Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Italia Vs. Spanyol di Semi Final UEFA Nations League

Spanyol hentikan rekor 37 laga tak terkalahkan Italia

Italia harus mengakui keunggulan Spanyol pada semi final UEFA Nations League di San Siro, Milan, Kamis (7/10/2021) dini hari WIB. 

Spanyol berhasil menuntaskan perlawanan tim tuan rumah dengan skor 2-1. Ferran Torres menjadi aktor kemenangan Spanyol berkat sepasang golnya di babak pertama. Sementara, tim nasional Italia asuhan Roberto Mancini hanya mampu membalas satu gol melalui Lorenzo Pellegrini, tujuh menit jelang peluit panjang berbunyi. 

Usai laga Italia kontra Spanyol, sejumlah fakta menarik turut mewarnai duel kedua tim. Berikut adalah lima fakta yang tersaji dalam laga tersebut. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Caps 112 Bonucci untuk timnas berakhir kartu merah 

5 Fakta Menarik Italia Vs. Spanyol di Semi Final UEFA Nations Leaguepotret kartu merah Leonardo Bonucci (90min.com)

Kartu merah yang dikeluarkan wasit menjadi salah satu momen krusial dalam laga tersebut. Sedang gencar-gencarnya melakukan serangan untuk menyamakan kedudukan, Leonardo Bonnuci justru diusir keluar lapangan pada menit ke-41.

Kapten timnas Italia semalam melakukan pelanggaran keras terhadap Sergio Busquets. Tanpa ampun wasit langsung memberikan kartu kuning kedua kepada Bonucci, setelah kartu kuning pertama telah diberikan di menit ke-30. Uniknya, laga tersebut merupakan penampilan ke-112 Bonucci, dimana bek Juventus tersebut menjadi pemain ke-7 yang memiliki caps terbanyak bagi timnas Italia.

2. Rekor tak terkalahkan Italia terhenti

5 Fakta Menarik Italia Vs. Spanyol di Semi Final UEFA Nations Leaguepotret timnas Italia (twitter.com/Azzurri_En)

Sebelum menjamu Spanyol, tim nasional Italia punya rekor yang tak pernah dimiliki negara manapun. Italia sukses berlaga tanpa sekalipun kalah dalam 37 pertandingan selama lebih dari tiga tahun. Titel juara Euro 2020 saat mengalahkan Inggris di Wembley menjadi pemanis rekor Gli Azzurri tersebut.

Penampilan impresif Spanyol pada laga semi final UEFA Nations League menghentikan pencapaian luar biasa timnas Italia. Tak hanya itu, hasil yang juga menjadi kekalahan kandang perdana Italia di kancah kompetitif dari tahun 1999.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Tak Dibawa Belgia di Semifinal UEFA Nations league

3. Donnarumma kembali bermain di San Siro

5 Fakta Menarik Italia Vs. Spanyol di Semi Final UEFA Nations Leaguepotret Donnarumma usai kebobolan (talksport.com)

Laga Italia vs Spanyol menandai kembalinya Gianluigi Donnarumma bermain di San Siro. Namun, siapa sangka pertandingan ini justru memberikan tekanan berat bagi sang kiper. Tiap kali menyentuh bola, Donnarumma malah mendapat teriakan yang menjatuhkan dari fans AC Milan yang belum terima dengan kepergiannya ke Prancis.

Selain itu, kekalahan atas La Furia Roja juga menghentikan rekor pribadi milik Donnarumma. Sejak melakukan debut tahun 2016, punggawa PSG tersebut tak pernah kebobolan lebih dari satu gol saat membela Italia.

4. Gavi, pemain termuda dalam sejarah timnas Spanyol

5 Fakta Menarik Italia Vs. Spanyol di Semi Final UEFA Nations Leaguepotret bintang muda Spanyol, Gavi (90min.com)

Kemenangan Spanyol juga menandai debut manis gelandang muda, Gavi. Baru berusia 17 tahun, Gavi menjadi pemain termuda yang memperkuat timnas dalam sejarah sepak bola Spanyol. 

Sebelumnya, rekor Angel Zubieta sebagai pemain termuda bertahan hingga 85 tahun. Kini, rekor tersebut telah berpindah ke tangan Gavi yang melakoni debut dengan usia 222 hari lebih muda. Penampilan wonderkid Barcelona di laga debutnya juga terbilang luar biasa. Melawan sang jawara Eropa, sang pemain mampu mendominasi lini tengah pertandingan. 

5. Ferran Torres bintang kemenangan La Furia Roja

5 Fakta Menarik Italia Vs. Spanyol di Semi Final UEFA Nations Leaguepotret Ferran Torres (talksport.com)

Sepasang gol Ferran Tores tak hanya mengantarkan Spanyol ke laga final, dua gol tersebut juga memberikan catatan apik sang pemain di setiap laga internasionalnya. Pemain Manchester City ini sudah menghasilkan 12 gol dari 21 laga bersama timnas Spanyol. 

Memulai debut pada September 2020, Ferran Torres tampaknya selalu menjadi pilihan utama Luis Enrique di lini depan Spanyol. Tampil apik sebagai penyerang sentral saat melawan Italia, pemain 21 tahun ini layak disebut bintang baru tim matador.

Nah, itu tadi kelima fakta menarik dalam laga tersebut. Tak hanya melangkah ke final, hasil ini juga menuntaskan balas dendam Spanyol yang takluk dari Italia pada semi final Euro 2020. Sedangkan, bagi Italia kekalahan ini sekaligus menggagalkan ambisi mereka untuk mengawinkan gelar Euro dan UEFA Nations League.

Baca Juga: 5 Pemain Top Prancis yang Tak Dibawa ke Semifinal UEFA Nations League

Artha Pradhika Photo Verified Writer Artha Pradhika

Menulis hanya untuk menghabiskan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya