Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Jelang Arsenal Kontra Tottenham, Derby London Utara

Duel tim London dengan nasib berbeda di awal musim

Pekan ke-6 kompetisi sepak bola teratas tanah Britania, Premier League 2021/2022 bakal menyuguhkan laga sengit bertajuk North London Derby, Arsenal menjamu Tottenham Hotspur di Emirates Stadium, Minggu (26/09/2021) malam.

Arsenal perlahan mulai bangkit usai mengawali liga dengan tiga kekalahan beruntun. Dua kemenangan di pekan ke-4 dan ke-5 menjadi modal berharga kala menjamu Tottenham. Sementara itu, hal berbeda justru dialami oleh tim tamu. Dua kekalahan beruntun baru saja diperoleh Spurs usai tiga kemenangan di awal musim.

Bukan itu saja, sederet fakta menarik juga tersaji jelang laga Arsenal kontra Tottenham edisi kali ini. Simak ulasannya berikut ini!

1. Derbi London Utara edisi ke-204

5 Fakta Menarik Jelang Arsenal Kontra Tottenham, Derby London Utarapotret laga Arsenal vs Tottenham (90min.com)

Laga Arsenal vs Tottenham merupakan salah satu derby paling panas di daratan sepak bola Inggris. Rivalitas kedua tim London Utara ini sudah terjadi sejak 9 November 1896. Pertemuan antar keduanya merupakan yang terlama dan tersengit di Inggris.

Persaingan pun tak hanya terjadi di atas lapangan. Para suporter juga punya gengsi tersendiri saat keduanya bersua. Musim ini, North London Derby edisi ke-204 sendiri akan tersaji di pekan ke-6 Premier League. 

2. Dominasi Arsenal atas Tottenham

5 Fakta Menarik Jelang Arsenal Kontra Tottenham, Derby London Utarapotret para pemain Arsenal (90min.com)

Arsenal memiliki catatan yang lebih baik saat berhadapan dengan Tottenham, khususnya saat bermain di kandang. Dalam 28 pertandingan terakhir The Gunners hanya sekali kalah, tepatnya pada bulan November 2010 silam.

Meski begitu, Arsenal tak pernah menang berturut-turut saat melawan Tottenham. Arsenal terakhir kali sukses melakukannya pada musim 2013-2014. Laga di Emirates Stadium kali ini menjadi kesempatan untuk meraih kemenangan beruntun usai kemenangan 2-1 pada bulan Maret 2021 di edisi Premier League musim lalu. 

Baca Juga: 5 Derby London Utara Terbaik Sepanjang Sejarah Premier League, Panas!

3. Performa impresif Lacazette lawan Spurs

5 Fakta Menarik Jelang Arsenal Kontra Tottenham, Derby London Utarapotret Alexandre Lacazette (theguardian.com)

Sejak membela Arsenal, Alexandre Lacazette jadi sosok pemain yang paling berbahaya bagi Tottenham. Striker Arsenal ini telah terlibat dalam delapan perhelatan North London Derby dengan sukses mencetak enam gol. Bahkan, pria asal Prancis ini selalu mencetak gol dalam tiga pertandingan terakhir melawan Spurs di Emirates.

Meski tak selalu jadi pilihan utama Mikel Arteta, rekor apik Lacazette memberi ancaman tersendiri bagi Spurs.

4. Harry Kane top skor Derbi London Utara

5 Fakta Menarik Jelang Arsenal Kontra Tottenham, Derby London Utarapotret Harry Kane (goal.com)

Di era Premier League, Harry Kane merupakan salah satu pemain paling subur di perhelatan Derbi London Utara. Pemain asal Inggris ini selalu mencetak gol saat melawan Arsenal dengan torehan 9 gol. Sang striker hanya absen mencetak gol pada pertemuan terakhir musim lalu. 

Meski musim ini Kane masih paceklik gol di ajang Premier League, Arsenal harus tetap waspada. Tuah Kane bisa saja hadir pada laga krusial ini. Bukan tanpa alasan, pemain berusia 28 tahun tersebut sudah mulai membuka kran golnya saat Tottenham berhadapan dengan Wolverhampton di ajang Carabao Cup.

5. Lini serang Tottenham tumpul

5 Fakta Menarik Jelang Arsenal Kontra Tottenham, Derby London Utarapotret Son Heung-min (football.london)

Nuno Espirito Santo dihadapkan pada situasi sulit di Premier League awal musim ini. Performa lini depannya tak sebaik musim lalu. Dalam lima pertandingan liga yang sudah dijalani, Spurs hanya mampu mencetak tiga gol saja. Sedangkan musim lalu, catatan 15 gol langsung dihasilkan pada lima pertandingan awal Premier League.

Kenyataan itu tak lepas dari cedera yang dialami oleh tandem Kane, Son Heung-min. Duet kedua penyerang tersebut di musim lalu begitu ditakuti di Liga Inggris. Jelang laga melawan Arsenal, penyerang asal Korea Selatan tersebut kemungkinan akan tampil. Tentu ini menjadi sinyal bahaya yang dikirimkan untuk lini pertahanan The Gunners.

Kelima fakta itulah yang hadir jelang salah satu laga derbi paling panas di Inggris musim ini. Arsenal mengincar kemenangan ketiganya di Premier League, sementara Tottenham berambisi untuk mengakhiri performa buruknya dalam beberapa pertandingan terakhir. Siapa yang bakal pulang dengan jumawa dari laga ini?

Baca Juga: 5 Alasan Arsenal Bisa Bangkit di Ajang Premier League 2021/2022

Artha Pradhika Photo Verified Writer Artha Pradhika

Menulis hanya untuk menghabiskan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya