5 Alasan Kenapa Lionel Messi Tidak Mungkin Memenangkan Ballon D'or Tahun Ini

Pemain Argentina ini memiliki peluang yang tipis!

Lionel Messi merupakan salah satu pemain sepak bola terbaik di dunia saat ini. Cara ia mempertahankan performanya secara konsisten dalam waktu bertahun-tahun, layak diacungi jempol. Messi merupakan satu dari sedikit wonderkid yang mampu tumbuh menjadi mesin ‘pembunuh’ lawan diatas lapangan.

Sayangnya, musim ini, bisa dibilang Messi tidak mendapat apa yang biasanya ia dapatkan. Ia dan juga Barcelona harus tersingkir di babak perempat final Liga Champions dan kalah di pertandingan terakhir La Liga, yang memupuskan harapan Barcelona untuk bisa tak terkalahkan di liga musim ini.

Catatan lumayan buruk itu, secara tidak langsung menghambat kesempatan Messi untuk bisa meraih Ballon D’or tahun ini. Selain beberapa alasan diatas, berikut 5 alasan lain kenapa Messi tidak mungkin memenangkan Ballon D’or tahun ini.

1. Rivalitas Messi dan Ronaldo yang telah berakhir

5 Alasan Kenapa Lionel Messi Tidak Mungkin Memenangkan Ballon D'or Tahun Inigivemesport.com

Messi dan Ronaldo telah mendominasi sepak bola Eropa selama satu dekade terakhir. Masing-masing dari mereka, sejauh ini telah memenangkan 5 Ballon D’or. Pemain terakhir yang mampu memenangkan Ballon D’or selain Messi dan Ronaldo, adalah Kaka yang mendapatnya pada tahun 2007.

Namun musim ini, persaingan antara dua pemain terbaik La Liga itu nampaknya sudah berakhir. Musim ini, Lewandowski menunjukkan penampilan yang sangat mengesankan, dan bisa dibilang setara dengan kesuksesan Messi musim ini.

Bahkan, Lewandowski mengalahkan kesuksesan Messi di Liga Champions, dengan membawa Bayern Munich menuju babak semifinal. Dan tentu saja, Lewandowski bukan satu-satunya yang bersinar musim ini, sebab masih ada pemain bernama Mohammed Salah yang sangat menakjubkan.

2. Kehadiran Mohammed Salah

5 Alasan Kenapa Lionel Messi Tidak Mungkin Memenangkan Ballon D'or Tahun Iniirishtimes.com

Kita semua tentu saja tahu apabila Mohammed Salah telah menunjukkan performa terbaiknya di musim pertamanya bersama Liverpool dimana ia layak untuk disebut sebagai pemain terbaik di dunia, bersama dengan Messi dan Ronaldo. Pengaruh yang didatangkan Mo Salah, juga jauh lebih besar ketimbang Messi.

Di Liga Premier saja, ia langsung memecahkan banyak rekor. Salah satu diantaranya adalah memecahkan rekor gol terbanyak dalam satu musim, yang awalnya dipegang oleh Ronaldo, Suarez dan juga Alan Shearer. Selain itu, Mo Salah juga dinobatkan sebagai pemain terbaik PFA tahun ini.

Dan, salah satu dampak terbaik yang diberikan Mo Salah adalah, ia berhasil membawa Liverpool menuju final Liga Champions berkat konsistensi performanya sepanjang kompetisi.

3. Performa kurang mengesankan di Liga Champions

5 Alasan Kenapa Lionel Messi Tidak Mungkin Memenangkan Ballon D'or Tahun Inimedium.com

Barcelona awalnya difavoritkan untuk bisa menuju semifinal Liga Champions, terlebih setelah mereka berhasil menang 4-1 di leg pertama. Sayangnya, keberuntungan berkata lain, dimana Barca dipaksa untuk mundur setelah kalah di leg kedua dengan skor 3-0.

Mampu membawa klub yang dibela menjuarai Liga Champions, bisa dibilang merupakan syarat utama bagi seorang pemain jika ingin mendapat Ballon D’or. Sayangnya, Messi yang pernah membawa Barcelona menjuarai Liga Champions sebanyak 4 kali, gagal memenuhi syarat itu.

Dengan dua rival utamanya musim ini, yaitu Mohammed Salah dan Cristiano Ronaldo yang akan bertempur habis-habisan di final Kyev nanti, bisa dipastikan jika Ballon D’or berada jauh dari jangkauan Messi.

4. Ketidakmungkinan untuk bisa memenangkan Piala Dunia bersama Argentina

5 Alasan Kenapa Lionel Messi Tidak Mungkin Memenangkan Ballon D'or Tahun Inisi.com

Tahun ini, Argentina tidak difavoritkan untuk mengangkat trofi Piala Dunia Rusia 2018. Baru-baru ini, Argentina dipermalukan oleh Spanyol dengan skor 6-1 di pertandingan persahabatan. Ketidakhadiran Messi dipertandingan itu, disinyalir menjadi alasan utama kenapa Argentina begitu terpuruk.

Fakta ini, secara tidak langsung membuktikan jika Argentina, tidak bisa berbuat banyak tanpa kehadiran Messi. Selain karena ketergantungan terhadap sosok Lionel Messi, kehadiran timnas raksasa lainnya seperti Prancis, Jerman, Spanyol, Belgia, dan Brasil, membuat kesempatan Argentina untuk bisa meraih trofi Piala Dunia semakin tipis.

Jika ingin memenangkan Ballon D’or lagi, setidaknya Messi harus bisa membangun timnas Argentina menjadi lebih baik, dengan catatan tidak tergantung terhadap dirinya.

5. Kebangkitan Cristiano Ronaldo

5 Alasan Kenapa Lionel Messi Tidak Mungkin Memenangkan Ballon D'or Tahun Inifhm.com

Selama satu dekade terakhir, persaingan untuk Ballon d'Or dipersempit menjadi dua pemain, yaitu Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Di paruh pertama musim ini, Ronaldo tidak menunjukkan kemampuan terbaiknya. Namun, di paruh kedua, kapten timnas Portugal ini mampu membalikkan keadaan dan ia menjadi salah satu pemain tak terhentikan di Liga Champions musim ini.

Dalam 26 pertandingan di La Liga saja, CR7 berhasil mencetak 25 gol dan 5 assist. Catatan statistik ini terbilang mengejutkan, untuk seorang pemain yang hanya bisa mencetak 1 gol di setengah musim pertama. Sedangkan di Liga Champions, Ronaldo malah menggila setelah ia sukses mencetak 15 gol dan 3 assist, dalam 12 pertandingan saja. Apabila Ronaldo memenangkan Liga Champions musim ini, bisa dipastikan Messi telah kalah secara mutlak.

Demikian tadi opini mengenai alasan kenapa Messi tidak mungkin memenangkan Ballon D’or 2018. Messi masih memiliki banyak waktu untuk mengejar perolehan Ballon D’or, apabila Ronaldo berhasil meraihnya musim ini. Akan tetapi, dengan banyaknya talenta baru yang bermunculan, Messi sepertinya harus bekerja lebih keras lagi jika ingin meraih Ballon D’or sebanyak-banyaknya.

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya