5 Penyebab Dibalik Menurunnya Performa Real Madrid Musim Ini

Ada apa dengan Los Galacticos?

Real Madrid yang dalam tiga musim terakhir berhasil menjadi tim paling mematikan di daratan Eropa karena raihan tiga trofi Liga Champions secara berturut-turut, seakan kehilangan daya magisnya musim ini. Setelah kekalahan memalukan 5-1 melawan Barcelona yang dilanjutkan dengan kekalahan lain melawan Levante dan Eibar, Real Madrid kini terpaksa harus duduk di peringkat 6 klasemen.

Meski di Liga Champions cukup baik, faktanya performa Real Madrid secara keseluruhan di musim ini, cenderung biasa-biasa saja. Nah, berkaitan dengan itu, disini IDN Times akan memberikan sedikit ulasan mengenai 5 penyebab dibalik menurunnya performa Real Madrid musim ini. Berikut ulasannya.

1. Mengabaikan Keylor Navas

5 Penyebab Dibalik Menurunnya Performa Real Madrid Musim Iniespn.com

Kiper asal Kosta Rika – Keylor Navas, telah menjadi pemain kunci bagi Real Madrid dalam beberapa musim terakhir. Namun, sejak kedatangan Courtois di awal musim ini, peran vital dari Navas mulai tergantikan. Imbasnya, Courtois yang diharapkan bisa sebaik atau mungkin lebih baik dari Navas, justru gagal menunjukkan penampilan terbaiknya.

Ini tentu saja sangat merugikan bagi Los Galacticos, yang disatu sisi memilih untuk mengabaikan Navas demi kiper mahal yang tidak sesuai ekspektasi. Namun di sisi lain, sepertinya sulit bagi Navas untuk bisa menggantikan Courtois terlepas dari penampilan buruk yang terus ditunjukkan oleh kiper timnas Belgia itu.

2. Selalu gagal mendapatkan striker yang diinginkan

5 Penyebab Dibalik Menurunnya Performa Real Madrid Musim Iniskysports.com

Real Madrid selalu aktif di bursa transfer untuk mencari seorang striker. Banyak pemain yang telah menjadi target dari Real Madrid, mulai dari Hazard, Mbappe, M. Salah hingga Neymar. Namun, tidak ada satupun dari penyerang tersebut, yang berakhir pindah ke Santiago Bernabeu.

Real Madrid sejatinya masih punya Benzema yang hebat, namun itu masih kurang. Selain itu, taktik yang diterapkan Solari juga tidak begitu cocok dengan gaya permainan dari Benzema sendiri. Disamping itu, Bale dan Isco juga dikabarkan ingin hengkang dengan alasan yang sama, yaitu tidak adanya striker yang benar-benar luar biasa di lini depan.

Baca Juga: Taklukkan AS Roma 2-0, Real Madrid Rebut Tiket 16 Besar Liga Champions

3. Zidane mengundurkan diri sebagai pelatih

5 Penyebab Dibalik Menurunnya Performa Real Madrid Musim Iniskysports.com

Tidak ada pelatih yang punya kesuksesan instan secepat Zinedine Zidane. Dalam kurun waktu tiga musim terakhir, legenda timnas Perancis itu sukses membawa Real Madrid meraih tiga trofi Liga Champions secara berturut-turut. Namun, setelah trofi UCL ketiganya sebagai pelatih, Zidane memutuskan untuk hengkang, dimana itu sekaligus menjadi awal bagi keterpurukan Real Madrid.

Julen Lopetegui yang ditunjuk sebagai suksesor Zidane, juga gagal dalam mengemban tugasnya untuk menjaga superioritas Real Madrid. Setelah serangkaian hasil buruk, Lopetegui akhirnya dipecat dan digantikan oleh Santiago Solari yang kini berusaha keras untuk kembali menstabilkan performa Real Madrid.

4. Kepergian Cristiano Ronaldo

5 Penyebab Dibalik Menurunnya Performa Real Madrid Musim Inisportbible.com

Cristiano Ronaldo, pemain yang selalu menjadi andalan Real Madrid di setiap pertandingan dan kompetisi, kini bermain untuk Juventus di Serie A. Kepergian pemain yang bermain meraih lima gelar Ballon D’or itu, meninggalkan celah yang sangat besar bagi Real Madrid. Dengan skill serta kecepatannya yang luar biasa, sulit untuk menemukan pengganti sepadan bagi seorang Cristiano Ronaldo.

Juventus, di sisi lain, belum pernah mengalami kekalahan sekalipun di Serie A sejak kedatangan Ronaldo. Jika ingin segera mendapatkan kejayaannya kembali, Real Madrid harus bergerak cepat untuk mencari pengganti sepadan bagi bintang asal Portugal itu.

5. Kepercayaan diri

5 Penyebab Dibalik Menurunnya Performa Real Madrid Musim Iniaawsat.com

Semenjak hengkangnya Ronaldo sebagai pemain dan Zidane sebagai pelatih, rasa percaya diri keseluruhan tim Real Madrid, terlihat sangat menurun. Ini ditunjukkan dengan permainan tidak kreatif seperti biasanya dan rapuhnya lini pertahanan. Pelatih baru yaitu Santiago Solari, harus kembali menemukan taktik dan formasi terbaik, demi mengembalikan Real Madrid ke jalur kemenangan. Dengan paruh musim yang hampir mendekati, Real Madrid harus bertindak cepat untuk kembali meraih momentum dan kembali menjadi pesaing untuk trofi La Liga musim ini.

Demikian tadi ulasan mengenai penyebab dibalik menurunnya performa Real Madrid musim ini. Apakah kamu punya opini lain terkait hal ini? Jika ada, langsung saja share di kolom komentar ya!

Baca Juga: Liga Champions: Empat Alasan Kenapa Real Madrid Bisa Menekuk AS Roma

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya