5 Pemain Kelas Dunia Ini Punya Catatan Buruk Mengeksekusi Penalti

Kelewat buruk dan memalukan

Penalti merupakan situasi dimana sebuah tim diberikan kesempatan untuk melakukan tendangan dari jarak 11m didepan gawang lawan. Penalti didapatkan ketika tim lawan melakukan sebuah pelanggaran di kotak penalti, seperti melakukan tackle kasar atau handsball, misal. 

Meski mengeksekusi penalti terlihat sangat mudah, pada faktanya ada beberapa pesepak bola terbaik dunia yang dikenal sangat buruk dan tidak berbakat dalam melakukan tendangan dari titik putih. Kira-kira siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Mesut Ozil

https://www.youtube.com/embed/iKxMP0_fQl4

Meski punya akurasi umpan dan tendangan yang luar biasa, faktanya Ozil hanya pernah mengambil 12 tendangan penalti di sepanjang kariernya, atau setidaknya sejauh ini. Lebih dari setengahnya berhasil membuahkan gol, sementara sisanya gagal. 

Salah satu kegagalannya yang paling terkenal adalah ketika melawan Bayern Munchen di Liga Champions 2014. Selain itu, Ozil juga memegang rekor buruk sebagai pemain Jerman pertama yang gagal mencetak gol dari penalti di kejuaraan Eropa. Oleh penggemar Arsenal, kekuatan tendangan penalti Ozil sendiri memang dikenal lemah dan mudah diprediksi.

2. Gonzalo Higuain

https://www.youtube.com/embed/vUuPxf3dxkY

Catatan penalti Higuain sebenarnya tidak terlalu buruk. Akan tetapi, ketika menilik fakta bahwa ia merupakan seorang predator di lapangan, ceritanya menjadi jauh berbeda.

Sebagian besar kesuksesan Higuian dalam mengeksekusi penalti hadir ketika dirinya masih berseragam Napoli. Setelah keluar dari tim yang berdomisili di Naples tersebut, persentase kesuksesan Higuain dalam menyelesaikan penalti langsung menurun secara drastis. 

Lebih dari 50 persen tendangan penalti Higuain berakhir gagal, ketika ia membela AC Milan, Juventus dan Real Madrid. Bahkan yang terbaru, ia gagal mengeksekusi penalti ketika melawan mantan timnya yaitu Juventus pada 12 November 2018 lalu.

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Dunia Ini Kehilangan Performa di Lapangan Hijau

3. Radamel Falcao

https://www.youtube.com/embed/mA__ItepZqQ

Tingkat keberhasilan Falcao dalam mencetak gol dari titik putih tidak sepenuhnya buruk, dengan 60 persen di antaranya berakhir sukses. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, terutama di Liga Champions, Falcao selalu gagal menyelesaikan tugasnya, terlebih ketika pertandingan melawan Manchester City dan Tottenham Hotspur. 

Sifat mematikannya sebagai striker akhir-akhir ini kurang dapat begitu diandalkan untuk mengeksekusi penalti. Ia bergabung dengan Gonzalo Higuain sebagai striker paling lemah sekaligus buruk dalam mengambil tendangan dari titik putih.

4. Riyad Mahrez

https://www.youtube.com/embed/KhhTz65RTPw

Meski jadi salah satu pemain paling menarik sekaligus terbaik di Liga Premier, kemampuan dari Mahrez akhir-akhir ini mulai dipertanyakan. Ia memang sangat bagus dalam melakukan dribbling atau mengeksekusi tendangan dari jarak jauh. 

Akan tetapi, semua keterampilan itu terasa kurang dengan kelemahan ia dalam melakukan tendanagn penalti. Mahrez sangat disorot dan dipertanyakan ketika gagal mengeksekusi penalti di pertandingan melawan Liverpool, beberapa waktu yang lalu. 

Secara total, pemain asal Aljazair ini mencatatkan lima kegagalan dari 12 penalti yang dieksekusinya. Dengan kata lain, Mahrez jadi pengeksekusi penalti terburuk di Liga Premier.

5. Lionel Messi

https://www.youtube.com/embed/pEd6DRYR6m8

Untuk seorang pemain yang sangat diandalkan oleh Barcelona dan sering dijadikan pilihan untuk mengeksekusi penalti, catatan dari Lionel Messi sejatinya benar-benar sangat buruk. Messi telah kehilangan lebih dari dua kali lipat tendangan penalti, jika dibandingkan dengan pemain-pemain di daftar ini. 

Dari 103 penalti yang diambilnya, Messi mengalami 24 kali kegagalan (dengan 7 terakhir didapatkan sejak tahun 2016). Jika dibandingkan dengan pemain kelas dunia lain seperti Neymar dan Cristiano Ronaldo, Messi masih tertinggal jauh. 

Sejak berakhirnya Piala Dunia 2018, Messi hingga saat ini belum pernah mengeksekusi tendangan penalti sekalipun.

Baca Juga: Pep Guardiola Tak Suka Gol Penalti Kontroversial Manchester City

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya