Kamu Harus Tahu, Ini Dia Negara-Negara yang Pernah Menjuarai Piala Dunia

#WorldCup2018 Semoga Indonesia suatu saat bisa ikut berpartisipasi yah!

FIFA (Federation Internationale de Football Association) merupakan organisasi yang mengatur sepak bola internasional, salah satunya kejuaraan World Cup atau Piala Dunia.

Kejuaraan Piala dunia diselenggarakan pertama kali pada tahun 1930 di Uruguay. Kemudian berturut-turut setiap empat tahun sekali, kecuali pada tahun 1942 dan 1946 yang tidak diselenggarakan karena adanya Perang Dunia II.

Total gelaran Piala Dunia hingga terakhir pada tahun 2014 di Brazil, yaitu sudah 20 kali. Berikut negara-negara yang sudah mencicipi Trophy Emas

 

1. Brazilia

Kamu Harus Tahu, Ini Dia Negara-Negara yang Pernah Menjuarai Piala Duniafifa.com

Brazil merupakan negara paling banyak yang meraih Trophy Emas ini, yaitu 5 kali. Pada Tahun 1958, Brazil menjuarai Piala Dunia untuk pertama kalinya di Swedia, dengan mengalahkan tuan rumah dengan skor 5-2. Kemudian tahun 1962, 1970, 1994, dan terakhir pada tahun 2002 ketika Piala Dunia diselenggarakan di benua Asia untuk pertama kalinya yaitu di Jepang dan Korea Selatan.

2. Jerman

Kamu Harus Tahu, Ini Dia Negara-Negara yang Pernah Menjuarai Piala Duniafifa.com

Dahulu adalah Jerman Barat pada tahun 1990, sampai tembok Berlin dihancurkan. Jerman menjuara 4 kali Piala Dunia yaitu pada tahun 1954, 1974, 1990, dan pada tahun 2014.

3. Italia

Kamu Harus Tahu, Ini Dia Negara-Negara yang Pernah Menjuarai Piala Duniafifaworldcup.tk

Italia menjuarai Piala Dunia sama dengan Jerman yaitu 4 kali. Pada Piala Dunia tahun 2006, di pertandingan final Italia mengalahkan Perancis berakhir imbang sampai babak adu pinalti. 3 Piala Dunia lainnya di raih pada tahun 1934, 1938, dan 1982.

4. Uruguay

Kamu Harus Tahu, Ini Dia Negara-Negara yang Pernah Menjuarai Piala Duniaeuropebetweeneastandwest.wordpress.com

Bila kamu melihat Jersey Uruguay, kamu akan melihat ada 4 bintang. Bintang itu menandakan Piala Dunia yang sudah diraih. Loh? Bukankah Uruguay itu hanya 2 kali juara Piala Dunia, yaitu pada tahun 1930 dan 1950? 

Ternyata, dua bintang lagi merupakan apresiasi terhadap medali emas Uruguay pada Olimpiade 1924 dan 1928, tepat sebelum Piala Dunia digulirkan. Karena Olimpiade diselenggarakan dengan aturan FIFA, kompetisi itu juga dikenal sebagai Turnamen Dunia FIFA. Begitu sob ceritanya. 

 

5. Argentina

Kamu Harus Tahu, Ini Dia Negara-Negara yang Pernah Menjuarai Piala Duniaksdi.net

Agentina menjuarai Piala Dunia 2 kali yaitu pada tahun 1978 dan 1986. Argentina berpeluang meraih Piala Dunia yang ketiganya. Namun, impian itu di kubur oleh Jerman pada pertandingan final Piala Dunia 2014

6. Inggris

Kamu Harus Tahu, Ini Dia Negara-Negara yang Pernah Menjuarai Piala Duniahaddenham.net

Inggris menjuarai Piala Dunia hanya aekali, yaitu pada tahun 1966. Tim yang dijuluki The Three Lion itu menundukkan Jerman Barat dengan skor 4-2 di partai puncak.

7. Perancis

Kamu Harus Tahu, Ini Dia Negara-Negara yang Pernah Menjuarai Piala Duniaedition.cnn.com

Perancis menjuarai Piala Dunia hanya pada tahun 1998. Tim ayam jantan ini berhasil mengawinkan Piala Dunia dengan Piala Eropa pada tahun 2000.

8. Spanyol

Kamu Harus Tahu, Ini Dia Negara-Negara yang Pernah Menjuarai Piala Duniaksdi.net

Tahun 2010 bisa disebut tahunnya timnas Spanyol, yaitu dengan meraih Piala Dunia. Selain sukses di cabang sepak bola, Spanyol berjaya di cabang olahraga lainnya, seperti MotoGP dengan Lorenzo, F1 dengan Fernando Alonso, Tenis dengan Rafael Nadal.Selain Perancis, Spanyol juga berhasil mengawinkan dua gelar, yaitu Piala Dunia dengan Piala Eropa pada tahun 2012.

 

Itu dia Sob, negara-negara yang pernah menjuarai Piala Dunia. Dari salah satu negara di atas, adakah favorit kamu? Selain Timnas Indonesia pastinya.

 

 

Arif Rahmanto Photo Verified Writer Arif Rahmanto

pecinta kopi panas dan es teh manis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya