FA Inggris Uji Coba Larangan Menyundul Bola pada Laga U-12 

Penelitian sebut cedera akibat sundulan dapat berakhir fatal

Jakarta, IDN Times - Konfederasi Sepak Bola Inggris (FA) bakal melakukan uji coba terkait larangan menyundul bola dalam pertandingan di level usia. Regulasi itu akan mulai diterapkan di kompetisi U-12 pada musim 2022/23.

Melansir BBC Sport, keputusan tersebut dilayangkan FA guna mengurangi potensi adanya risiko kesehatan dan demensia. Maklum, sebelumnya ada sebuah penelitian yang menunjukkan jika mantan pemain sepak bola lebih berpotensi meninggal karena cedera otak, pada Senin (18/7/2022).

1. Regulasi FA telah disetujui IFAB

FA Inggris Uji Coba Larangan Menyundul Bola pada Laga U-12 Ilustrasi Menyundul Bola (Pinterest.com)

Menurut laporan ESPN, FA kabarnya sudah mendapat persetujuan dari Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) untuk menjalankan peraturan tersebut di musim depan. Jika uji coba itu berhasil, FA bahkan akan memperpanjang larangan tersebut hingga musim 2023/24.

"Jika uji coba itu berhasil, tujuannya adalah untuk menghapus sundulan yang disengaja dari semua pertandingan sepak bola di level U-12 dan di bawahnya dari musim 2023/24," bunyi pernyataan FA.

Baca Juga: 5 Klub Inggris dengan Nama 'United' selain Manchester

2. Sudah ada tiga negara yang menerapkannya aturan larangan menyundul

FA Inggris Uji Coba Larangan Menyundul Bola pada Laga U-12 Ilustrasi Menyundul Bola (Pinterest.com)

Sebelumnya, tiga Negara di Eropa, yakni Inggris, Skotlandia, dan Irlandia Utara sudah tak mengajarkan teknik menyundul bola bagi anak-anak yang masih berusia 11 tahun ke bawah.

Tak hanya itu, FA juga telah memberikan pedoman bagi para pelatih untuk membatasi jumlah sundulan yang harus dilakukan kepada anak-anak dengan usia lebih tua.

Pemimpin Departemen Demensia di Asosiasi Pesepak Bola Profesional (PFA), Dawn Astle, pun menyambut baik peraturan tersebut dan menilai jika anak- anak dapat bermain sepak bola dengan aman.

"Kami ingin semua anak-anak kami menikmati sepak bola mereka, tetapi mereka harus bisa bermain dengan aman," ujar Astle.

3. Ada pesepak bola yang meninggal akibat sundulan

FA Inggris Uji Coba Larangan Menyundul Bola pada Laga U-12 Ilustrasi Menyundul Bola (Pinterest.com)

Sementara itu, cedera akibat sundulan memang dapat berakhir fatal. Sebuah penelitian tentang sepak bola dan trauma kepala yang dipimpin oleh Dr Willie Stewart mengatakan, pesepak bola profesional tiga setengah kali lebih rentan meninggal karena demensia.

Buktinya, lima anggota skuad Timnas Inggris yang berhasil memenangkan Piala Dunia 1966, semuanya menderita demensia. Albion Jeff Astle, Jack Charlton dan Nobby Stiles, harus bergelut dengan penyakit fungsi otak itu hingga akhirnya meninggal dunia.

Sementara, legenda sepak bola Manchester United, Sir Bobby Charlton, kini juga tengah mengidap demensia.

Baca Juga: Sundul Kiper Hingga Masuk Rumah Sakit, Wasit di Italia Dihukum Setahun

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya