Sudah Tahu, Ini 5 Derby Paling Seru & Terbesar di London

Ada salah satu tim favorit kamu?

Siapa yang tidak suka derby? Persaingan dan gairah yang terjadi dalam pertandingan merupakan beberapa dari sekian banyaknya hal yang membuat sepak bola begitu menggairahkan dan tak tertandingi. Sepak bola Inggris memiliki beberapa derby panas dan terkenal seperti derby Merseyside dan derby Manchester yang jarang mengecewakan.

Dengan lebih dari sepuluh tim yang dibentuk di lebih dari tiga divisi, kota London rupanya menyimpan beberapa derby terbaik di negara tersebut yang tidak bisa dilewatkan oleh penggemar. Daripada penasaran, langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. West London Derby – Fulham vs Queens Park Rangers/Brentford

Sudah Tahu, Ini 5 Derby Paling Seru & Terbesar di Londonwestlondonsport.com

West London Derby pada dasarnya merupakan derbi yang mempertemukan 4 tim yaitu Brentford, Chelsea, QPR dan Fulham. Akan tetapi, tim-tim tersebut sebagian besar telah berada di divisi terpisah dengan dominasi Chelsea di Liga Premier yang berarti sangat sulit bagi penggemar untuk bisa menikmati derby ini lagi.

Tiga klub lainnya selain Chelsea, saat ini bermain bersama di Championship dan meskipun pertandingan yang mempertemukan mereka satu sama lain tidak sepanas ketika bertemu Chelsea. Fans mengaku masih bangga dengan derby 'tim kecil' tersebut. Baik Brentford maupun QPR sekarang sama-sama menganggap Fulham sebagai saingan utama mereka, sebab penggemar QPR tidak menganggap Brentford sebagai salah satu dari 3 rival teratas mereka.

2. Chelsea vs Tottenham Hotspur

Sudah Tahu, Ini 5 Derby Paling Seru & Terbesar di Londoneurosport.com

Sementara Chelsea dan Spurs belum menjadi yang paling sengit dalam persaingan di Liga Premier, dalam jangka panjang, pertandingan yang mempertemukan mereka menjadi sangat relevan dalam beberapa musim terakhir. Bahkan musim lalu, Tottenham Hotspur menjadi aktor dibalik gagalnya Chelsea mengambil alih rekor kemenangan beruntun dengan 13 pertandingan tanpa kalah.

Dengan The Lilywhites yang tiap musim makin berkembang serta menjadi lebih baik dan Chelsea yang sekarang sudah menjadi tim mapan, pertandingan yang mempertemukan dua tim papan atas London ini nampaknya memiliki rasa dan tujuan yang baru. Sehingga para penggemar dapat mengharapkan momen-momen panas di masa mendatang.

3. Dockers Derby - Millwall FC vs West Ham United

Sudah Tahu, Ini 5 Derby Paling Seru & Terbesar di Londonthedaisycutter.co.uk

Salah satu alasan kenapa derbi ini menduduki peringkat ketiga di daftar ini adalah fakta bahwa derbi yang mempertemukan Millwall City dan West Ham United ini jarang terjadi lantaran kedua tim bermain di divisi yang berbeda. Persaingan bertajuk South London vs East London Derby ini juga dikenal sebagai Dockers Derby karena ikatan sejarah kedua klub dengan industri galangan kapal di sepanjang Sungai Thames.

Meskipun jarang terjadi (pertandingan terakhir terjadi pada tahun 2012), derby yang satu ini seringkali dirusak oleh para hooligans dari masing-masing kubu yang tidak bisa menyimpan intensitas amarah terhadap penggemar tim rival. Jika dilihat dari statistik, Millwall masih unggul dengan 38 kemenangan, sementara West Ham masih di angka 34 kemenangan.

4. Arsenal vs Chelsea

Sudah Tahu, Ini 5 Derby Paling Seru & Terbesar di Londonskysports.com

Derby yang mempertemukan Arsenal dan Chelsea sudah menjadi persaingan terpanas sejak tahun 2000-an, ketika pemain dari salah satu tim bermain untuk tim rival dan menjadi terkenal. Derby yang satu ini telah melahirkan banyak momen-momen mengesankan, dan salah satunya terjadi pada musim 2013/14 dimana Chelsea menodai pertandingan ke-1000 Arsene Wenger dengan membantai Arsenal 6 gol tanpa balas.

Derby ini merupakan salah satu derbi yang tidak hanya terbesar di Inggris, namun juga di Eropa. Dan di beberapa tahun terakhir, derby ini memiliki efek yang cukup besar terhadap perburuan gelar di Liga Premier. Saat ini, Arsenal masih memimpin dengan 76 kemenangan berbanding 62 kemenangan untuk Chelsea.

5. The North London Derby – Arsenal vs Tottenham Hotspur

Sudah Tahu, Ini 5 Derby Paling Seru & Terbesar di Londonespn.co.uk

Tidak dapat diragukan lagi jika North London Derby merupakan derby paling intens, sengit dan relevan di kota London, yang bisa dibilang menjadi derby kedua terbaik sepanjang sejarah liga Inggris setelah Merseyside Derby. Persaingan tidak hanya relevan di era modern seperti saat ini, namun juga cukup sengit pada tahun 1913 ketika The Gunners pindah ke Highbury, dengan jarak klub yang hanya terpisah sejauh 6,4 km saja.

Seperti yang diketahui banyak pecinta sepak bola, kebangkitan Tottenham Hotspur telah membuat derby ini lebih seru dan merata, dengan pertandingan yang sangat relevan dalam satu dekade belakangan ini. Derby ini telah diperebutkan sebanyak 194 kali dengan Arsenal yang kini memimpin dengan 81 kemenangan, sementara Spurs 62 kemenangan.

Demikian tadi ulasan tentang derby paling seru dan terbesar di London, Inggris. Dengan kota London yang sejauh ini memiliki banyak sekali tim sepak bola, maka tak heran jika beberapa derby di atas berakhir ricuh dan panas karena intensitas permainan yang ditawarkan sangatlah tinggi.

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya