Comscore Tracker

6 Debut Sepanjang Karier Cristiano Ronaldo, Penuh Kenangan

Lima di antaranya berakhir dengan kemenangan

Pertandingan debut menjadi sebuah laga yang sulit dilupakan oleh seorang pemain. Harus beradaptasi dengan kompetisi dan tim baru, terkadang membuat kualitas pemain menurun. Makanya, laga debut dianggap sebagai  langkah penentu pemain dalam menjalani laga-laga selanjutnya.

Pekan ke-4 Premier League 2021/2022 merupakan pertandingan pertama Cristiano Ronaldo bersama Manchester United setelah kepulangannya dari Juventus. Ini menjadi debut keduanya di Old Trafford. Sepanjang kariernya, CR7 sudah menjalani 6 kali debut untuk 5 tim berbeda.

Nah, berikut adalah enam debut yang pernah dilakukan Ronaldo dalam karier sepak bolanya. Bagaimana hasilnya? Simak ulasanya di bawah ini!

1. Sporting CP (14 Agustus 2002) 

6 Debut Sepanjang Karier Cristiano Ronaldo, Penuh Kenanganpotret Cristiano Ronaldo berseragam Sporting CP (marca.com)

Sporting CP merupakan klub pertama Ronaldo saat memulai karier sebagai pesepak bola profesional. Kesempatan debut CR7 datang pada laga leg pertama kualifikasi ketiga Liga Champions melawan Inter Milan.

Kala itu, Ronaldo baru berusia 17 tahun dan tampil sebagai pemain pengganti. Hanya diberi waktu selama 32 menit penampilannya tak begitu berpengaruh. Pertandingan pun berakhir dengan hasil imbang tanpa gol.

2. Manchester United (16 Agustus 2003)

6 Debut Sepanjang Karier Cristiano Ronaldo, Penuh Kenanganpotret Cristiano Ronaldo berseragam Manchester United (teamtalk.com)

Selang satu tahun, Ronaldo melakukan debut di Manchester United. Ketertarikan manajer Setan Merah waktu itu, Sir Alex Ferguson, pada Ronaldo belia bermula dari pertandingan pra-musim di Portugal.

Meski tampil sebagai pemain pengganti di Old Trafford, CR7 mampu menunjukkan performa luar biasa. Hanya dalam waktu 29 menit, ia mampu berkontribusi dalam tiga gol Setan Merah ke gawang Bolton Wanderers. Ferguson benar-benar memberikan debut luar biasa untuk Ronaldo.

3. Portugal (20 Agustus 2003) 

6 Debut Sepanjang Karier Cristiano Ronaldo, Penuh Kenanganaksi Cristiano Ronaldo bersama timnas Portugal (talksport.com)

Empat hari setelah debutnya di Manchester United, Ronaldo membuat penampilan internasional pertamanya untuk timnas senior Portugal. Menggantikan Rui Costa di babak pertama, sang pemain tampil impresif untuk memberi ancaman di lini pertahanan Kazhakstan.

Usai pertandingan menang 1-0, pelatih timnas Portugal, Luiz Felipe Scolari memuji penampilan Ronaldo. Laga ini seperti pertanda akan datangnya Ronaldo yang sekarang menjadi pencetak gol terbanyak di Portugal.

Baca Juga: Bulan Madu Kedua Cristiano Ronaldo Bersama MU

4. Real Madrid (29 Agustus 2009) 

6 Debut Sepanjang Karier Cristiano Ronaldo, Penuh Kenanganaksi Cristiano Ronaldo di Real Madrid (thesefootballtimes.co)

Didatangkan Real Madrid dengan rekor transfer, membuat publik Barnabeu menaruh harapan besar pada Ronaldo. Mengenakan nomor punggung 9, ia melakukan debut saat Real Madrid berhadapan Deportivo La Coruna.

Pada laga tersebut, bintang Portugal mampu memenuhi ekspektasi pendukung Los Blancos. Setelah menjadi penentu kemenangan 3-2 lewat titik putih. Selama memakai jersey raksasa Spanyol, Ronaldo mencetak 451 gol dalam 438 penampilan.

5. Juventus (18 Agustus 2018)

6 Debut Sepanjang Karier Cristiano Ronaldo, Penuh Kenanganaksi Cristiano Ronaldo di Juventus (theguardian.com)

Sembilan tahun di Real Madrid, kepindahan Ronaldo ke Turin langsung menjadi pusat perhatian pecinta sepak bola. Debut yang dinanti terjadi kala Juventus bersua Chievo Verona. Meski tampil apik, namun tak sebanding dengan nama besar dan prestasi yang pernah diraihnya.

Selama pertandingan kiper Chievo, Stefano Sorrentino mampu beberapa kali menggagalkan peluang Ronaldo. Mesti tak mampu memberikan kontribusi gol, raksasa Italia mampu terhindar dari kekalahan berkat gol di menit-menit akhir pertandingan. Juventus menang dengan skor 3-2 atas Chievo.

6. Manchester United (11 September 2021) 

6 Debut Sepanjang Karier Cristiano Ronaldo, Penuh Kenanganaksi Ronaldo saat debut keduanya di Manchester United (90min.com)

Dua belas tahun meninggalkan Manchester United, akhirnya Ronaldo pulang ke Old Trafford dan menjalani debut keduanya saat melawan Newcastle. Tampil sebagai starter, superstar Portugal tak begitu terlihat di babak pertama. Namun, jelang turun minum CR7 membuat publik tuan rumah bersorak lewat golnya.

Dalam laga tersebut, pria 36 tahun itu mampu mencetak dua gol kemenangan Manchester United 4-1 atas Newcastle. Ini menjadi debut tersukses dalam sejarah karier Ronaldo.

Pemain berlabel bintang, seperti Ronaldo pun tak selalu tampil fantastis kala menjalani debut. Keenam debut tadi menjadi kenangan tersendiri dalam karier sepak bola Ronaldo.

Baca Juga: Kata Cristiano Ronaldo Usai Cetak Debut Kepulangan di MU

Artha Pradhika Photo Verified Writer Artha Pradhika

Menulis hanya untuk menghabiskan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya