte.ie

Salah satu legenda Manchester United – Roy Keane, hampir sama masuk ke dalam skuad Irlandia di Piala Dunia 2002, jika saja ia tidak melakukan tindakan konyol yang berujung pencoretannya dari timnas.

Sebelum Piala Dunia berlangsung, Keane berkali-kali menyuarakan kekesalannya terhadap kurangnya fasilitas yang diberikan manajemen timnas Irlandia. Ia bahkan secara terbuka mengkritik Jack Charlton dan Mick McCharty yang kala itu dipilih sebagai pelatih Irlandia.

Setelah terlibat adu argumen dengan McCharty, Keane akhirnya langsung dipulangkan dan gagal bermain di Piala Dunia.

4. Nicolas Anelka (Prancis) – Piala Dunia 2010

5 Pemain Ini 'Diusir' dari Timnas di Ajang Piala Duniabirminghammail.co.uk

Insiden ‘pengusiran’ yang dialami Anelka terjadi pada Piala Dunia 2010. Kala itu, Prancis diwajibkan untuk menang melawan Meksiko jika ingin lolos ke babak selanjutnya, akan tetap penampilan dari Anelka yang kala itu disebut-sebut hambar, membuat pelatih Prancis, Raymond Domenech, mengkritisi Anelka habis-habisan.

Anelka yang merasa tidak terima, langsung mengeluarkan umpatan kasar kepada Domenech. Alhasil, ia langsung diganti dan dipulangkan kembali ke negaranya.

5. Diego Maradona (Argentina) – Piala Dunia 1994

5 Pemain Ini 'Diusir' dari Timnas di Ajang Piala Duniathoughtco.com

Maradona menjalani Piala Dunia keempatnya di tahun 1994. Kala itu ia mendapatkan pengalaman yang cukup mengecewakan. Tiga tahun sebelumnya, tepatnya pada tahun 1991, Maradona diskors oleh FIFA dengan larangan bermain selama satu tahun, setelah ketahuan menggunakan kokain saat masih membela Napoli.

Di Piala Dunia 1994, ia hanya bermain sebanyak 2 kali, dimana 2 pertandingan setelahnya ia harus absen dan dipulangkan ke Argentina, karena sanksi. Banyak yang menganggap jika Piala Dunia 1994, merupakan awal dari kehancuran karir nasional seorang Diego Armando Maradona. 

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya