5 Rekor Menakjubkan Mesut Ozil, Pernah Kalahkan Cantona

Ini berbagai rekor menakjubkan Mesut Ozil

Penggemar sepak bola tentu mengenal nama Mesut Ozil yang kini membela Arsenal. Meski kini ia harus tersingkir dari skuad Arsenal di bawah pelatih Mikel Arteta, Mesut Ozil memiliki karier yang cukup bagus.

Ozil menjadi pemain penting saat Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014 dan menciptakan banyak assist selama membela klubnya. Sebelum memperkuat Arsenal, Ozil sudah menjadi bintang di Real Madrid asuhan Jose Mourinho kala itu. Ia sukses jadi penyuplai bola untuk Higuain dan Cristiano Ronaldo.

Mesut Ozil dalam kariernya sudah menorehkan banyak prestasi. Berikut ini beberapa rekor yang berhasil diraih Mesut Ozil selama kariernya sebagai pemain sepak bola.

Baca Juga: Termasuk Mesut Ozil, Ini 5 Pemain yang Kariernya Meredup di Arsenal 

1. Pemain pertama yang mencatatkan 50 assist tercepat di Liga Inggris

5 Rekor Menakjubkan Mesut Ozil, Pernah Kalahkan Cantonaarsenal.com

Mesut Ozil sering dijuluki raja assist karena kemampuannya dalam mengirimkan umpan-umpan matang untuk penyerang. Mesut Ozil adalah satu pemain yang mematahkan rekor Eric Cantona yang membuat 50 assist dalam 143 pertandingan di Liga Inggris.

Ozil malah lebih baik daripada Cantona karena menorehkan 50 assist dengan 141 pertandingan. Namun, rekornya berhasil dikalahkan oleh Kevin De Bruyne. Bahkan, Kevin De Bruyne hanya membutuhkan 123 laga untuk membuat 50 assist.

2. Assist terbanyak kedua dalam satu musim sepanjang sejarah Liga Inggris

5 Rekor Menakjubkan Mesut Ozil, Pernah Kalahkan Cantonacaughtoffside.com

Mesut Ozil juga menjadi salah satu pemain di Liga Inggris yang membukukan assist terbanyak dalam satu musim Liga Inggris. Ia berhasil menorehkan 19 assist pada tahun 2016.

Sebelum mencetak rekor tersebut pada tahun 2016, Mesut Ozil sempat mempersembahkan gelar LaLiga untuk Real Madrid. Ia pindah ke Arsenal pada tahun 2013. Ia ditransfer dengan mahar 50 juta euro dari Real Madrid dan menjadi pembelian termahal Arsenal saat itu.

3. Masuk ke dalam daftar pemain Jerman terbaik di Liga Inggris

5 Rekor Menakjubkan Mesut Ozil, Pernah Kalahkan Cantonaarsenal.com

Ada banyak pemain Jerman yang berkarier di Liga Inggris. Sebelum Ozil ada Jurgen Klinsmann dan Uwe Rosler yang lebih dulu menjadi bintang di Liga Inggris.

Belum lagi ada nama Michael Ballack dan Leroy Sane yang juga bisa jadi pemain terbaik Jerman di Liga Inggris. Namun, jika menilik prestasinya, Mezut Ozil berhasil menjadi yang terdepan dalam urusan mencetak gol dan assist daripada pemain Jerman lainnya di Liga Inggris.

Mesut Ozil mencetak 33 gol dan 54 assist selama 184 pertandingan bersama Arsenal. Untuk penampilan terbanyak di Liga Inggris, ia hanya kalah dari Robert Huth dan Dietmar Hammann.

4. Assist terbanyak di Eropa saat membela Real Madrid  

5 Rekor Menakjubkan Mesut Ozil, Pernah Kalahkan Cantonarealmadrid.com

Pada musim pertamanya di Real Madrid, ia berhasil mencuri perhatian dengan mengalahkan gelandang andalan Barcelona dalam hal assist terbanyak. Mesut Ozil berhasil membukukan 25 assist yang menjadikannya pemain dengan assist terbanyak di Eropa saat itu.

Tidak hanya memberi assist, Mesut Ozil juga berhasil mempersembahkan gelar LaLiga bersama Real Madrid. Mesut Ozil adalah pemain penting dalam memberikan umpan-umpan matang untuk Gonzalo Higuain dan Cristiano Ronaldo.

5. Pemain termuda yang masuk dalam 10 pemain terbaik di FIFA Ballon d'Or

5 Rekor Menakjubkan Mesut Ozil, Pernah Kalahkan Cantonaarsenal.com

Penampilan apiknya bersama Real Madrid dan timnas Jerman membuat dia masuk dalam penghargaan pemain terbaik di dunia. Ia menempati peringkat 10 dalam penghargaan tersebut. Namun, ia adalah pemain termuda yang masuk dalam 10 besar pemain terbaik Ballon d'Or FIFA 2012.

Kariernya di timnas juga tak kalah hebat. Selain mempersembahkan gelar piala dunia, pada 29 Februari 2012, Ozil juga dinobatkan sebagai pemain internasional Jerman terbaik tahun 2011. Dalam 88 penampilan bersama timnas Jerman, ia berhasil mencetak 22 gol di level internasional.

Melihat prestasi Ozil, sudah pantaskah Ozil menjadi legenda Arsenal?

Baca Juga: 5 Problem Utama Arsenal Musim Ini, Termasuk Mesut Ozil

Arif Setyabudi S Photo Writer Arif Setyabudi S

Penggemar sepakbola dan suka traveling

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya