5 Bintang Sevilla yang Pernah Dibajak Barcelona, Luuk de Jong Terbaru!

Deretan pemain Sevilla yang pindah ke Camp Nou

Usai kehilangan bintangnya Lionel Messi yang hengkang ke PSG, Barcelona aktif mencari pemain hingga penutupan bursa transfer musim panas. Beberapa pemain baru pun berhasil didatangkan guna memperkuat tim mengarungi kompetisi musim ini.

Salah satu pemain yang didatangkan ke Camp Nou berasal dari klub rival, Sevilla. Menariknya, ini bukan kali pertama terjadi. Barcelona pernah beberapa kali merekrut pemain dari tim berjuluk Los Nervionenses.

Nah, siapa saja para pemainnya? Berikut daftar lima pemain Sevilla yang pernah mendarat di Camp Nou. Check this out!

1. Dani Alves

5 Bintang Sevilla yang Pernah Dibajak Barcelona, Luuk de Jong Terbaru!Dani Alves ketika masih membela Barcelona. (goal.com)

Sebelum menikmati sukses bersama Barcelona, Dani Alves sempat merumput di Sevilla. Lima setengah tahun di Andalusia, pemain asal Brazil itu telah memenangkan satu gelar Copa del Rey dan dua Europa League.

Pada 2008, pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu menyebrang ke Catalan. Nasib baik menghampiri Alves, juara La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions datang di musim pertamanya bersama Barcelona. Total, 23 trofi berhasil dimenangkannya ketika berseragam Barcelona hingga 2016.

2. Seydou Keita 

5 Bintang Sevilla yang Pernah Dibajak Barcelona, Luuk de Jong Terbaru!aksi Seydou Keita di Barcelona (barcablaugranes.com)

Seydou Keita merupakan pemain inti di Sevilla semenjak kedatangannya dari tim Prancis, Lensa pada 2007. Gelandang dengan tipe defensif seperti Keita begitu dibutuhkan Blaugrana yang kala itu masih ditangani Pep Guardiola.

Pemain asal Mali itu tampil solid di lini tengah bersama Andres Iniesta dan Xavi Hernandez. Barcelona pun meraih masa keemasan dengan kehadiran sang gelandang selama empat tahun. Usai mengakhiri kontrak di Camp Nou, Keita pernah memperkuat Dalian Aerbin, Valencia, Roma, hingga pensiun di El Jaish pada 2017.

Baca Juga: 5 Pemain Amerika Latin yang Kini Berseragam Sevilla, Lamela Terbaru!

3. Ivan Rakitic 

5 Bintang Sevilla yang Pernah Dibajak Barcelona, Luuk de Jong Terbaru!aksi Ivan Rakitic di Barcelona (instagram.com/ivanrakitic)

Ivan Rakitic menjadi daftar pemain selanjutnya. Gelandang Kroasia datang ke Spanyol tahun 2011 dari Schalke 04 dengan menjalin kesepakatan kontrak bersama Sevilla. Tiga setengah tahun di Ramon Sanchez Pizjuan Stadium, Rakitic mampu mempersembahkan gelar Europa League.

Tampil impresif di Sevilla membuat Barcelona berani mengambil langkah dengan merekrutnya di tahun 2014. Seperti halnya Alves, musim pertamanya di Camp Nou, sang pemain punya peran penting untuk memperoleh treble winners.

Penampilan terbaiknya terjadi kala mencetak gol di final Liga Champions musim 2014/2015. Kerja samanya dengan tim Catalan berakhir pada 2020, dan memutuskan kembali bermain untuk Sevilla.

4. Clement Lenglet 

5 Bintang Sevilla yang Pernah Dibajak Barcelona, Luuk de Jong Terbaru!Clement Lenglet (instagram.com/clement_lenglet)

Clement Lenglet hanya bertahan satu setengah tahun usai diboyong Sevilla dari AS Nancy-Lorraine. Kebutuhuan pemain di lini pertahanan membuat Barcelona membajak bek asal Perancis itu dari Los Nervionenses pada 2018. Musim lalu, Lenglet memainkan 48 pertandingan bersama Blaugrana dengan mencetak 1 gol.

Rumor hengkangnya Lenglet menghiasi berita transfer musim panas ini. Beberapa klub Premier League dan Serie A dikabarkan menaruh minat pada pria 26 tahun itu. Namun, hingga deadline bursa transfer ditutup, sang pemain memutuskan bertahan. Kini, kehadiran Eric Garcia membuat eks pemain Sevilla itu terancam disisihkan oleh Ronald Koeman.

5. Luuk de Jong 

5 Bintang Sevilla yang Pernah Dibajak Barcelona, Luuk de Jong Terbaru!potret Luuk de Jong (fcbarcelona.com)

Luuk de Jong merupakan rekrutan anyar Barcelona dari Sevilla. Performa De Jong bersama Sevilla tak begitu menjanjikan. Sejak tahun 2019, eks pemain PSV Eindhoven itu menyelesaikan 94 penampilan dengan 19 gol di semua kompetisi.

Meski hanya berstatus pemain pinjaman, kehadiran pemain 31 tahun di Camp Nou terkesan seperti dijadikan pelengkap. Cederanya Sergio Aguero dan Ousmane Dembele membuat Barcelona hanya memiliki opsi Memphis Depay dan Martin Braithwaite di lini depan. Apalagi, Blaugrana meminjam sang striker pasca kesepakatan pinjaman Antoine Griezmann dengan Atletico Madrid rampung.

 

Musim 21/22 ini, Barcelona kembali menambah deretan pemain yang direkrut dari Sevilla. Hubungan baik kedua klub nampaknya akan memperpanjang catatan ini. Bisakah para pemain Sevilla sukses di Camp Nou?

Baca Juga: 5 Pemain Bintang Brasil yang Pernah Membela Sevilla, Siapa Saja?

Artha Pradhika Photo Verified Writer Artha Pradhika

Menulis hanya untuk menghabiskan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya