5 Pemain Pinjaman Terbaik yang Mampu Bawa Perubahan Luar Biasa di EPL

Kualitas mereka berhasil bawa tim terkait menjadi lebih baik

Tak hanya menghasilkan banyak kesepakatan transfer pemain secara penuh, tim-tim di Liga Premier juga kerap kali melakukan kesepakatan peminjaman pemain. Umumnya, peminjaman pemain dilakukan karena suatu tim tidak mampu mendatangkan pemain yang mereka inginkan secara permanen atau sebagai bentuk usaha untuk memperbaiki ‘celah yang berlubang’ pada skuad mereka.

Di sepanjang sejarah Liga Premier, ada beberapa pemain yang ditransfer dengan status pinjaman dan sukses membawa tim baru yang mereka bela, menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Berikut 5 diantaranya - versi IDN Times.

1. Kevin Campbell (Trabzonspor ke Everton)

5 Pemain Pinjaman Terbaik yang Mampu Bawa Perubahan Luar Biasa di EPLthesefootballtimes.co

Sama seperti yang dirasakan Birmingham City di 2002/03, musim 1998/99 yang dilakoni Everton berjalan dengan sangat buruk. Di sepanjang paruh pertama musim, Everton berusaha sebisa mungkin untuk menjauh dari zona degradasi.

Akhirnya, di jendela transfer Januari, Everton memutuskan untuk meminjam Kevin Campbell dan Trabzonpor, yang mana kesepakatan itu berhasil dengan sangat baik. Campbell benar-benar membantu Everton lewat 9 gol dari 8 pertandingan pertamanya dan dengan aman membawa tim berjuluk The Toffees itu naik ke papan tengah.

2. Robbie Keane (Inter Milan ke Leeds United)

5 Pemain Pinjaman Terbaik yang Mampu Bawa Perubahan Luar Biasa di EPLvox.com

Ketidaktertarikan pelatih baru Inter Milan – Marco Tadelli, membuat Robbie Keane harus tersingkir secara perlahan dari skuad utama. Untungnya, pelatih Leeds United kala itu – David O’Leary melihat potensinya yang luar biasa dan menunjukkan ketertarikan terhadapnya. Kesepakatan akhirnya tercapai dan Keane resmi bergabung dengan Leeds United sebagai pemain pinjaman di pertengahan musim 2000/01.

Keane secara signifikan langsung memberikan dampak dengan mencetak 9 gol dari 14 pertandingan yang diikutinya. Ia juga ikut ambil bagian dalam usaha Leeds untuk meraih tempat di Liga Champions, meski pada akhirnya Leeds kalah dari Newcastle United dengan selisih 6 poin.

3. Christophe Dugarry (Bordeaux ke Birmingham City)

5 Pemain Pinjaman Terbaik yang Mampu Bawa Perubahan Luar Biasa di EPLbcfcfollowers.com

Pada musim 2002/03, Birmingham City mengalami situasi yang pelik dimana mereka terdampar di peringkat 15 dan berpotensi untuk semakin turun ke zona degradasi. Kala itu, Birmingham hanya memiliki dana untuk menyelematkan diri dan melakukan peminjaman pemain menjadi satu-satunya cara yang bisa ditempuh.

Alhasil, setelah beberapa penawaran kesepakatan, Birmingham akhirnya mendapat Dugarry dengan status pinjaman dari Bordeaux. Duggary langsung memberikan dampak yang signifikan kala itu, dimana ia mencatatkan 5 gol dan menyelamatkan Birmingham dari jurang degradasi.

Baca Juga: 6 Pemain Top EPL yang Pindah ke Juventus Dalam Kurun 10 Tahun Terakhir

4. Mikel Arteta (Real Sociedad ke Everton)

5 Pemain Pinjaman Terbaik yang Mampu Bawa Perubahan Luar Biasa di EPLpremierleague.com

Di musim debutnya bersama Real Sociedad, Mikel Arteta hanya mendapatkan kesempatan untuk 3 kali bermain. Krisis tersebut membuat Arteta harus segera pindah untuk menyelamatkan karirnya. Pada pertengahan musim 2004/05, Arteta akhirnya hijrah ke Everton namun sebagai pemain pinjaman.

Bersama Everton, Arteta menunjukkan kontribusi yang instan dan signifikan. Ia dengan cepat menjadi idola baru bagi publik Goodison Park, melalui kecerdasannya dalam melakukan passing dan membawa kreativitas bagi keseluruhan tim. Karena kontribusinya, Everton kala itu berhasil lolos ke babak kualifikasi Liga Champions dengan finish di posisi ke-4.

5. Romelu Lukaku (Chelsea ke West Bromwich Albion)

5 Pemain Pinjaman Terbaik yang Mampu Bawa Perubahan Luar Biasa di EPLsbnation.com

Kurangnya kesempatan untuk bermain reguler di Chelsea, memaksa Romelu Lukaku untuk hijrah sebagai pemain pinjaman ke West Bromwich Albion pada musim 2012/13. Saat itu, WBA yang baru saja berganti pelatih, kebetulan memang membutuhkan sosok striker baru untuk mengatasi krisis mencetak gol di lini depan.

Lukaku langsung menunjukkan kapasitas yang dimilikinya, dengan catatan 17 gol dari 33 pertandingan yang dilakoninya. Ia membantu WBA lolos dari zona degradasi dengan mengantarkan tim yang bermarkas di The Hawthorns itu untuk duduk di posisi ke-8 klasemen.

Itulah tadi 5 pemain pinjaman terbaik yang sukses membawa perubahan di EPL - versi IDN Times. Dari 5 pemain diatas, ada idola kamu?

Baca Juga: 5 Kandidat Kuat Peraih Penghargaan Pemain Muda Terbaik EPL Musim Ini

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya