Comscore Tracker

5 Pesepak Bola Terkaya di Dunia, Ada dari Brunei Darussalam

Ronaldo dan Messi bukan di peringkat pertama

Jakarta, IDN Times - Gaji pemain sepak bola profesional memang gak kaleng-kaleng, mereka bahkan mampu menghasilkan puluhan juta dolar pertahunnya. Tak heran jika mereka kerap terlihat menggunakan supercar atau tinggal di rumah mewah.

Namun, ikon pesepak bola dunia seperti Ronaldo dan Messi bukan berada di posisi pertama sebagai pemain sepak bola terkaya di dunia. Mereka dikalahkan oleh pemain lainnya, termasuk pemain asal Asia yang merupakan anggota kerajaan.

Mau tahu siapa dia? berikut ulasan 5 pesepak bola terkaya di dunia tahun 2022 yang berhasil dihimpun IDN Times.

1. Kylian Mbappe

5 Pesepak Bola Terkaya di Dunia, Ada dari Brunei DarussalamKylian Mbappe bersama PSG (skysports.com)

Di posisi kelima ada penyerang yang jadi bintang Paris Saint-Germain, yakni Kylian Mbappe. Ia dilaporkan, mampu menghasilkan lebih dari 30 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp449 miliar bersama klub Perancis tersebut setiap tahun.

Tak hanya itu, pundi-pundi uang juga didapat pemain yang baru saja memperpanjang kontraknya di Parc des Princes ini dengan bekerja sama dengan merek-merek top dunia seperti Hublot, Nike, dan EA. Berkat kerja sama tersebut, dia disinyalir memperoleh 20 juta dolar atau sebesar Rp299 miliar per tahun.

Baca Juga: 8 Pemain Kroasia Tersukses di Kompetisi Eropa Sedekade Terakhir

2. Neymar

5 Pesepak Bola Terkaya di Dunia, Ada dari Brunei DarussalamNeymar Jr (psg.fr)

Setelah memecahkan rekor transfer saat didatangkan PSG pada 2017 lalu, Neymar langsung mendapat gaji sebesar 75 juta dolar AS atau sebesar Rp1,1 triliun per tahun. Jumlah yang sangat fantasitis bukan.

Tak hanya itu, dia juga berhasil meraup keuntungan sebanyak 20 juta dolar AS atau Rp299 miliar dari hasil kerja samanya bersama merek-merek ternama, di antaranya Panasonic, Volkswagen, Unilever hingga Castrol.

Dilansir Espana Football, Neymar menghabiskan kekayaanya tersebut untuk membeli rumah-rumah mewah, supercar, pakaian desainer, dan jet pribadi. Hal itu membuatnya didapuk sebagai pemain terkaya keempat di dunia.

3. Lionel Messi

5 Pesepak Bola Terkaya di Dunia, Ada dari Brunei DarussalamLionel Messi (ligue1.com)

Masih dari PSG, mesin pencetak gol asal Argentina, Lionel Messi, berada di posisi ketiga pemain terkaya di dunia. Alhasil, dia punya kekayaan yang diperkirakan lebih dari 600 juta dolar AS atau setara Rp8,97 triliun.

Messi mendapatkan gaji fantastis dari klub raksasa Prancis sebesar 75 juta dolar AS atau sekitar Rp1,1 triliun. Tak hanya itu, pemain berpaspor Argentina itu juga punya beberapa sponsor dan memiliki kesepakatan seumur hidup dengan brand olahraga kenamaan Adidas.

Baca Juga: 5 Pembelian Tersukses pada Bursa Transfer Musim Dingin 2021/2022

4. Cristiano Ronaldo

5 Pesepak Bola Terkaya di Dunia, Ada dari Brunei DarussalamCristiano Ronaldo (teamtalk.com)

Cristiano Ronaldo menempati posisi kedua sebagai pesepakbola terkaya di dunia. Dia diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp14,9 triliun.

Hanya dari gajinya sebagai pemain sepak bola dan sponsor, bintang Manchester United itu mampu menghasilkan 125 juta dolar AS atau Rp1,8 triliun per tahun. Kekayaan tersebut belum ditambah dengan bisnis yang dijalaninya, seperti properti dan brand bernama CR7.

1. Faiq Bolkiah

5 Pesepak Bola Terkaya di Dunia, Ada dari Brunei Darussalamstadiumastro.com

Yang mengejutkan, di urutan pertama pemain terkaya dunia ada nama Faiq Bolkiah, yakni penyerang yang berasal dari Brunei Darussalam. Pemain yang sempat menimba ilmu di Chelsea dan Leicester City punya kekayaan berkisar 20 miliar dolar AS atau setara dengan Rp299 triliun.

Tentu banyak yang heran, karena Faiq mampu menyalip Ronaldo dan Messi yang punya kekayaan cukup fantastis. 

Lalu dari mana penghasilannya itu? Usut punya usut, ternyata dia tak mendapatkan uang itu dari gaji atau kerja sama dengan brand. Pemain Chonburi itu mendapat harta kekayaan dari keluarganya.

Faiq Bolkiah adalah anak dari anggota keluarga Brunei Darussalam, Jefri Bolkiah, yang merupakan adik dari Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah. Mereka adalah keluarga kerajaan yang kaya raya dari cadangan minyak negara. 

Baca Juga: 8 Pemain yang Masuk Nominasi Pemain Muda Terbaik Premier League 21/22

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya